Mengelola Akun Google Tidak Aktif

Cara Menghapus Data Akun Google Pribadi

Mungkin diantara Anda sudah mengenal layanan google yang satu ini yaitu “Pengelola Akun Tidak Aktif” yang tempo hari sudah saya singgung pada artikel Jejak Digital Kita Sesudah Mati. Layanan google ini bisa menjadi jalan terbaik tatkala jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Karena satu akun google bisa jadi mempunyai beberapa data berupa Email, Google +, Blogger, Youtube, Google Drive. Dan mungkin dari akun ini, Anda juga hubungkan pada akun media sosial dan beberapa akun penting lainnya.

Dengan layanan ini kita bisa menyetel periode kapan akun ini berakhir, kita bisa share seluruh data kepada keluarga atau teman terpercaya dan dengan layanan ini kita menghapus total semua data yang berada di google.

Nah, pada kali ini saya akan menjelaskan cara penggunaannya. Sangat mudah memang, tapi semoga bisa membantu Anda untuk mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan di hari esok  yang kita tidak tahu apa yang terjadi.

Baik, untuk pertama kalinya silahkan Anda buka tautan ini https://www.google.com/settings/u/0/account/inactive kemudian klik tombol “Penyiapan”. Anda akan dibawa pada sebuah menu baru seperti gambar dibawah ini:

menonaktifkan akun google

Jika sudah, maka Anda bisa melakukan beberapa opsi, diantaranya:

1. Peringatkan Saya

tambahkan nomer

Pada menu ini Anda diminta untuk menambahkan nomer telpon dan email sebagai peringatan ketika akun anda akan dinonaktifkan.  Google akan memberikan peringatan satu bulan sebelum akun Anda dinonaktifkan.

2. Masa Waktu Habis

masa waktu habis

Dalam menu ini kita akan menentukan berapa kira-kira waktu akun google ini akan nonaktif dimana opsi yang berikan oleh pihak google selama 3 bulan – 18 bulan.

3. Beri tahu kontak dan bagikan data

berikan data kepada teman

Nah, dalam menu ini Anda diminta untuk menambahna alamat email teman Anda yang bertujuan ketika akun google sudah nonaktik maka seluruh data yang ada akan dikirimkan kepada yang bersangkutan.

Caranya silahkan klik “Tambahkan kontak terpercaya”  kemudian akan muncul isian seperti gambar dibawah;

tambahkan kontak

Isikan beberapa email teman terpercaya dan jangan lupa centang seperti gambar diatas. Kemudian baru Anda klik “Selanjutnya”. Jika sudah, maka Anda akan mendapati tab menu berikutnya seperti gambar ini:

masukkan lagi data

Silahkan pilih data mana yang akan Anda bagikan dan jangan lupa masukkan nomer telpon teman Anda itu dan ikuti opsi tersebut. Nomer teman Anda nanti akan mendapatkan kode verifikasi google agar bisa akses akun Anda kelak.

4. Hapus akun secara opsional

hapus google

Nah, ini adalah opsi terakhir terkait akun kita, apakah kita menghendaki data di google dihapus secara permanen atau tidak.  Cukup Anda klik pada pada kata “Ya” atau ‘Tidak”.

Dan jika sudah Anda sisi semua, makanya Anda klik tombol “Aktifkan” dan selesai.

Ditulis oleh Abu Najmah M.

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung kami dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial