Bisnis Anda Butuh Akuntan!

Kebutuhan terhadap jasa para akuntan publik semakin tinggi. Banyak kegiatan ekonomi yang membutuhkan opini dan audit mereka. Mulai dari perusahaan yang akan menjual sahamnya lewat bursa, hingga tayangan kuis di televisi dan kontes ratu kecantikan pun membutuhkan jasa mereka.

Di era otonomi daerah dan reformasi politik saat ini, pasar akuntan publik bahkan semakin besar. Keuangan partai politik, pengajuan pinjaman, tender pengadaan barang dan jasa pemerintah, hingga perpanjangan keanggotaan sebuah asosiasi juga menghendaki keterlibatan mereka selaku auditor independen.

Para akuntan publik sepenting itu? Ya, karena demikian penting pencatatan akuntansi dan keuangan yang rapi dan akurat. Laporan keuangan yang baik dan sesuai standar akuntansi publik menjadi salah satu ciri penting perusahaan atau asosiasi yang baik dan profesional. Dari laporan keuangannya, sebuah perusahaan atau asosiasi akan terlihat kinerja keuangannya. Sang pemilik perusahaan pun dapat menggunakan laporan keuangan untuk melihat perkembangan bisnisnya.

Bagi perusahaan, laporan keuangan yang baik juga sangat berguna untuk keperluan pengembangan usaha, termasuk untuk keperluan penambahan modal dari sumber luar. Tapi tidak mudah menyusun laporan keuangan yang baik dan sesuai standar akuntansi publik yang berlaku. Memerlukan tenaga ahli di bidang akuntansi serta sistem akuntansi yang memadai. Di sinilah diperlukan bantuan akuntan publik.

Profesi akuntan publik lebih ngetop lagi, antara lain, karena fee atau honor mereka sering dihitung per jam. Bahkan dibayar dalam mata uang asing. Mahalnya fee akuntan publik sering dikeluhkan oleh banyak perusahaan—apalagi yang skalanya kecil—ketika mengikuti tender pengadaan barang dan jasa. Padahal tidak ada jaminan mereka akan menang tender.

Di zaman serta Internet saat ini, sebagian akuntan publik pun telah melayani kliennya secara online, alias tidak memerlukan interaksi langsung dengan kliennya—hanya dibutuhkan media penghubung antara dua pihak, yakni Internet.

Jasa akuntan publik antara lain dalam hal pembuatan laporan keuangan dan hal-hal yang terkait dengannya, dan jasa audit. Dalam soal akuntansi, jasa mereka meliputi bidang pembukuan, akuntansi, audit dan laporan keuangan untuk keperluan pajak.

Perusahaan yang belum memiliki staf akunting biasanya membutuhkan jasa pembukuan dari para akuntan publik, yang meliputi:

  1. General Ledger (Buku Besar)
  2. Accounts Payable (Utang Usaha)
  3. Accounts Receivables (Piutang Dagang)
  4. Bank Reconciliation (Rekonsiliasi Bank)
  5. Payroll (Pembayaran Gaji)
  6. Inventory (Persediaan Barang)
  7. Fixed Asset (Harta Tetap)

Jasa akutansi dari para akuntan publik akan Anda butuhkan bila perusahaan Anda memerlukan laporan keuangan dan analisisnya. Yakni dalam hal:

  1. Accounting Setup (Pembuatan Sistem Akuntansi)
  2. Income Statement (Laporan Laba-Rugi)
  3. Balance Sheet (Laporan Neraca/Harta)
  4. Cash Flow (Laporan Arus Kas)
  5. Budgetting (Anggaran/Bujet)
  6. Financial Statement (Laporan Keuangan)
  7. Financial Analysis (Analisis Keuangan)
  8. Management Report (Laporan Manajemen)

Jasa audit (memeriksa laporan keuangan) yang dilayani akuntan publik berupa transaksi dan/atau catatan akuntansi dan/atau laporan keuangan untuk memastikan transasi tersebut telah diotorisasi, disajikan dalam catatan akuntansi, dan dungkapkan dalam laporan keuangan yang tepat dan akurat. Sedangkan jasa pajak mereka antara lain dalam penyusunan laporan pajak seperti SPT Masa, SPT Tahunan, Faktur pajak dan Konsultasi pelaporan pajak yang benar.

