Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Artikel, E-Commerce

Risiko yang Dihadapi Bisnis Online

Risiko bisnis online pada dasarnya sama seperti bisnis lainnya yang mana pasti memiliki beberapa risiko yang harus dihadapi agar tidak mengganggu aktivitas-aktivitas bisnis online. Risiko bisnis online yang dapat mengganggu aktivitas tersebut biasanya terjadi karena beberapa faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Risiko bisnis online dari faktor internal ini timbul dari sisi internal bisnis misalnya terkait sumber daya manusia yang dimiliki, kinerja yang tidak maksimal, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk risiko bisnis dari faktor eksternal ini timbul dari sisi eksternal bisnis misalnya terkait dengan pihak konsumen yang memiliki kebutuhan atau permintaan yang berubah-ubah. Dengan risiko bisnis online yang mungkin dapat terjadi kapanpun maka Anda sebagai pelaku bisnis harus lebih berhati-hati dalam memperhatikan segala aspek yang dapat menjadi risiko bisnis yang sedang dijalankan. Mengingat bisnis online sendiri cukup diminati oleh banyak orang dan membutuhkan modal yang minim untuk menjalankannya. Tidak heran jika bisnis online memiliki pesaing yang banyak dan berdampak pada kinerja atau strategi bisnis online ini harus dibuat sedemikian rapinya agar mampu mengatasi risiko bisnis online tersebut. Sehingga sukses dalam menjalankan bisnis online pun dapat diraih dengan mudah dan tepat. Lalu risiko seperti apa yang dapat terjadi pada bisnis online?

Berikut adalah beberapa penjelasan terkait risiko bisnis online yang perlu Anda ketahui:

1. Persaingan yang ketat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa bisnis online ini memiliki persaingan yang banyak atau ketat. Hal itu dikarenakan keefisiensian dari bisnis online yang pada akhirnya membuat orang berbondong-bondong mencoba bisnis tersebut dan bahkan menciptakan barang atau jasa yang sejenis . Tentu saja hal ini tak menampik bahwa pesaing yang Anda miliki dalam berbisnis online ini semakin banyak. Mengingat target bisnis Anda akan semakin sempit dan tak ayal bisa mengancam keeksistensian. Hal tersebut jelas saja akan menjadi masalah jika Anda tak serius menjalankan bisnis online yang sudah dibangun. Solusi dari persaingan tersebut pun banyak, seperti dari harga yang bersaing, memiliki nilai produk atau kualitas yang baik, mencari atau menciptakan produk yang unik dan berbeda daripada yang lain, hingga memiliki strategi promosi yang sangat baik. Jika hal tersebut bisa Anda kuasai, tentunya bisnis yang dibangun tak akan tergerus oleh pesaing dan mampu tetap bertahan dengan memiliki target pasar yang masih luas.

2. Penipuan

Dalam bisnis terjadinya penipuan ini pun juga termasuk pada risiko bisnis online yang cukup mengganggu aktivitas atau kegiatan bisnis. Yang mana seperti kita tahu bahwa pada bisnis ini ketika melakukan transaksinya pun dilakukan secara online juga. Pelaku bisnis tidak mengetahui dengan jelas siapa itu konsumennya, begitu juga dengan pihak konsumen. Jika penipuan ini terjadi pada pelaku bisnis maka dapat dihindari dengan memastikan dengan baik data konsumen dan meminta data diri konsumen tersebut agar ketika terjadi suatu penipuan Anda dapat dengan mudah melacaknya dan melaporkan ke pihak yang berwajib. Sebaliknya jika penipuan ini terjadi pada pihak konsumen maka sebagai pelaku bisnis hal ini sangat merugikan yang membuat citra bisnis Anda memburuk. Mengingat bisa saja konsumen tersebut memberikan testimoni atau komentar yang bermaksud untuk menjelekkan bisnis Anda yang tentunya akan dibaca oleh konsumen yang lain. Namun, ketika Anda mengalami hal tersebut pastikan bahwa konsumen tersebut benar-benar melakukan transaksi dengan bisnis Anda, dan pastikan apakah keluhan penipuan tersebut benar terjadi. Hal itu dilakukan karena banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuat seolah-olah ia tertipu dan memiliki tujuan yang buruk pada bisnis online Anda. Akan tetapi diluar itu semua, Anda harus menjaga bisnis online dengan baik, penuh dengan tanggung jawab, memberikan pelayanan terbaik, dan lain sebagainya.

3. Permintaan yang banyak dan berubah-ubah

Permintaan yang banyak dan berubah-ubah ini sering terjaid pada bisnis online karena transaksi yang mudah dalam melakukan pembelian membuat konsumen lebih sering membeli produk via online. Akan tetapi hal itu akan menjadi suatu risiko bisnis online jika tidak dapat diatasi dengan baik. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya Anda sebagai pelaku bisnis harus mampu membaca peluang pasar dan mendorong untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Ketika telah mampu menciptakan produk yang sesuai tetapi Anda tidak dapat memenuhi permintaan yang cukup banyak tersebut maka tidak heran jika banyak konsumen yang lari pada bisnis online lainnya yang juga memiliki produk yang sejenis. Sedangkan ketika Anda mampu mengatasi permintaan pasar yang berubah-ubah dengan menciptakan produk yang sesuai maka bisnis online Anda pun akan mampu bersaing, tetapi bukan berarti Anda harus mengikuti setiap perubahan yang ada. Anda sebagai pelaku bisnis harus mampu memutuskan mana produk yang harus dipenuhi dan bertahan dalam jangka waktu yang lama, serta mana produk yang hanya bertahan sementara pada saat sedang tren. Selain itu, Anda pun dapat mengendalikan permintaan yang berubah-ubah sesuai dengan produk yang ditawarkan. Hal itu berarti Anda membawa konsumen untuk mengikuti perkembangan produk yang ditawarkan sehingga akan menimbulkan keefisiensian kinerja bisnis dan mengurangi risiko bisnis online.

4. Pemasaran

Salah satu risiko bisnis online yang membawa dampak cukup besar adalah proses pemasaran. Proses pemasaran pada bisnis online harus diperhatikan mengingat pemasaran ini berhubungan dengan pihak eksternal bisnis seperti konsumen. Ketika Anda tidak dapat melakukan pemasaran yang baik, mulai dari tidak menggunakan kalimat dan konten yang menarik, kecepatan dalam memberikan respon, strategi pemasaran yang salah dan lain sebagainya. Dimana hal-hal seperti itu dapat sangat mengganggu dalam kinerja bisnis seperti berkurangnya kepercayaan konsumen, kurangnya ketertarikan konsumen, berkurangnya target penjualan, dan lain-lain. Sehingga untuk mengatasinya, Anda sebaiknya menjaga komunikasi, membuat strategi pemasaran yang baik, belajar menggunakan media sosial atau media internet dengan baik agar risiko bisnis online seperti pemasaran ini pun dapat terhindari.

Demikianlah beberapa risiko bisnis online yang sudah seharusnya Anda sebagai pelaku bisnis untuk memperhatikannya agar tidak berdampak buruk pada bisnis yang dijalankan. Semoga bermanfaat. [Zahir/KPMI]

Oleh: Fitri Anggarsari

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Video Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28