Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Oleh: Abu Najmah M.

Kalau berbicara bisnis rumahan mungkin akan dikira cuma bisnis sampingan. Tapi nyatanya, bisnis rumahan ini menjadi primadona untuk menguji kemampuan pebisnis pemula. Dari bisnis kecil-kecilan bisa ekspansi ke bisnis yang lebih besar dengan omset yang besar tentunya.  Disamping itu bisnis rumahan tidak membutuhkan modal besar, dengan resiko kebangkrutan yang tidak fatal dari sisi keuangan.

Bisnis rumahan yang sebagian orang dianggap remeh, ternyata menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan. Berikut ini bisnis rumahan dengan model kecil yang bisa Anda kembangkan:

1. Jualan Online

Toko online hingga tahun 2014 masih menjadi pilihan  bagi pebisnis yang minim modal. Kebebasan waktu yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan, bahkan bisa menjadi bisnis sampingan tanpa meninggalkan pekerjaan utama. Tapi, jika sudah menemukan celah keuntungan yang didapat, penghasilan dari bisnis ini bisa lebih besar dari pekerjaan sebelumnya. Salah satu contohnya adalah kisah Irwan yang terjun dalam bisnis online (Baca: Tidak Mau Terjerumus Riba, Irwan Tetap Nekat Bisnis Tas), yang sebelumnya menjual tas dengan cara broker. Berkat keuletannya hingga dia bisa membuat produk sendiri dengan omset sudah melebihi gaji kantoran.

Jika Anda masih bingung memulainya, maka silahkan baca artikel Langkah Awal Jualan Online

2. Bisnis Kuliner

Jumlah penduduk Indonesia yang lebih 250 juta menjadi market yang sangat berpeluang untuk bisnis kuliner.  Apalagi dalam hal makanan, masyarakat Indonesia memang terbilang konsumtif. Terbukti menjamurnya gerai-gerai yang menjual makanan di setiap tempat yang masih bisa kita saksikan saat ini.

Tidak harus ahli dalam bidang kuliner untuk memulai bisnis ini. Kalau kita lihat, pebisnis yang sudah sukses sebelumnya bukanlah orang yang berlatar belakang kuliner. Lihat saja seorang Didik yang berbisnis pancake durian (Baca: Bisnis Pancake Durian, Untungnya Membahana), dia hanya seorang lulusan Kimia UGM tapi sudah mengantongi omset puluhan juta rupiah dari bisnis kuliner.

Atau Anda bisa melihat sosok Riezka Rahmatiana, wanita yang sukses di usia mudanya. Hanya bermodal 2 juta rupiah mendirikan bisnis kuliner Pisang Ijo Makasar mampu meraup omzet hingga 800 juta rupiah. Wanita asal asal Lombok ini membawa bendera bermerk JustMine.

Nah, jika Anda ingin menjajal peluang bisnis ini, Anda bisa melakukan riset pasar, jenis makanan yang disukai masyarakat, cara mengolah makanan dan buat kemasan yang menarik pelanggan.

3. Buka Lapak di Teras Rumah atau Keagenan

Memanfaatkan rumah untuk bisnis tidak melulu membutuhkan modal besar. Jika ada tempat , teras Anda bisa bisa digunakan untuk menjual sesuatu. Jual pulsa misalnya, hanya butuh HP dan beberapa puluh ribu untuk deposit pulsa, Anda bisa mendapatkan keuntungan 500 hingga 1000 rupiah setiap transaksi. Kita tahu di era sekarang orang tidak lepas dari yang namanya Handphone.

Atau Anda bisa dengan menjadi agen produk yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Anda tinggal melobi para distributor dengan sistem kongsi,tentu saja amanah sebagai modal awalnya.

4. Jualan dengan Sistem Dropshipping

Jualan dengan sistem Dropshipping bisa menjadi alternatif untuk yang minim modal. Beberapa keuntungan sistem dropshipping antara lain:

  • Dropshipper mendapat untung atau fee atas jasanya memasarkan barang milik supplier.
  • Tidak membutuhkan modal besar untuk menjalankan sistem ini.
  • Sebagai dropshipper, Anda tidak perlu menyediakan kantor dan gudang barang.
  • Walau tanpa berbekal pendidikan tinggi, asalkan cakap berselancar di dunia maya, Anda dapat menjalankan sistem ini.
  • Anda terbebas dari beban pengemasan dan distribusi produk.
  • Sistem ini tidak kenal batas waktu atau ruang, alias Anda dapat menjalankan usaha ini kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Dalam tinjauan hukum syariah, jualan dengan sistem dropshipping diperbolehkan. Anda bisa baca di Hukum Dropshipping

5. Buka Les Privat

Kemampuan Anda dalam mengusai mata pelajaran tertentu bisa menjadi modal untuk memulai bisnis ini. Misalkan Anda ahli bahasa inggris, cukup Anda menyediakan whiteboard, spidol, modul pelajaran dan absensi. Anda bisa merekrut anak-anak disekitar perumahan.

Pengusahamuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.