Belajar Mengambil Peluang Bisnis Ala Pak Eko

Belajar Dari Pak Eko

Markas Yufid dan sekaligus kantor redaksi PengusahaMuslim.com berada di sebuah gang padat kendaraan, pasalnya banyak perumahan mewah berada disini. Uniknya, keberadaan warung makan sangat jauh dari lokasi kantor Yufid. Kalau hendak mencari makan, sebagian besar karyawan Yufid harus mengeluarkan motor dari garasi

Tapi kini masalah makan bisa terbantukan oleh kehadiran seseorang yang bernama pak Eko. Beliau ini mendapat amanah pada bagian kerumah tanggaan.

Belum sampai sebulan bekerja, beliau melihat kami sering mondar-mandir mengeluarkan motor untuk beli makan atau cemilan. Gelagat peluang bisnis bisa dia dapatkan dari keadaan ini.

Besoknya beliau kalau ketemu penghuni kantor yang jumlahnya 20 orang dia sering bilang, “Mas besok saya buatkan nasi kucing”, “Mas besok saya bawakan gorengan, “Mas besok saya bawa kerupuk..” seperti itulah.

Kami cuma bilang “Iya pak..bawa saja”

Benar saja, selang beberapa hari dia bawa wadah besar berisi aneka macam gorengan, nasi kucing dan krupuk.

Bayangkan, tidak tanggung-tanggung dia langsung bawa 15 bungkus nasi kucing seharga 2 ribu, 30an biji gorengan seharga 500, krupuk seribuan. Alhamdulillah hari-hari pertama dagangan ludes terjual.

Keunikan beliau ini, ketika sampai kantor dia langsung menyapa teman-teman dan menawarkan dagangannya, “Mas, saya bawa bakwan juga dibelakang, ada nasi kucing pakai sambel teri..”

Saya sampai geli dan lucu juga tiap hari melihat seperti itu. Tapi itulah kelebihannya pak Eko, mengenalkan produknya dari mulut ke mulut.

Dan hingga saat ini pak Eko masih menjual makanan ditempat kami tanpa meninggalkan pekerjaannya.

Jadi, kita bisa menarik kesimpulan:

1. Bahwa peluang bisnis itu bisa tercipta ketika terjadi adanya kebutuhan disekitar kita.

2. Banyak peluang bisnis sampingan yg bisa digeluti tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama.

3. Sebelum berbisnis lakukan survey dulu apakah produk kita diterima. Sebagaimana halnya pak Eko sering bilang, “Mas besok saya buatkan nasi kucing”, “Mas besok saya bawakan gorengan, “Mas besok saya bawa kerupuk..” Ketika orang bilang “Iya..” langsung action.

Semoga bermanfaat

Abu Azzam Mubarok

PengusahaMuslim.com Didukung Oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial