Cara Mensyukuri Uang 100 Ribu (edisi November)

Di edisi “Cara mensyukuri uang 100 ribu untuk bulan Oktober”, saya mulai meminta Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan saran-saran saya sebelumnya. Tapi apa yang sebenarnya saya maksudkan di sini? Penasaran?

Di Bulan November ini, saya akan tetap meminta Anda untuk menggunakan uang 100 ribu untuk membeli sesuatu. Tapi alih-alih menyerahkan uang tersebut kepada teman Anda atau anak-anak yang membutuhkan, saya justru akan meminta Anda untuk memberikan sesuatu untuk diri Anda sendiri. Betul. Untuk Bulan November dan seterusnya, saya rasa Anda juga perlu mengkombinasikan sedekah Anda. Memang benar, beberapa persen penghasilan Anda harus disisihkan untuk orang lain, tapi tidak ada salahnya juga bila selebihnya Anda manfaatkan untuk kebaikan diri Anda sendiri. 

Tanpa berpanjang lebar lagi, inilah salah satu di antara kebaikan yang bisa Anda petik dengan uang 100 ribu. Yoa, hanya dengan uang 100 ribu:

Run

Berlarilah! Untuk Bulan November ini, saya ingin Anda mengunjungi toko sepatu di kota Anda, lalu pilih dan belilah sepatu olahraga yang enak untuk dipakai lari pagi atau jogging. Sepatu yang akan Anda beli ini tidak harus mahal dan bermerk terkenal, asalkan terbuat dari bahan yang ringan dan tidak mudah rusak bila kena air, maka sepatu itu seharusnya sudah bagus untuk Anda. Ingat, karena ini adalah “Cara Mensyukuri uang 100 ribu …. “, saya harap Anda tidak membelanjakan uang di atas 100 ribu hanya untuk sepatu. Tapi kalaulah memang Anda ingin mengeluarkan uang lebih, maka saya juga tidak akan melarang. Toh, saya juga tidak bisa mengatur selera Anda bukan? Siapa tahu Anda sudah fanatik dengan salah satu merk tertentu. So just pick up the best yet affordable one.

Recommended One

Sebagai rekomendasi, saya akan menyarankan Anda untuk membeli sepatu bermerk Bird Fly yang dibanderol Rp99.000,00 di Kota Gorontalo. Kalau harga seperti ini masih Anda anggap mahal, maka saya sarankan Anda untuk membeli sepatu bermerk Kodachi yang biasanya berada di kisaran Rp40.000,00 – Rp70.000,00. Dua tipe sepatu yang saya sebutkan tadi sudah memenuhi kriteria sepatu yang kita cari; ringan, nyaman, dan tidak terlalu peka dengan air. Saya yakin, kalau Anda tinggal di Pulau Jawa, maka pilihan merk sepatu jogging bagus yang berada di bawah Rp100.000,00 pasti akan lebih banyak lagi.

Kalau sepatu sudah dibeli lalu apa?

Bersedekahlah! Tapi kali ini tidak untuk orang lain. Di Bulan November ini, cobalah untuk bersedekah dengan diri sendiri dengan cara rutin lari pagi selama 10 – 15 menit. Hehehe, kalau senyum saja sudah dianggap sedekah, apatah lagi jogging?  Hanya sepuluh sampai lima belas menit, sungguh ringan bukan? Waktu sependek itu setara dengan mendengarkan Surat Ar-Rahman yang dibacakan oleh Syeikh Mishari atau Surat Yasin yang dilatunkan oleh Al-Mathrud. Dan inilah serunya jogging, kalau ponsel atau jam tangan Anda tidak punya fitur stopwatch atau count down timer, Anda sebenarnya bisa lari pagi sambil mendengarkan lantunan suara dua qari tadi sebagai penanda kapan Anda harus berhenti. Keren bukan? Raga bergerak, telinga dan hati juga ikut bergerak bersama alunan suara dari dua qari tadi. Ingin lari lebih lama? Kalau begitu putar saja Surat Maryam. Dijamin, Anda akan lari sekitar 5 – 10 menit lebih lama ketimbang sambil mendengarkan dua surat sebelumnya. Duh, enaknya jadi seorang [pengusaha] muslim; arus kas perusahaan mengalir lancar, darahnya juga sama. 

Apa manfaat Jogging?

Manfaat jogging sebenarnya sangat banyak, tapi di artikel ini, saya hanya menyebutkan beberapa di antaranya saja; (1) membakar kalori, (2) melancarkan metabolisme tubuh, (3) menyegarkan badan, dan (4) menghilangkan rasa kantuk. Para Pengusaha Muslim yang cerdas tentunya bisa memetik banyak manfaat bila keempat manfaat tadi bisa ia dapatkan. Pengusaha Muslim mana sih yang bahagia bila uangnya melimpah tapi gampang masuk angin dan ke dokter? Adakah sahabat di sana yang senang bila penghasilannya naik dua kali lipat tapi kolesterolnya turut melambung empat kali lipat? Tidak ada bukan? Pegawai mana sih yang hobi memiliki bos lembek dan lambat seperti kekurangan gairah untuk bekerja? Susah mencarinya bukan?

Stop Right Here!

Jadi itulah inti cerita tentang mensyukuri uang 100 ribu untuk Bulan November ini. Sebagai penulis di Situs Pengusaha Muslim, saya ingin pembaca untuk tidak hanya membaca, tapi juga bergerak. Bergerak supaya sehat. Supaya kuat. Karena Muslim yang kuat adalah Muslim yang lebih dicintai oleh Allah dan Rasulnya. Ayo-ayo, siapa yang ingin dicintai Allah dan Rasulnya?