Manfaat Software Akuntansi Bagi Dunia Pendidikan

Banyaknya software akuntansi seakan memberikan “mimpi buruk” bagi para calon akuntan yang sedang belajar akuntansi di masa kuliah. Mereka cemas karena software akuntansi bisa mengambil alih peluang kerja mereka ketika lulus kuliah nanti. Namun anggapan ini bisa dikatakan salah. Justru dengan adanya software akuntansi, kedepannya pekerjaan mereka akan lebih mudah dan menyenangkan. Software akuntansi pun sudah mulai menjadi mata kuliah di beberapa universitas, meskipun belum menjadi mata kuliah wajib. Meskipun demikian, dari hal tersebut kita dapat melihat bahwa ternyata software akuntansi pun memiliki manfaat dan andil bagi dunia pendidikan. Lalu manfaat apa saja yang yang diberikan software akuntansi bagi dunia pendidikan? Berikut diantaranya.

1. Software akuntansi dapat menyiapkan calon akuntan yang kompeten
Dengan dibukanya mata kuliah software akuntansi di beberapa universitas, ini menandakan bahwa universitas paham akan kebutuhan banyak perusahaan akan kompetensi akuntan di masa yang akan datang. Pendidikan mengenai penggunaan software akuntansi tentunya akan meningkatkan kompetensi mahasiswa jurusan akuntansi dalam melakukan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi. Tidak jarang ada kampus yang bekerja sama secara khusus dengan pengembang software akuntansi untuk mata kuliah ini, Zahir Accounting contohnya. Hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan yang menggunakan software Zahir Accounting. Ditambah lagi dengan adanya sertifikat penggunaan software akuntansi, tentunya ini akan menjadi nilai tambah bagi para mahasiswa ketika melamar pekerjaan sebagai akuntan di sebuah perusahaan.

2. Memberikan alternatif pembelajaran akuntansi di Lab Komputer Akuntansi
Semakin maraknya penggunaan software akuntansi di banyak perusahaan membuat beberapa universitas menaruh perhatian khusus dengan membuka mata kuliah software akuntansi beserta laboratorium komputernya. Dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa tidak lagi dijejali dengan rumus-rumus aplikasi excel yang banyak dan cukup membingungkan. Dengan terinstall nya software akuntansi di laboratorium komputer akuntansi, maka mahasiswa dapat dengan mudah mempelajari akuntansi dengan cara yang berbeda.

3. Menjadi tempat penyelenggara sertifikat keahlian software akuntansi
Dengan dipasangnya software akuntansi di lab komputer akuntansi, maka lembaga pendidikan tersebut dapat menyelenggarakan ujian sertifikasi penggunaan software. Sehingga ini membuka kesempatan lembaga pendidikan tersebut memiliki “pendapatan” lain, selain mengadakan kegiatan perkuliahan pada umumnya.

Begitu banyak manfaat yang diberikan software akuntansi bagi dunia pendidikan. Sehingga ke depannya, beberapa lembaga pendidikan perlu melirik dan membuat kerjasama untuk membuka pelatihan penggunaan software akuntansi dengan pengembang software, Zahir Accounting salah satunya. Zahir telah bekerja sama dengan beberapa universitas ternama di Indonesia dalam hal mengadakan pelatihan dan pembuatan modul kuliah software akuntansi. Beberapa universitas yang telah bekerja sama adalah UI, UIN, Yarsi, Gunadarma dan lain-lain.

Jika lembaga pendidikan Anda berminat untuk mengadakan kerjasama dengan Zahir, silakan hubungi tim Business Development di 021-7197766. Kami siap mendukung mahasiswa/i Anda sebagai calon akuntan yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja yang serba digital. [Zahir]

Artikel ini hasil kerja sama PengusahaMuslim.com dan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK