Cara Memotivasi Karyawan Selama Waktu Sulit Perusahaan

Apa jadinya jika keuangan perusahaan sedang sulit? Jika hal ini dibiarkan sangat dikhawatirkan akan terjadi kecemasan semua pihak baik manajemen atau karyawan.  Bahkan dari sisi karyawan sendiri ketika perusahan sedang down tentu mereka takut adanya PHK dan sehingga mereka tidak fokus untuk pekerjaannya. Tetapi apapun itu karyawan adalah aset terpenting dalam sebuah bisnis.

Bagaimana memotivasi karyawan walaupun perusahaan dalam keadaan sulit, berikut caranya:

Menetapkan Tujuan

Karyawan yang memiliki rasa tanggung jawab dan loyalitas tinggi butuh motivasi tambahan. Maka disinilah Anda harus menciptakan lingkungan kerja yang kondusif serta memungkinkan para pekerja untuk melihat tujuan visi misi perusahaan lagi, agar tingkat kepercayaan mereka kepada perusahaan semakin baik.

Buatlah karyawan menyadari bahwa keberhasilan seluruh bisnis tergantung dari pekerjaan mereka. Beritahu mereka kondisi perusahaan ini, sehingga mereka memiliki pemahaman yang lebih baik dari apa yang jadi masalah di perusahaan Anda.

Regular Evaluasi

Jaga karyawan Anda seberapa baik mereka melakukan pekerjaan mereka. Berikan umpan balik positif mereka secara teratur. Menawarkan kritik konstruktif sedemikian rupa sehingga mereka tidak tersinggung, tapi belajar dari kesalahan mereka. Dengan menawarkan kepada mereka evaluasi rutin, agar mampu mengembangkan rasa memiliki dan memotivasi mereka agar rajin bekerja dalam peruhaan Anda walaupun di masa-masa sulit.

Pelatihan dan Pengembangan

Jangan berhenti melatih karyawan Anda. Carilah cara untuk melatih karyawan agar lebih terampil dan jangan biarkan karyawan seperti robot yang monoton.

Hadiah

Jaga motivasi karyawan pada tingkat tinggi dengan menawarkan hadiah. Hadiah tidak harus mahal, acara seperti kontes pegawai teladan yang tidak pernah telat memotivasi karyawan untuk mengalahkan rekan kerja mereka. Jika pekerja bekerja dengan baik, Anda mungkin menghargai mereka dengan memberi bonuslibur satu hari. Atau seminimal mungkin jika Anda tidak dapat memberikan banyak hadiah uang, paling tidak setiap kali Anda bertemu dengan mereka selalu memberi mereka pujian yang tulus.

Joe Minan/PM