Inilah Tanda Gagalnya Strategi SEO Anda

Gagalnya Strategi SEO

Dalam dunia internet SEO menjadi elemen penting kehidupan sebuah website. SEO merupakan jalan untuk mendatangkan pengunjung. Disamping itu SEO bisa menjadi alat untuk mem-branding produk-produk kita.

Namun begitu, dalam mengawalinya kita bisa melihat tanda-tanda strategi SEO kita apakah sukses atau gagal. Cukup mudah kok untuk mendapatkan informasi ini, kita tinggal mengakses google analytic. Dengan google analytic kita bisa melihat apa yang terjadi dengan website kita, mulai dari trafik, kata kunci hingga browser yang dipakai pengunjung.

Secara umum tanda-tanda gagalnya strategi SEO bisa kita amati dalam 3 pola ini:

1. Merosotnya Trafik Organik

Lalu lintas organik adalah alat pengukur yang mengacu pada jumlah pengunjung yang menemukan situs kita melalui mesin pencari, dan itu salah satu metrik terbaik yang kita miliki untuk mengukur efektivitas strategi SEO yg kita lakukan.

Untuk mendapatkan informasi ini Anda langsung login Google Analytics dan klik Acquisitions (jika setelan akun Anda Bahasa Indonesia klik “Akuisisi“). Disini, kita bisa melihat semua rincian kunjungan yang diterima dari sumber organik, arahan, media sosial, perangkat yang mengakses dan kunjungan langsung.

Kemudian silahkan Anda klik pada “Kata Kunci Organik”, perhatikan dengan seksama trafik beberapa bulan terakhir. Jika indikatornya jelas mengalami penurunan drastis, sepertinya ada masalah dalam strategi SEO Anda.

2. Sudah 2 Bulan Lebih Pengunjung Masih Stagnan

SEO dilakukan untuk jangka panjang, seharusnya semakin hari semakin banyak pengunjung. Bukan malah sebaliknya. Seperti yang saya sebutkan dalam poin pertama, indikator sehat sebuah web semakin bertambahnya pengunjung organik.

Organik disini yang saya maksud pengunjung benar-benar datang melalui mesin pencari, bukan dari sosial media. Jika trafik mengandalkan sosial media (facebook misalnya), dan suatu saat kita tidak update status tentu tidak ada pengunjung lagi.

Jika dirasa website yang kita kelola tidak ada peningkatan, selayaknya kita perlu evaluasi strategi seo kita.

3. Peringkat Kata Kunci Anjlok

Ranking keyword ( peringkat kata kunci) tidak sepenting dahulu. Setelah beberapa kali google melakukan update algoritma, maka ranking keyword menjadi lebih fleksibel karena saat ini google lebih mementingkan kualitas konten.

Namun begitu, rangking keyword masih bisa berharga untuk menilai situs kita. Kita perlu mendata ulang target kata kunci yang hendak kita sasar.

Mari Kita Lacak Penyebabnya

Kalau sudah begitu, maka kita harus mengevalusi kerja selama ini. Jangan sampai menunggu berlarut-larut hingga kemudian hari semakin sulit penyelesainnya. Yuk.. mari

1. Tidak Memahami Elemen Dasar SEO

Dalam fikiran orang yang baru membuat website itu kadang beli domain setelah itu langsung posting. Padahal tidak seperti itu, yang perlu dilakukan adalah riset keyword, tag judul yang sesuai, deskripsi dll. Dalam istilah jawanya “ojo grusa-grusu” sebelum melakukan riset dan memahami dasar-dasar seo.

2. Ghuluw (berlebih-lebihan) dalam optimasi

Ada juga diantara kesalahan terbesar gagalnya strategi SEO adalah terlalu berlebih-lebihan melakukan optimasi dengan menulis konten yang mengandung banyak keyword. Misalnya kita sedang menyasar kata kunci “Toko Buku Islam” lalu membuat artikel dengan 200 karakter, tentu rasanya anehkan kalau 100 karakter mengandung kata kunci “”Toko Buku Islam”. Disamping tidak enak dibaca, bisa-bisa oleh google konten seperti ini dianggap sampah :).

3. Buruknya Link Building

Backlink rendah mengganggu kinerja seo loh, apalagi denger-denger beberapa bulan ini algoritma Google Penguin mendepak backlink yang nakal, yang suka spaming dan rendah kualitasnya. Menurut pakar seo, sekarang ini eranya konten dengan istilah “content is king”. Langkah yang bagus buat konten original dan gunakan link natural.

4. Yang Terakhir, Jangan Terlalu Bergantung dengan Mesin Pencari

Untuk mendatangkan trafik tidak harus melalui mesin pencari. Alternatifnya bisa gunakan sosial media semacam facebook dan twitter. Seringkali bisnis online yang gagal adalah orang-orang yang hanya bergantung pada SEO. Ya..jika Anda masih tergolong baru dalam masalah ini, tentu akan berdarah-darah menghadapi kompetitor yang lebih dahulu bermain seo.

Seharusnya kita memiliki pendekatan yang solid untuk mendapatkan pengunjung dengan berbagai cara baik secara online maupun offline. SEO dapat menjadi bagian elemen penting; Namun, itu bukan satu-satunya alat pemasaran.

Karenanya, google telah menjadi mesin pencari yang banyak digunakan. Untuk belajar seo, saya sarankan ikuti anjuran-anjuran dari mbah google 🙂

Ditulis oleh Abu Azzam Mubarok Al-Kadiry

Artikel ini diolah dari beberapa sumber dan pengalaman penulis dalam mendalami seo

Artikel ini hasil kerja sama pengusahamuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial