Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia

Artikel, Strategi Bisnis

Tips Memilih Tempat Usaha Yang Tepat

Sumber: Tribun Bogor

Salah satu faktor penentu kesuksesan roda usaha adalah lokasi yang tepat. Lokasi usaha yang strategis akan sangat mempengaruhi produk atau jasa yang Anda tawarkan, menentukan laku/tidaknya produk Anda. Namun menemukan lokasi strategis yang sesuai dengan budget bisa dikatakan tidak mudah.

Jenis dan sifat usaha menjadi pertimbangan dalam menentukan lokasi usaha. Misalnya jika usaha Anda di bidang consumer goods, pilihlah tempat yang berlokasi di jalan besar, ramai dilalui orang dan kendaraan atau yang dekat dengan pemukiman penduduk. Selain itu pertimbangkan pula akses ke lokasi usaha yang mudah dijangkau. Lokasi yang prestisius juga menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih suatu penyedia produk atau jasa. Jika Anda membuka restoran untuk kalangan atas, tentunya Anda harus memilih lokasi yang bergengsi.

Berikut ini ada beberpa tips dan beberapa hal yang Anda harus perhatikan dalam hal memilih tempat atau lokasi usaha yang strategis:

1. Mudah terlihat
Memilih tempat yang mudah terlihat akan membuat tempat usaha Anda cepat dikenal banyak orang. Jika usaha yang Anda jalankan adalah ritel, consumer goods, atau fashion, akan membutuhkan tempat yang mudah dilihat banyak orang sehingga dapat menarik konsumen serta menekan biaya promosi.

2. Akses
Arus orang dan kendaraan serta kemudahan akses menuju lokasi usaha juga harus dipertimbangkan. Dengan memilih lokasi dimana banyak orang yang berlalu lalang serta akses yang tidak rumit akan membuka peluang kunjungan konsumen.

3. Dekat dengan konsumen
Tentukan dahulu siapa yang menjadi target pasar Anda, apakah untuk umum, wanita, anak-anak, atau segmen tertentu. Membuka usaha dilokasi yang dekat dengan konsumen akan memudahkan mereka untuk.mengunjungi tempat usaha Anda, terlebih mereka bisa menghemat waktu dan biaya.

4. Sewa tempat
Adalah hal yang wajar jika lokasi yang strategis mematok harga sewa yang tinggi. Inilah yang harus Anda pertimbangkan. Sewa tempat yang mahal secara bertahap akan tertutup dengan keuntungan yang Anda peroleh setiap bulannya. Tentunya Anda harus membuat kalkulasi yang cermat sebelum memutuskan menyewa tempat tersebut.

5. Perijinan

Jangan mengabaikan masalah legalitas, baik legalitas usaha, produk yang dijual, atau legalitas tempat usaha. Mengabaikan hal ini akan mengakibatkan resiko yang besar bagi usaha Anda. Jangan sampai saat usaha Anda sudah berjalan namun harus menghadapi masalah perijinan,misalnya legalitas tempat usaha.

6.Lingkungan sekitar tempat usaha
Tempat usaha juga tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sekitarnya yang turut mempengaruhi image usaha serta minat pelanggan untuk berkunjung.

Misalnya, jika Anda hendak membuka usaha kuliner, lebih baik jika tetangga Anda adalah usaha cafe, alat tulis, atau warnet. Jangan memaksakan membuka usaha kuliner yang berdeketan dengan bengkel, tempat cuci kendaraan, atau toko bangunan.

Terlepas dari poin-poin diatas, insting bisnis Anda juga turut berkontribusi dalam pemilihan tempat usaha. Yang perlu diingat dalam memilih lokasi adalah belum ada usaha serupa atau belum banyak pesaing dalam radius 500 meter dari tempat Anda. [Joe/Zahirblog/KPMI]

Artikel ini hasil kerjasama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • <

    Video Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

    KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28