Makin ngetopnya profesi akuntan publik mengajarkan kepada Anda betapa bagusnya memiliki catatan transaksi yang rapi dan akurat sejak hari pertama Anda berbisnis. Mengapa? Soal yang satu ini lebih sering Anda lupakan. Setelah bisnis Anda berkembang—istilahnya, Anda sudah kesulitan menghitung uang—barulah Anda peduli.

Seringnya kesadaran datangnya terlambat. Perusahaan Anda kadung besar. Tapi catatan keuangannya acak-acakan. Tak ada catatan keuangan yang rapi dan akurat untuk keperluan Anda membayar pajak. Demikian juga catatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan dan biaya, serta perhitungan biaya produksi dan harga produk. Karena tidak mempekerjakan staf khusus yang menangani akunting, Anda sering mengambil jalan pintas: sewa saja akuntan publik, kok repot?!

Jika catatan transaksi keuangan bisnis Anda acak-acakan, jangan salahkan siapa-sapa kalau Anda gelagapan menghadapi pemeriksaan oleh petugas pajak. Anda pun dijamin lebih sering ngawur menyebut angka laba perusahaan Anda. Harga produk juga Anda tetapkan tanpa dasar yang bisa dipertanggungjawabkan—kemahalan atau terlalu murah. Anda selaku pemilik perusahaan bakal bingung, tak tahu bagaimana melakukan pengawasan karena Anda mengantongi data tak akurat. Sampai-sampai Anda juga tidak tahu mau dibagaimanakan perusahaan Anda, karena di tangan Anda tak ada data yang dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

Jika Anda menghadapi kondisi seperti itu, Anda memerlukan bantuan para akuntan publik untuk menata catatan keuangan bisnis Anda. Kehadiran dan saran mereka dijamin dapat membantu menurunkan degup jantung Anda saat menghadapi pemeriksaan pajak. Anda pun akan mengetahui seberapa banyak produk yang terjual dan yang belum laku. Juga tahu berapa biaya yang telah Anda keluarkan. Anda juga bisa dengan pas menentukan harga produk/jasa perusahaan Anda. Dan Anda pun punya data akurat untuk melakukan pengawasan dan membuat keputusan yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Lebih baik hadirkan atau libatkan mereka sejak perusahaan Anda masih kecil. Kalau belum mampu menggaji mereka, sewa mereka saat Anda memerlukannya. Alih-alih menghasilkan pencatatan keuangan yang rapi dan akurat, dari kehadiran mereka, staf keuangan Anda, atau Anda sendiri, dapat belajar, yang akhirnya membuat Anda tak perlu menyewa mereka lagi, karena staf Anda, dan Anda sendiri, sudah mampu melakukannya.

Menyewa ataukah menggaji karyawan yang bertugas khusus menangani akuntansi perusahaan? Sama baiknya. Yang perlu Anda pertimbangkan adalah kemampuan finansial dan kebijakan perusahaan, serta skala atau ukuran bisnis Anda.

Silakan dipertimbangkan. Yang baku, sekarang Anda telah sadar betapa penting catatan keuangan bisnis Anda. Tanpa catatan yang rapi dan akurat, pantaskah Anda berharap sukses?***

Artikel ini merupakan kerja sama antara majalah Pengusaha Muslim dan Zahir Accounting

Pentingnya Catatan Transaksi

1. Jika catatan transaksi keuangan bisnis Anda acak-acakan, Anda akan:

  • Gelagapan menghadapi pemeriksaan oleh petugas pajak.
  • Anda dijamin lebih sering ngawur menyebut angka laba perusahaan Anda.
  • Harga produk juga Anda tetapkan tanpa dasar yang bisa dipertanggungjawabkan—kemahalan atau terlalu murah.
  • Anda selaku pemilik perusahaan bakal bingung, tak tahu bagaimana melakukan pengawasan karena Anda mengantongi data tak akurat.
  • Anda juga tidak tahu mau dibagaimanakan perusahaan Anda, karena di tangan Anda tak ada data yang dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

2. Jika kondisinya seperti itu, Anda memerlukan bantuan para akuntan publik untuk menata catatan keuangan bisnis Anda.

3. Lebih baik hadirkan atau libatkan mereka sejak perusahaan Anda masih kecil. Alih-alih menghasilkan pencatatan keuangan yang rapi dan akurat, dari kehadiran mereka, staf keuangan Anda, atau Anda sendiri, dapat belajar agar mampu melakukannya tanpa bantuan mereka.