Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Sumber Daya Manusia

Dampak Kesalahan Berkomunikasi Dalam Bisnis

Dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis ini dapat dikatakan cukup besar. Mengingat komunikasi dalam berbisnis ini penting untuk tetap dijaga dan selalu diterapkan untuk kelangsungan bisnis. Komunikasi sendiri adalah suatu kegiatan atau proses yang melibatkan seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat yang menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Dengan komunikasi maka seseorang dapat mentransfer informasi yang ia miliki kepada orang lain. Di dalam bisnis, komunikasi ini berperan untuk menyampaikan suatu hal yang berkaitan dengan bisnisnya, seperti misalnya untuk melakukan pemasaran, penjualan, pertemuan dengan rekan kerja dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran jika sebagai pelaku bisnis harus mampu berkomunikasi dengan baik agar bisnis yang dijalankan tidak terkena dampak kesalahan berkomunikasi. Dimana dampak kesalahan berkomunikasi ini bukan hanya menyebabkan kesalahpahaman pada para pelaku bisnis dengan pihak-pihak terkait tetapi tentunya juga berdampak pada kelangsungan kegiatan bisnis yang dijalankan. Untuk itu, anda sebagai pelaku bisnis perlu mengetahui dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis agar lebih berhati-hati dan memahami bahwa komunikasi dalam bisnis itu penting.

Berikut adalah beberapa dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang perlu anda ketahui:

1. Terjadi kesalahpahaman

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dampak kesalahan dalam berkomunikasi dapat menimbulkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman yang terjadi ini mengakibatkan beberapa dampak negatif yang timbul. Memang pada dasarnya masing-masing individu tidak mudah untuk memiliki pandangan atau presepsi yang sama, pasti seseorang pernah mengalami perbedaan pandangan terkait kalimat yang diucapkan oleh seseorang. Hal tersebut memang wajar, akan tetapi tidak lantas anda sebagai pelaku bisnis menganggap kesalahpahaman ini adalah hal yang biasa. Sebagai pelaku bisnis harus memastikan pesan atau informasi yang diberikan tersampaikan dengan baik dan tepat, sehingga hal itu akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat kesalahan dalam berkomunikasi.

2. Kinerja tidak maksimal

Pada dasarnya kinerja yang tidak maksimal ini juga terkait dengan terjadinya kesalahpahaman. Ketika seseorang mengalami kesalahpahaman maka ia bisa saja mengerjakan atau berfikiran yang salah tentang informasi yang diterimanya. Sehingga akan menimbulkan ketidaksesuaikan antara informasi dengan kinerja bisnis yang dijalankan. Kinerja yang tidka maksimal sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh dampak kesalahan dalam berbisnis saja. Ada beberapa faktor seperti sumber daya manusia yang menjalankan bisnis tersebut, dan strategi bisnis yang tidak tepat. Untuk itu, anda perlu mempertimbangkan hal lainnya juga.

3. Proses bisnis berantakan

Dengan melakukan kesalahan dalam berkomunikasi pada saat menjalankan bisnis maka akan menimbulkan dampak buruk, dimana bisnis yang dijalankan akan sulit mengalami perkembangan yang baik. Mengingat dengan adanya komunikasi yang baik maka akan mampu memberikan solusi jika bisnis yang dijalankan menemui masalah ataupun membahas terkait rencana-rencana yang akan dilakukan untuk bisnis kedepannya. Sehingga proses bisnis yang dijalani akan lebih meningkat, dan dapat dikembangkan secara lebih efisien. Sebaliknya jika terjadi kesalahan dalam berkomunikasi maka akan mengakibatkan proses bisnis yang tidak optimal mengingat proses-proses bisnis yang direncanakan mengalami berbedaan informasi atau kesalahan informasi.

4. Pemasaran dan pelayanan menurun

Berkomunikasi dalam bisnis tidak hanya berkaitan dengan rekan kerja tetapi juga dengan konsumen. Dimana sudah menjadi suatu keharusan jika pelaku bisnis melakukan komunikasi dengan baik pada saat melakukan pemasaran dan pelayanan. Dengan begitu diharapkan kegiatan pemasaran dan pelayanan ini dapat mampu dijalankan dengan maksimal supaya meningkatkan angka penjualan dan membuat konsumen lebih tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga akan memberikan kepuasan konsumen karena mampu memberikan pelayanan terbaik, dan penjelasan terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan bagi anda pelaku bisnis dapat meraih angka pendapatan atau penjualan yang signifikan.

5. Kehilangan kepercayaan

Dampak kesalahan berkomunikasi yang satu ini dapat dikatakan sangat fatal. Mengingat ketika seseorang terus melakukan kesalahan komunikasi yang kurang baik akan menimbulkan kesalahpahaman dan dari kesalahpahaman itulah akan sedikit demi sedikit menghilangkan rasa kepercayaan. Padahal seperti yang kita ketahui dalam menjalankan bisnis perlu adanya sebuah tim untuk melakukan kerjasama. Jika dalam suatu tim terdapat anggota yang tidak saling percaya satu sama lain maka akan menimbulkan kinerja yang tidak efektif dan rasa yang kurang nyaman dalam berbisnis. Dengan kondisi seperti itu, maka kesalahan yang berhubungan dengan komunikasi harus dihindari demi kelangsungan bisnis dalam meraih kesuksesan.

Demikianlah beberapa dampak kesalahan dalam berbisnis yang perlu anda ketahui supaya nantinya akan lebih sadar dalam memperhatikan cara berkomunikasi yang baik. Semoga bermanfaat. [Zahir]

Oleh: Fitri Anggarsari

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Video Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28