Sifat Kepemimpinan Yang Harus Dipunyai Oleh Pengusaha

Memimpin dan memiliki suatu bisnis mungkin adalah impian sebagian besar dari kita, tapi apakah kita memiliki jiwa kepemimpinan? Sebenarnya apa sih ciri-ciri seseorang yang memiliki jiwa sebagai pemimpin? Berikut adalah karakter-karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin:

1. Berkarakter

Apa sih sebenarnya maksud dari berkarakter ? kita sebagai umat muslim tidak perlu lagi bingung dalam mendefinisikan karakter ini, karena kita sudah mempunyai suri tauladan yaitu nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karakter-karakter nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam lah yang harus dipunyai sebagai seorang pemimpin, karena nabi Muhammad adalah pemimpin yang paling berhasil sepanjang masa.

2. Visi

Setiap pemimpin harus mempunyai visi dan mampu untuk mengkomunikasikan visinya. Jika anda belum mempunyai  visi, maka tentukanlah visi anda dari sekarang. Visi ini nantinya adalah bahan bakar dan penyulut semangat bagi para pegawai.

3. Semangat

Visi tanpa di dorong semangat adalah seperti mimpi tanpa sebuah aksi. Semangat sangatlah penting sebagai motor untuk menuju kesuksesan yang telah di definisikan di visi.

4. Komunikasi

Kepemimpinan merupakan sebuah skill dalam membangun relasi dan relasi dijalankan melalui komunikasi. Komunikasi adalah juga motor pencapaian visi melalui proses delegasi, bimbingan, pengidentifikasian tugas dan evalusi hasil kerja.

5. Kemampuan untuk membimbing

Pemimpin yang baik bukanlah seorang diktator tapi lebih sebagai supervisor yang bertugas untuk menasehati, menyemangati, mengarahkan dan memberikan penghargaan untuk pegawainya.

6. Berkontribusi pada nilai-nilai kebaikan

Pemimpin yang baik tidak hanya berorientasi pada uang dan materi yang ingin di dapat, tapi juga memiliki motivasi untuk menanamkan nilai kebaikan yang ada. Sebagai seorang pemimpin muslim, maka orientasi tidak hanya dalam bentuk materi dunia tapi juga untuk bekal akherat. Diharapkan dengan kepemimpinan yang berkarakter nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, para pegawai yang berada pada naungan kita tidak hanya sejahtera di dunia tapi juga memiliki perbaikan-perbaikan akhlak.

7. Kolaborasi

Pemimpin yang tentunya ditandai dengan bisa bekerjasama dengan banyak pihak. Karena tanpa kerjasama yang baik, maka usahapun tidak bisa berkembang, malah cenderung menuju kehancuran.

8. Pencari Ilmu

Seorang pemimpin terus-terusan menambah ilmunya untuk bisa menghadapi tantangan yang ada. Terkadang masalah tidak bisa diselesaikan karena kurangnya pengetahuan kita tentang cara menyelesaikan masalah tersebut. karena itu pemimpin yang baik harus banyak membaca dan rajin mengikuti pelatihan- pelatihan yang bisa meningkatkan kapabilitasnya.

9. Win-Win Solution

Tidak ada seorangpun yang mau rugi dan dirugikan, pemimpin yang baik harus mampu menciptakan suatu kondisi win-win solution jika terdapat suatu masalah di dalam perusahaan. Jangan menggunakan kekuasaan untuk menekan bawahannya demi mencapai apa yang dia inginkan. Berusahalah untuk bernegosiasi dan menentukan solusi yang terbaik bagi semua pihak.

Referensi: Westsidetoastmasters.com

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia. Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 8610185593 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial