Masih Galau Dengan Deadline Laporan Keuangan Akhir Tahun? Ini Solusinya

Galau dengan deadline laporan keuangan akhir tahun?? Peristiwa ini mungkin pernah atau sedang anda alami, apalagi bos Anda berbakat menjadi seorang pendakwah yang setiap saat selalu memberikan siraman rohani kepada anda agar laporan keuangan cepat selesai, saya yakin pasti galaunya anda melebihi galau manapun yang ada di muka bumi ini.

Memang dalam pembuatan laporan keuangan tahunan perusahaan sangatlah memusingkan, hal ini dikarenakan suatu laporan keuangan harus memenuhi beberapa karakteristik seperti (dapat dipahami, relevan, dapat diandalkan dan dapat dibandingkan) di mana nantinya laporan tersebut dapat digunakan sebagai suatu informasi untuk menilai kinerja perusahaan.

Karena begitu pentingnya laporan keuangan maka setiap staf akunting selalu dituntut untuk menyajikan laporan keuangan dengan tepat waktu sehingga tidak ada lagi kegalauan karena deadline laporan keuangan itu. Sebenarnya hal yang mendasar kenapa laporan keuangan sering terlambat atau bahkan tidak selesai dari waktu yang ditentukan??? jawabanya adalah karena kurang menyadarinya setiap bagian yang ada di suatu perusahaan bahwa mereka merupakan satu bagian yang saling terkait.. sebagai contoh sederhana, ketika terjadi pembayaran piutang bagian keuangan tidak melaporkan langsung transaksi tersebut kebagian akunting, atau bagian operasional tidak membuat laporan pertanggungjawaban atas uang yang sudah digunakan, tentunya hal-hal ini lah salah satu yang menghambat tersajinya laporan keuangan dengan tepat waktu.

Di atas bisa kita sepakati bahwa yang membuat laporan keuangan terlambat adalah tidak terbentuknya suatu integeritas antara bagian-bagian yang ada pada suatu perusahaan, Kemudian bagaimana SOLUSInya?

  1. Buat, jalankan, dan evaluasi standardisasi kerja pada setiap bagian atau divisi. Pasti anda bertanya kenapa?? karena ini merupakan salah satu pondasi terpenting bagi suatu perusahaan, seperti bila seseorang ingin membuat rumah, mustahil rumah tersebut langsung dibangun tanpa didesign oleh seorang arsitek terlebih dahulu.
  2. Catat dan arsipkan setiap transaksi yang terjadi sesuai dengan fungsi dan bagianya, hal tersebut ditujukan sebagai data otentik yang dapat digunakan untuk memperkuat laporan keuangan nantinya.
  3. Sewa jasa akuntan publik yang terpercaya, kenapa ya ko harus disewa kita kan sudah ada akuntan? Jasa akuntan publik selain untuk menilai laporan yang sudah dibuat, biasanya mereka juga akan memberikan solusi atau bahkan dapat memberikan informasi bagaimana dalam menyusun laporan keuangan dengan benar.
  4. Beralihlah dari manual ke otomatis, sering saya bertemu orang-orang yang bekerja dalam suatu perusahaan yang mengeluhkan karena sulitnya membuat laporan keuangan, disebabkan hampir rata-rata dari orang tersebut masih menggunakan pembukuan secara manual, akibatnya apa? jelas tertundanya laporan keuangan dan bahkan dapat menghambat siklus dari proses bisnis perusahaan tersebut. Beralih dari manual ke otomatis maksudnya mulai menggunakan software akunting, dengan menggunakan software akunting dapat membantu terbentuknya laporan keuangan secara tepat dan cepat, karena software tersebut dapat mengintegrasikan antara bagian-bagian atau divisi sehingga seoarang akuntan tidak perlu melakukan jurnal-jurnal yang sangat memusingkan untuk mencatat setiap transaksi yang ada.

Demikian artikel ini saya buat, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih

Ditulis oleh Rahmat Kartahadi (Marketing Staff at PT Zahir Internasional)

Artikel ini hasil kerja sama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial