Jika Uang Yang Tercampur Dengan Hasil Judi

Pertanyaan:
Ada seorang yang melakukan beberapa kemaksiatan, kemudian ingin bertaubat. Namun hartanya tercampur dengan yang haram tepatnya dari uang lotere dan selainnya. Apa yang harus dia lakukan?

Jawaban Syaikh Masyhur Hasan al Salman:
Lotere adalah judi. Orang tersebut berkewajiban untuk bersedekah sesuai dengan kadar uang lotre yang dia dapatkan. Ini adalah kewajiban yang wajib ditunaikan kapan saja jika sudah memiliki kemampuan meski dengan cara dicicil sedikit demi sedikit sampai selesai. Jika hal tersebut dilakukan maka aku berharap dosa itu telah hilang dari dirinya.

Sedangkan harta milik orang lain yang didapatkan dengan cara yang tidak dibenarkan oleh agama, maka orang tersebut memiliki kewajiban untuk meminta maaf kepadanya atau mengagendakan pembayarannya manakala sudah memiliki kemampuan.

Adapun pelanggaran dalam bentuk curang dalam takaran, sumpah palsu, dan menipu, maka itu adalah dosa antara orang tersebut dengan Allah. Orang tersebut berkewajiban untuk memperbanyak amal ketaatan, memperbanyak sedekah, dan menyalurkan uang haram tersebut dalam kegiatan-kegiatan sosial sampai selesailah kewajibannya. Jika saat ini Anda belum mampu dan Anda memiliki tekad bulat untuk menyelesaikan kewajiban financial, maka Anda insya Allah dalam kebaikan dan Anda berkewajiban untuk mulai melunasi pihak-pihak yang bisa dilunasi saat ini.

* Mau konsultasi dengan ustadz pembina PengusahaMuslim.com? Silahkan bergabung di Milis pm-fatwa. Milis ini disediakan khusus untuk mengajukan pertanyaan tentang hukum dan fatwa yang terkait dengan perdagangan (jual beli) dan semua yang terkait dengan masalah ini, seperti hukum jual beli, aqad/perjanjian jual beli, zakat perniagaan, hutang piutang, riba, bank syariah, gaji karyawan, asuransi, dan berbagai masalah agama lainnya.
Untuk bergabung, kirim email kosong ke : [email protected]
Untuk mengirim pertanyaan, kirim email ke : [email protected]