Sukses Tanpa Ijazah

SUKSES TANPA IJAZAH !!

Kalau lihat seminar-seminar “cara cepat kaya” di kota-kota besar rasanya sedih. Apalagi kalau trend istilah entrepreneur seakan-akan waouuw gitu. Nyatanya hanya buaian semangat-semangat tong kosong. Bahkan termakan omongan motivator entrepreneur yang tidak jelas ujungnya utang bank riba dan sejenisnya..

Ini memang nyata kisah seorang entrepreneur buta huruf jangankan baca tulis lihat jam dinding saja tidak tahu. Dia juga tidak bisa tanda tangan paling mentok cap jempol

Dialah tetanggaku, pak Jamal namanya. Saya sedikit faham perjalanan hidupnya karena anak beliau merupakan teman sepermainan sedari kecil hingga dewasa

Saya nulis ini karena salut dengan kerja keras beliau dari muda.

Waktu muda Pak Jamal kesehariannya kerja cithak boto (buat batu bata). Sebagai sampingan dia juga memelihara ternak istilah kerennya NGARIT. Bertahun-tahun melakoni pekerjaan ini hingga beliau punya 2 anak dan nasibnya belum berubah. Namun beliau tetap sabar..

Tanpa patah semangat akhirnya sedikit-sedikit beliau bisa menemukan formula bisnisnya. Masih rutin cithak boto dan ngarit, beliau juga menekuni dunia bajak membajak yang waktu itu jarang jarang ada traktor. Beliau juga membuat angkutan cikar (gerobak) untuk mengirim batu bata, pasir dll..

Lihatlah betapa banyak profesi yang dilakoni pak jamal ini. Namun belum cukup untuk menuju sukses..

Pak Jamal akhirnya menambah profesi sampingan lagi yaitu jadi petani. Karena beliau tidak punya sawah, akhirnya menyewa tanah-tanah yang menganggur untuk ditanami tebu.

Tahun pertama panen, uangnya tidak dibuat beli macem-macem tapi diputar lagi untuk menyewa lahan-lahan yang lebih luas.

Begitulah, hingga bertahun-tahun.. dan kini bisa merasakan buahnya. Pak Jamal mampu beli 2 armada truck dan membeli banyak tanah. Bahkan punya beberapa gubuk pembuatan batu bata..

Yang membuat saya terhenyak 2 tahun yang lalu ada rumah sebelah yang dijual 350 juta langsung dibayar cash (tanpa bank).

Bahkan ada juga rumah tetangga ada kolam renangnya, mau dibeli 350 juta cash juga

====

Semoga kisah diatas menjadi inspirasi Anda.. dan tetap bersemangat!!

Ditulis oleh Abu Azzam Mubarok

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial