Mengontrol Hidup Agar Tidak Kecanduan Dunia Digital

Kecanduan Dunia Digital

Rasa-rasanya kalau jauh dari gadget kita seperti orang kebingungan, bener tidak? Kebanyakan kita seakan tidak berfungsi kalau hidup tanpa gadget.

Oleh: Joe Minan

Sudah bukan rahasia lagi gadget menjadi bagian terpenting abad ini, khususnya kaum metropolitan. Ada yang menggunakannya siang dan malam, dan sudah tidak terhitung lagi berapa kali kita menyentuhnya.

Namun, ada loh sebuah studi yang dirilis dalam situs networkworld.com yang menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna gadget telah menyentuh handphone sebanyak 2.617 kali dalam sehari dan jumlah terbanyak mencapai 5.427 kali sehari bagi yang pengguna yang sudah kecanduna gadget. Subhanallah, kalau seandainya sentuhan ringan itu digunakan untuk berdzikir satu saja kalimat “Alhamdulillah” sudah panen pahala, insya Allah.

Begitulah keadaan zaman kita saat ini, obsesi terhadap dunia digital sangat luar biasa.

Mengapa begitu sulit untuk dihilangkan?

Pertanyaan unik untuk pembaca, “Apakah kita memanfaatkan teknologi atau teknologi memanfaatkan kita?

Sebagian orang menghabiskan waktu berjam-jam  di depan komputer saat bekerja, membuka handphone, berselancar internet, menonton televisi dan ada juga seharian main game online. Rasanya sulit bagi kita untuk meninggalkannya. Bahkan yang lebih parah, habis salam ketika shalat bukannya berdzikir malah buka gadget. Lihat videonya:

Saat tersadar kita mungkin ingin sekali bebas dari semua itu. Coba sekali saja kita menonaktifkan facebook beberapa hari untuk detoksifikasi digital. Rasakan beberapa hari setelahnya…kalau tangan kita gatal ingin membuka lagi, nah itulah yang dinamakan kita benar-benar kecanduan digital.

Kata orang bijak, “Pergaulilah dengan baik orang disekitar Anda” tapi rasanya ungkapan ini sudah mulai luntur tatkala berhadapan dengan pecandu digital. Karena mereka lebih interaktif dengan apa yang dia pegang daripada orang sekitarnya.

Lalu kenapa kita tidak berpikir untuk menghilangkan kencanduan gadget saat ini?

Cara Mengurangi Kecanduan Digital dan Menghidupkan “Hidup Anda” dalam Dunia Nyata

Jika Anda merasakan dunia digital mengambil alih hidup Anda, berikut ini rangkuman tips dari lifehack tentang beberapa langkah untuk Anda yang ingin lepas dari kecanduan digital.

  1. Bikin Ruangan Khusus

Tempatkan laptop beserta gadget termasuk TV Anda pada ruangan khusus. Dan jangan pernah membawa ke ruangan lain apalagi ke kamar tidur. Jadi Anda hanya masuk ke ruangan ini tatkala ada hal penting saja.

  1. Jangan Biasakan Tidur dengan Membawa Handphone

Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh setiap orang di berbagai lapisan usia, khususnya di waktu malam hari. Tidur dapat mengistirahatkan fisik dan pikiran setelah seharian beraktivitas. Dan tidur berkualitas tatkala tidak ada gangguan apapun termasuk suara hape yang sering membuat orang terbangun.  Dan Juga dalam kondisi mati lampu, handphone yang menyala sangat menggannggu mata tatkala hendak tidur.

Kini saatnya Anda letakkan perangkat  ditempat lain sebelum tidur. Jadikan tidur Anda benar-benar bekualitas.

  1. Membuat Jadwal Mingguan Sehari tanpa Gadget

Trik ini bisa dicoba, membikin jadwal sehari bebas ponsel dan komputer. Tapi sebelumnya beritahukan ke teman dan keluarga tentang kondisi Anda yang sedang melakukan diet digital. Agar tidak mengganggu terapi Anda, kasih tahu mereka, jika ingin menghubungi Anda kalau dalam kondisi darurat saja.

  1. Rencanakan Aktivitas Non-Digital Lainnya

Lakukan perencanaan  dengan lebih banyak aktivitas yang tidak mencakup terlalu banyak teknologi

  1. Mencari Teman Senasib Seperjuangan

Kita bisa bergabung dengan teman baik yang mempunyai visi yang sama dengan kita.

Seorang kawan pernah bercerita tentang warung kopi di kota Jogja, yang memberi syarat bagi pengunjungnya ketika masuk kedai diharuskan mematikan gadgetnya atau dititipkan di tempat khusus. Agar para pengunjung bisa menikmati kopi sambil mengobrol dengan kawannya secara nyata.

Nah, mencari tempat seperti diatas rasanya asyik banget kan?

  1. Hayati dalam Berinteraksi dengan Lingkungan

Seberapa sering Anda berjalan sambil mententeng hape, sedikit-sedikit membukanya. Seakan Anda cuek dengan apa yang baru dilalui. Sudah cukup! Saatnya Anda letakkan HP disaku dan berjalanlah dengan tegap. Mari kita mulai belajar memperbaiki pola pikir dengan menyadari apa yang terjadi disekitar kita. Termasuk bau-bauan, suara, dan pemandangan agar mempertajam panca indera kita.

  1. Keluar dari Akun Media Sosial

Jika masih tidak tega menonaktifkan akun Anda, maka pertimbang terbaiknya adalah tekan keluar (log out) dari akun media social setiap kali menggunakannya. Bayangkan, jika Anda tidak keluar, Anda akan bolak-balik merogoh saku karena penasaran pada setiap pemberitahuan.

  1. Nonaktifkan Notifikasi Telepon

Suara dan getarannya bikin Anda tergoda untuk membuka gadget lagi. Jika tiap detik sering terdengar bagaimana mungkin Anda akan terbebas dari kecanduan digital. Disamping Anda log out setelah menggunakan media social. Cara lain adalah menonaktifkan notifikasi yang tidak penting.

  1. Jangan install aplikasi media social

Pada awalnya fungsi utama hape hanya digunakan untuk telpon dan sms. Namun, semenjak era Android semuanya berubah. Aplikasi berbasis media sosial bermunculan. Dan inilah yang menyebabkan manusia sibuk dengan dunia mayanya. Jika Anda ingin mengurangi resiko kencanduan, maka jangan install Android Anda dengan aplikasi media sosial.

Video yang menginspirasi Anda agar tidak terjebak dalam game online:

Memang kita tidak bisa lepas dari digital, namun paling tidak kita menurunkan tensi berlebihan dalam penggunaannya. Ada skala prioritas untuk meningkatkan produktif kita di dunia nyata. Dan tentu saja memperbaiki hubungan social kita di dunia nyata.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK