3 Aplikasi Paling Penting Bagi Perusahaan Baru

3 Aplikasi Paling Penting Bagi Perusahaan Baru

Persaingan bisnis yang kian ketat memacu para pengusaha atau pemilik perusahaan untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru. Tantangan yang dihadapi tidak sekedar bagaimana membuat suatu produk dengan daya jual yang tinggi, namun juga dihadapkan pada konsumen yang semakin kritis dan cerdas dalam menilai suatu produk. Konsumen saat ini tidak hanya menilai suatu produk dari segi kualitasnya saja, namun juga sangat memperhatikan pelayanan yang diberikan pada pelanggan saat membeli, after sales service juga merupakan hal yang menjadi pertimbangan apakah konsumen akan kembali menggunakan produk tersebut atau justru meninggalkannya.

Tingkat mutu pelayanan ini sejalan dengan kesiapan pelanggan untuk membayar suatu produk. Semakin unik produk, dengan diferensiasi yang memberikan nilai tambah yang tinggi, semakin tinggi konsumen bersedia membayar produk tersebut, maka semakin tinggi pula tuntutan layanan pelanggan yang diharapkan.

Membangun hubungan yang baik dengan konsumen akan jauh lebih baik daripada sekedar ‘menjual’. Dengan membangun hubungan yang dekat dengan konsumen akan membuat konsumen merasa dihargai dan diperhatikan. Namun untuk mengetahui banyak hal mengenai konsumen bukanlah hal yang mudah, terlebih jika suatu perusahaan memiliki banyak konsumen. Cara yang tepat untuk membangun hubungan dengan konsumen ialah dengan membangun Customer Relationship Management (CRM)
Tujuan utama dari CRM ini memang bukan kepuasan konsumen, tapi lebih pada loyalitas konsumen. Konsumen tidak hanya merasa puas sekali dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan, namun akan terus menggunakannya.

aplikasi-perusahaan-baru

Dengan kemajuan teknologi IT, data konsumen dapat disimpan dalam database aplikasi CRM. Seperti pada organisasi yang menerapkan sistem keanggotaan. Misalnya, dengan menyimpan data konsumen, ketika ada salah satu konsumen yang berulang tahun, maka organisasi tersebut dapat memberikan kejutan kecil berupa mengirimkan kartu ucapan ulang tahun .Dengan demikian konsumen merasa dilayani dan diperhatikan secara personal. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas perusahaan dimata konsumen dan akan meningkatkan loyalitas konsumen. Strategi meningkatkan mutu layanan dan membangun basis konsumen tetap dan loyal akan menguntungkan perusahaan.

Kunci keberhasilan dari aplikasi CRM ini adalah perubahan di berbagai bidang, seperti sistem kerja, teknologi infomasi dan peningkatan sumber daya manusia. Memang tidak mudah, karena orang enggan berubah. Jika pemilik perusahaan sudah memiliki komitmen untuk meningkatkan loyalitas konsumen, maka para karyawannyapun juga harus melakukan hal serupa. Karyawan harus memiliki rasa kepemilikan bahwa pekerjaan mereka memberikan kontribusi pada perusahaan. Dengan demikian diharapkan mereka akan memberikan pelayanan yang inovatif dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.

Artikel ini adalah hasil kerjasama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial