Apa Itu Historical Balancing dalam Software Akuntansi Zahir?

Ketika mengisi saldo awal akun pada program zahir kita akan menemukan satu buah akun dengan nama ” Historical Balancing”. Apa itu Historical Balancing? Memang bagi sebagian orang yang awam dengan software akuntansi tidak banyak mengetahui nama akun ini.

Perlu diketahui bahwa akun tersebut adalah akun bawaan dari program zahir accounting, sehingga akan muncul tanpa kita buat terlebih dahulu pada data rekening. Akun Historical Balancing tersebut berfungsi sebagai akun “penyeimbang/sementara” Jika antara bagian harta dan kewajiban di tambah modal tidak balence, sehingga selisih antara harta dan kewajiban di tambah modal tersebut akan dimasukkan ke dalam akun Historical Balancing tersebut.

Dalam ilmu akuntansi terdapat persamaan sederhana yakni jumlah harta harus sama dengan jumlah kewajiban ditambah modal. Di sini lah maksuk hisrorical balancing sebagai akun penyeimbang.

historical-balancing

Gambar di atas adalah contoh rekening yg tidak balance, sehingga akun historical balancing ini akan ada nominalnya. Akun tersebut bisa membantu para user zahir accounting untuk mengetahui apakah saldo awal akun yang diinput sudah seimbang atau belum, sehingga kita bisa mengambil keputusan untuk mengoreksi kembali jika terdapat nilai pada akun historical balancing tersebut.

Untuk di ingat, Historical balancing ini harus selalu bernilai nol. Mengapa demikina? Historical balancing ini adalah akun penyeimbang. Jika nilai historical balancing ini tidak nol secara ilmu akuntansi nya masih kurang benar. [Nailun]

Artikel ini hasil kerja sama pengusahamuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial