Cara Meraih Kebebasan Finansial

Banyak yang salah kaprah tentang kebebasan finansial. Ada yang berpikir bahwa kebebasan finansial terjadi apabila seseorang memiliki uang yang banyak. Meskipun uang berpengaruh, kebebasan finansial sesungguhnya adalah ketika seseorang tidak lagi merasa dikejar-kejar untuk mengumpulkan uang.

Jadi, belum tentu orang yang sangat kaya merasakan kebebasan finansial. Bisa jadi, dia malah merasa tekanan untuk terus mengumpulkan uang untuk mempertahankan gaya hidupnya.

Lalu, apakah kebebasan finansial yang sesungguhnya? Kebebasan finansial adalah ketika Anda tahu bahwa uang yang Anda miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar. Dan ada beberapa hal yang Anda bisa lakukan untuk mencapai ini:

1. Milikilah rencana, dan buatlah strategi untuk mencapainya
Tentukan dulu apa tujuan keuangan Anda. Apakah Anda ingin memiliki cukup uang untuk kuliah anak-anak Anda, atau ingin berjalan-jalan ke luar negeri bersama keluarga? Apa pun tujuan Anda, buatlah strategi untuk mencapainya dan pastikan strategi tersebut tepat. Lalu, jadikan strategi ini, seperti menabung, sebagai kebiasaan hidup Anda.

2. Cari pendapatan tambahan
Jika gaji terasa pas-pasan, Anda harus mencari cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan yang sesuai dengan kemampuan. Misalnya, yang jago membuat kue bisa menjual kue kering di situs jejaring sosial

3. Ciptakan pendapatan pasif
Selain bekerja sambilan, Anda juga bisa menciptakan pendapatan pasif, atau pendapatan yang timbul sendiri. Ini bisa dengan  keuntungan dari investasi.

4. Pengeluaran harus lebih rendah dibanding pemasukan
Jangan hidup di luar kemampuan Anda. Lazimnya, 30 persen dari penghasilan Anda harus ditabung dan sisanya dipergunakan untuk keperluan sehari-hari. Jika ini berarti Anda harus hidup sederhana, tidak mengapa. Berutang untuk memenuhi hasrat konsumtif malah akan membebani hidup Anda, karena semua utang ataupun kredit tidak terlepas dari yang namanya bunga.

5. Mulailah berinvestasi
Pendapatan tambahan bisa Anda gunakan untuk berinvestasi. Alat investasi akan bertindak sebagai jaring pengaman jika sesuatu terjadi kepada Anda atau keluarga, atau sebagai sumber uang yang akan menyokong Anda dan keluarga saat ada perlu.

6. Milikilah dana talangan
Selain tabungan, Anda juga harus mempunyai dana talangan, atau dana darurat. Dana ini disarankan sebesar 3 kali pendapatan bulanan Anda. Jadi, jika Anda tiba-tiba kehilangan sumber pemasukan, Anda tetap aman selama tiga bulan ke depan.

Jadi, kebebasan finansial sangat tergantung pada apa yang diinginkan dan dicari oleh setiap individu. Anda juga bebas merancang ulang rencana maupun strategi Anda di tengah jalan kalau memang itu yang dibutuhkan. [VIVANews ]

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

SPONSOR hubungi: 081 326 333 328

DONASI hubungi: 087 882 888 727

Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial