Peran Mentor Dalam Bisnis

Ingatkah Anda saat pertama kali belajar naik sepeda roda dua? Ada orang tua yang mendampingi, menghibur Anda saat jatuh dan membangkitkan motivasi Anda untuk bangkit lagi. Orang tua Anda juga tidak lelah mendampingi Anda sampai pada akhirnya Anda bisa mengendarai sepeda dengan lancar.

Demikian juga yang terjadi dalam bisnis. Bagi Anda yang baru mulai menjalankan bisnis, maka sebaiknya Anda memiliki mentor dalam bisnis yang dapat membantu Anda dalam menapaki bisnis Anda. Sosok yang sudah pernah mengalami jatuh bangun dalam bisnis dan berhasil menghadapinya serta bersedia membagi strategi suksesnya dengan Anda adalah orang yang bisa Anda jadikan mentor dalam bisnis.

Kenapa memiliki mentor dalam bisnis sangat penting?

1.Bisnis bersifat dinamis
Bisnis memiliki ritme yang dinamis dimana perjalanannya tidak selalu mulus, adakalanya sukses, namun di lain waktu merugi. Memiliki mentor yang sudah banyak makan asam garamnya bisnis, maka akan membantu Anda untuk menganalisa masalah yang dihadapi serta memberikan saran untuk solusi. Dengan demikian Anda dapat mempersiapkan tindakan pencegahan sehingga dapat meminimalkan resiko kerugian.

2. Sebagai motivator
Pada saat usaha Anda mengalami kejenuhan atau keterpurukan, maka Anda membutuhkan seseorang yang dapat memotivasi Anda untuk kembali bersemangat. Mentor akan memompa semangat Anda untuk segera bangkit dari keterpurukan. Kegagalan atau kerugian merupakan bagian dari proses bisnis yang harus dihadapi. Jika Anda berhasil mengatasinya, maka Anda akan semakin mahir dalam mengelola usaha Anda.

3.Perkembangan bisnis seiring dengan kemauan Anda untuk mengembangkan diri
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Begitu pula saat Anda menekuni bisnis, Anda akan belajar banyak hal dari kejadian-kejadian yang Anda temui. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, maka Anda pun harus ikut tumbuh. Mengikuti pelatihan manajemen usaha, keuangan atau teknologi informasi akan meng-upgrade pengetahuan Anda yang nantinya dapat diterapkan dalam bisnis Anda.

Menemukan seseorang yang bersedia menjadi mentor Anda memang bukan hal yang mudah. Untuk mendapatkannya Anda bisa bisa:

  • Bergabung dengan komunitas bisnis dan carilah orang-orang yang memiliki kapasitas untuk membimbing Anda.
  • Aktif mengikuti seminar yang memberikan materi yang aplikatif
  • Carilah informasi mentor yang Anda inginkan. Sudah banyak pengusaha besar yang dengan rendah hati bersedia berbagi strategi dengan menggunakan media sosial. Anda bisa menjadi followernya di Twitter atau bergabung dengan fans page di Facebook untuk berkomunikasi.
  • Mengikuti kelas khusus berbayar. Saat ini paket mentoring bisnis yang berbayar sudah banyak ditemukan. Selain kelas online, kelas offline pun juga disediakan sehingga Anda dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan para mentor.

Yang perlu diingat, saat bisnis Anda sudah berhasil, jangan melupakan mentor Anda. Menjalin silaturahmi harus tetap terjaga. Selain itu tidak menutup kemungkinan akan memperluas networking Anda melalui jaringan yang dimiliki mentor. [Sri Warni/Zahir]

Artikel ini hasil kerja sama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK