Inilah Tujuh Jenis Penulis Konten yang Perlu Anda Ketahui

Macam Penulis Konten

Disusun oleh: Minanurrohman

Bisa dikatakan konten merupakan ruhnya dunia internet. Kalau kita ngomongin konten berarti kita membutuhkan seorang penulis. Namun tidak semua penulis itu sama loh. Karena ada berbagai jenis penulis yang memiliki spesialisasi berbeda. Tulisan ini secara sederhana akan membantu Anda memahami setiap jenis penulis sesuai dengan keunggulan dan proyek yang cocok untuk mereka.

Dan tentu saja kita bisa dapatkan beberapa penulis yang memiliki spesialisasi lebih dari satu jenis. Kunci untuk menemukan penulis yang tepat adalah memahami kebutuhan Anda dan memilih jenis penulis yang tepat untuk proyek Anda. Mari kita mulai…

  1. Brand Journalist

Penulis bergaya jurnalis mampu membuat artikel yang panjang. Contoh sederhana, bisa Anda lihat pada artikel yang terdapat di majalah atau koran. Penulis jenis ini lihai dalam menemukan cerita dan membangun narasi (sesuai visi dan misi brand Anda). Mereka mengeksplorasi subjek dari berbagai sudut pandang, sampai mereka bias menemukan kepentingan manusia di dalamnya.

Brand journalist sering menjadi master dalam penulisan headline. Mereka bisa mengulas isu-isu di masyarakat dengan mengemas artikel yang mengalir. Walaupun Brand journalist tidak identik dengan konten marketing, tapi bisa dimanfatkan dalam alur narasinya dengan sedikit soft marketing.

Dan para brand journalist-lah yang bisa mengambil wajah jurnalistik selangkah lebih maju dengan mengetahui bagaimana mengadaptasi cerita dengan kepribadian dan memberi pesan merek Anda.

  1. SEO Copywriter

Situs Anda ingin banyak pengunjung? SEO copywriter inilah tugasnya. Mereka mempunyai spesialisai mengintegrasikan target kata kunci (keyword) dan frase kesebuah website untuk memaksimalkan pencarian di google. Sama halnya dengan penulis lain, cuma penulis konten ini mampu menggabungkannya dengan ilmu seo agar penelusuran di mesin pencari lebih power full.

SEO copywriter zaman dahulu dengan sekarang sudah banyak berubah. Kalau dulu mereka tidak mempedulikan gaya penulisan artikel dengan baik. Mereka lebih melakukan spaming, black hat seo, link farm dan segala macam dilakukan demi mendongkrak seo. Tetapi setelah google melakukan perubahan algoritma, cara-cara kotor diatas tidak lagi berguna.

Saat ini SEO sudah berubah, sehingga copywriter sejati harus benar-benar kreatif dalam membuat konten bermanfaat untuk pengunjung dengan menerapkan ilmu SEO.

  1. Digital/UX writer

Siapakah dia?

Dialah yang bertanggung jawab apa yang dialami oleh user (pengguna) pada sebuah website ataupun aplikasi. Sebagai contoh Anda membuat aplikasi, nantinya apakah user mudah menggunakannya, tombol membingungkan atau tidak, tautannya relevan atau tidak, bahasa perintah mudah dipahami pengguna atau cenderung rumit. Nah, ini tugasnya Digital/UX writer.

Mereka harus memahami apa yang di inginkan user. Dan seorang Digital/UX writer cenderung berpikiran analitis dan data, untuk mengetahui jalan pikir pengguna. Mereka sangat mahir menulis, bahkan mampu memberi sentuhan yang sangat membantu pengguna disetiap keadaan.

Itulah sedikit penjelasan tentang Digital/UX writer. Kurang lebih seperti itulah J

4. CRO/lead generation writer

CRO (Conversion rate optimization) adalah cara mengoptimasi dan menkonversi pengunjung agar menjadi pelanggan kita. Sesuai definisi singkat diatas, CRO itu bisa dikatakan elemen terpenting untuk para pebisnis online. Kalau dengan SEO bisa menarik visitor, nah kalau CRO akan membuat visitor menjadi pelanggan setia kita.

Jika Anda mempunyai toko online, pengunjung tidak serta merta langsung membeli produk. Tapi ditangan CRO writer, pengunjung yang datang mampu dikonversi menjadi pembeli.

Para CRO/lead generation writer sangat cocok jika ditempatkan di

  • Online pay-per-click (PPC) ads
  • Web banner ads
  • Landing pages
  • Calls to action
  • Sales letters
  • Email marketing

5. Subject Matter Expert

Seseorang yang mempunyai kelebihan menulis dalam bidang tertentu, terutama masalah pendidikan dan pengetahuan. Tentu ini berbeda jauh dengan penulis pada umumnya. Karena penulis jenis ini mampu mengupas permasalahan lebih mendalam.

Misalnya Anda mempunyai situs berita islam, dan ingin mengupas tentang ekonomi syariah, tentu Anda membutuhkan penulis yang benar-benar pakar dalam masalah ekonomi islam, dsb.

Nah, Subject Matter Expert  ini memang cocok untuk menulis tentang:

  • Rubrik khusus secara berseri
  • Ebook
  • Whitepapers
  • Dll

6. Influencer

Influencer adalah orang atau akun yang popular di dunia maya. Rata-rata mereka mempunyai banyak penggemar. Mereka mampu menarik para audience dan followernya. Bisa dibilang mereka termasuk artis-artis youtuber, selebgram, atau facebooker dg follower bejibun.

Influencer marketing merupakan cara promosi yang efektif karena konsumen jaman sekarang sudah kurang suka terhadap iklan. Namun perhatian mereka sehari-hari berada di social media dan mereka suka melihat konten2 menarik dari orang-orang atau influencer yang mereka follow.

Strategi pemasaran dengan memanfaatkan Influencer maka semakin banyak jangkaunnya sehingga produk dan tulisan Anda akan semakin dikenal luas.

7. Social media writer

Atau lebih mudahnya disebut “tukang update  media social”. Biasanya jenis penulis ini mempunyai tugas mengelola halaman facebook, instagram, twitter. Mereka memanage konten-konten yang dirasa menarik audience.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK