Maraknya Basis Online, Masih Relevankah Software Akuntansi Berbasis Desktop?

Salah satu penunjang kelancaran dalam usaha adalah memiliki pencatatan keuangan yang memadai. Namun tidak semua pelaku usaha memiliki ketrampilan atau pengetahuan di bidang akuntansi. Inilah yang melatar belakangi para pelaku usaha membutuhkan software akuntansi sebagai solusi masalah pada laporan keuangannya.

Software Akuntansi Online dengan Software Akuntansi Desktop

Pada saat ini ada 2 versi software akuntansi, yaitu software akuntansi yang berbasis online dan software akuntansi yang berbasis desktop. Software akuntansi yang berbasis desktop sudah lama tersedia dan memberikan pilihan yang beragam. Karakteristik dari software yang berbasis desktop adalah aplikasi harus diinstal di komputer terlebih dahulu sebelum digunakan. Software akuntansi ini menggunakan database yang disimpan di komputer lokal. User dapat menentukan salah satu komputer yang digunakan sebagai server untuk menyimpan database. Pada umumnya software ini memiliki nomor license yang teregister di komputer, dimana license tersebut dapat digunakan sesuai dengan batas waktu yang sudah ditetapkan oleh developer software.

Software akuntansi berbasis online tengah populer saat ini. Di era yang semua kegiatan dapat dilakukan secara mobile, software akuntansi berbasis online ini akan sangat membantu pelaku usaha. Software akuntansi berbasis online ini dapat diakses di berbagai gadget, sehingga pemilik usaha dapat memantau kondisi keuangan bisnisnya dimana saja dan kapan saja tanpa harus ke kantor. Pada dasarnya, software berbasis online ini tidak jauh berbeda dengan software akuntansi sebelumnya yang menggunakan installer dan diinstal sendiri. Perbedaannya hanya software akuntansi ini disimpan di remote server. Data dikirim ke “cloud” kemudian diproses dan dikembalikan ke user. Semua fungsi aplikasi dilakukan off-site, tidak melalui desktop user. Untuk menjalankannya, user membutuhkan jaringan internet via aplikasi cloud service provider.

Perbandingan Software Berbasis Online dengan Berbasis Desktop

Berikut adalah perbandingan antara software berbasis online dengan software berbasis desktop yang dapat digunakan sebagai wacana dalam menentukan jenis software yang dibutuhkan:

software berbasis online dan dekstop

Software berbasis online memang menawarkan berbagai kemudahan, seperti tidak perlu menginstall program ke komputer dan dapat diakses darimana saja. Namun yang perlu diingat, karena software ini membutuhkan koneksi internet, maka penginputan transaksi akan sangat tergantung pada internet. Jika koneksi internet mengalami gangguan, seperti mati atau down, maka besar kemungkinan user tidak bisa membuka data base dan input transaksi.

Mengingat hal tersebut, terlebih lagi kondisi Internet di Indonesia belum sepenuhnya stabil, maka software akuntansi berbasis desktop merupakan pilihan yang logis. Software akuntansi berbasis desktop yang user friendly, seperti Zahir Accounting sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis usaha dan sudah membuktikan kehandalannya. Nah, tidak perlu ragu lagi kan menggunakan software berbasis desktop? [Sumber: zahiraccounting.com/id/blog/ ]

Artikel ini hasil kerjasama dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK