Cara Mendatangkan Ide Menulis untuk Konten Website

Agar Dapat Ide Menulis untuk Konten Web

Beberapa hari lalu kawan saya mengirim daftar website Islam ke server baru. Saya tidak sempat menghitung jumlahnya karena ada 3 halaman Microsoft Word. Beberapa diantaranya saya mengecek kondisi web tersebut, apakah masih aktif atau domainnya sudah habis.

Tidak menyangka separoh lebih web ternyata tidak terurus dengan baik. Bahkan ada beberapa website hanya ada satu postingan berjudul “Hello world!” dua tahun yang lalu. Tidakkah memikirkan bagaimana mubazirnya website ini karena sudah membayar domain dan hosting.

Saya mengibaratkan blog itu seperti warung yang menyajikan dagangan. Dagangan menarik yang dibutuhkan orang maka banyak pembeli yang datang. Hampir sama dengan blog, punya domain tapi tidak ada konten sama saja seperti warung yang tidak ada dagangannya. Jadi jangan sampai terbengkalai blog Anda hanya karena kebingungan menulis konten.

Menulis konten website bisa menjadi latihan menantang terutama jika kita belum terbiasa terjun dalam dunia tulis-menulis. Menulis konten termasuk nomer satu penyebab terbengkalainya website sedangkan menulis itu membutuhkan ide. Iya kan? Tidak memungkiri, salah satu kelemahan pemilik blog adalah masalah konten.
Yang perlu kita ingat ada banyak berbagai jenis artikel, termasuk berita, fitur, profil, teknologi, kesehatan, agama, curhat, kisah dan sebagainya. Maka sangat heran jika kita masih kesulitan menuangkan ide menulis.

Dari Mana Mendatangkan Ide Menulis?

Yap, ide itu akan selalu ada jika kita memang niat konsisten ngeblog. Anda bisa dapatkan dengan cara-cara dibawah ini:

1. Kembali mengulangi dari awal tujuan Anda membut website, tentu disana ada ide yang terbersit sebelumnyakan? Gambaran sederhananya seperti ini.

Saya mau bikin website tentang “Kesehatan” ide penulisannya bisa Anda kembangkan dengan mudah seperti: mengenal obat-obatan, obat tradisional dan modern, teknologi kesehatan, atau mengulas profil dokter. Disana banyak gudang ide yang bisa dikembangkan lebih banyak. Apalagi jika Anda memang ahli dalam bidang kesehatan.

2. Pakai Google Trends. Anda bisa mencari topik yang ngetrend saat ini, membidik keyword yang sesuai dengan peristiwa populer. Tool buatan google mampu menampilkan penelusuran yang jadi trend dalam kurun waktu yang ditentukan.

3. Memantau yang lagi ngetrend di sosmed. Banyak media nasional mendapatkan sumber berita melalui cara ini. Kekuatan viral mampu membuat orang penasaran dan mencari sumber berita. Apalagi sosmed semacam twitter, google plus, facebook atau instagam telah menggunakan hastag (#) untuk memunculkan berita-berita yang sedang trend menjadikan kita mudah menelusurinya.

4. Melihat status para tokoh. Nah, ini lebih mudah. Kita tinggal mengintip update status tokoh kemudian tulis apa pandangan Anda terkait pernyataan mereka. Ide tulisan ini mungkin bisa dimunculkan berbentuk opini ataupun berita.

5. Berlangganan Google Alerts. Kita bisa menggunakan tool buatan google ini. Cara kerjanya hampir sama dengan Google trends, Cuma yang ini berfungsi untuk melansir update konten terbaru sebuah web maupun kata kunci. Jika kita membuat lansiran yang diinginkan, nanti kita akan mendapatkan update konten melalui email. Cuma masalahnya kalau tidak sering mengecek email, bisa-bisa pesan email Anda akan membludak.

6. Pengalaman pribadi. Ini yang sering menjadi inspirasi dalam menulis konten. Kita lebih mudah menuangkan kalimat-kalimat yang ada dalam pikiran. Biasanya sih blog pribadi yang berisi tentang puisi, perjalanan hidup, dll.

7. Dari buku. Membaca dan memahami isi buku yang menarik, kemudian tinggal jabarkan ide pikiran kita. Atau lebih gampangnya dengan cara menyalinnya dengan menyertakan sumber referensi, toh itu juga membantu mengenalkan penerbit buku tersebut. Hitung-hitung tidak ada yang dirugikan karena mereka mendapat promosi gratis dari kita.

10. Menterjemahkan artikel bahasa asing. Ini juga ide yang gampang, tapi tentunya sedikit keahlian bahasa asing. Kalau penguasaan bahasa masih pasif bisa menggunakan google translate. Cuma terjemahan google translate membuat EYD berantakan. Bisa-bisa salah memahami isi berita.

Sementara ini dulu, insya Allah masih ada sambungan pada artikel selanjutnya

Ditulis oleh Joe Minanurrohman

Editor: Abu Azzam

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK