2 Video Fantastis (dan Gratis) Untuk Mendongkrak Ilmu Marketing Anda!

Sampai sejauh ini, penulis menduga bahwa Anda mungkin akan kecewa kalau harus membayar $5 untuk ceramah dari pria dengan ijazah computer science ini tentang dunia pemasaran. Tapi tahukah Anda, di negeri asalnya, Amerika Serikat, ternyata banyak orang yang rela membayar ribuan dollar hanya untuk mendapatkan kursi di seminar atau konferensi atau event yang menghadirkan Seth Godin sebagai pembicaranya. Wow, mungkin Anda semua akan penasaran. Kenapa bisa sampai begitu? Siapa sebenarnya Seth Godin ini?

Siapa Seth Godin ini sebenarnya?

Allah Subhanahu wa Ta’ala memang Maha Luar Biasa, meskipun Seth Godin dihadirkan dengan fisik yang biasa saja – setidaknya ketimbang aktor dan artis di Amrik sana – namun ia tampaknya dihidupkan dengan talenta super, khususnya dalam dunia tulis-menulis dan public speaking (berbicara di depan banyak orang). Singkatnya, Seth adalah seorang penulis buku-buku best seller dunia pemasaran seperti Permission Marketing, PurpleCow, MeatBall Sundae, Small is the new big, The Dip, Tribes, dan Linchpin. Selain dikenal sebagai penulis, Seth juga adalah seorang entrepreneur dibalik Squidoo, sebuah situs terkenal seperti Wikipedia, tapi dengan iklan yang sebagian keuntungannya akan langsung disumbangkan ke lembaga-lembaga non-profit yang mengurusi masalah sosial dan kemanusiaan. Keren bukan?

Untuk memperkenalkan Anda dengan “talenta” seorang Seth dalam memberikan ceramah, berikut akan saya sajikan intisari dari dua video yang menampilkan Seth Godin sebagai pematerinya.

1. On Standing Out (Purple Cow)

Ketika Anda sedang dalam perjalanan di daerah persawahan, Anda mungkin tidak akan tergugah bila melihat sapi-sapi berwarna putih, cokelat, atau hitam sedang berkumpul di sana. Tapi bagaimana kalau seandainya pada saat yang sama Anda melihat seekor sapi di tempat yang sama dengan kulit berwarna ungu?! Heiiiiiiiii ….. this is cool!

Itulah analogi yang digunakan Seth untuk menjelaskan gambaran besar dari isi buku yang Ia sampaikan dalam ceramah ini. Sebagai pemasar atau pengusaha, kita tentunya ingin agar produk atau servis yang ditawarkan oleh perusahaan kita menjadi sesuatu yang berbeda ketimbang produk lain di dalam kelas yang sama. Ini artinya, jika Anda menjual sepatu, Anda ingin agar sepatu Anda berbeda dengan sepatu-sepatu lainnya. Tapi bagaimana cara Anda melakukannya?

Dalam pandangan saya, video yang akan Anda saksikan ini bisa memberi tahu – dengan cara yang sangat menghibur – tentang bagaimana melakukan itu semua. Bisa dengan bahan yang Anda pakai, bisa dengan desain yang akan Anda gunakan, bisa dengan cerita di balik produk itu, atau bisa juga dengan …… (titik-titik ini saya yakin bisa Anda sendiri dengan kalimat Anda setelah Anda menonton ceramah dari Seth Godin). Penasaran?

Saksikan Seth Godin: On Standing Out (Purple Cow)
Unduh videonya melalui link ini: Low-Res MP4

2. Tribes

Dalam video ini, Seth memaparkan sesuatu yang baru dalam dunia pemasaran. Menurut Seth, di era informasi seperti ini, pemasaran bukanlah tentang iklan, brosur, reklame, atau sejenisnya. Sebaliknya, pemasaran adalah persoalan kepemimpinan. Siapa yang memimpin siapa? Anda sebagai pengusaha sekaligus marketer yang berada di balik produk atau servis yang Anda tawarkan adalah pemimpin itu. Sementara follower atau bawahan Anda adalah mereka yang menjadi konsumen Anda, atau yang sering disebut oleh Seth sebagai Tribe (baca: suku) dalam bukunya yang menggunakan judul yang sama.

Melalui ceramah ini, tampaknya Seth ingin agar kita selaku pengusaha atau marketer harus memiliki kemampuan untuk menghimpun sekaligus mengembangkan suku/kelompok kita (baca: our Tribes). Alih-alih hanya fokus ke volume penjualan, Seth mengajak kita untuk memikirkan konsumen tidak hanya sebagai kelompok yang hanya bertugas untuk membeli produk kita, tapi juga sebagai sekelompok manusia yang bisa kita “gembalakan” agar bisa berkembang dan pada akhirnya mampu memberikan kesuksesan yang lebih besar lagi untuk kita dan perusahaan kita tentunya.

Dalam presentasi berdurasi 17 menit ini, Seth menjelaskan konsep pemasaran radikalnya menggunakan kisah-kisah nyata yang tentunya akan memudahkan Anda dalam memahami apa arti Tribes sebenarnya. Diantara adalah cerita tentang kecerdikan Henry Ford dalam mengembangkan usaha perakitan mobilnya, keahlian Tony Hsieh dalam membangun Zappos, Al Gore dengan trik kampanye global warming-nya, dan masih banyak lagi kisah di dalamnya yang mampu menarik pelatuk otak Anda agar bisa terinpirasi saat itu juga. Insyaallah. Amin.

Saksikan Seth Godin: Tribes (We Want You to Lead Us) di sini :
Unduh videonya melalui link ini: Low-Res MP4

Sebelum Anda beranjak dan menekan tombol exit, penulis hanya ingin memberi tahu bahwa Anda baru saja menghemat ribuan dollar. Kok bisa? Karena mereka yang duduk di event seperti TED Talks umumnya harus menginvestasikan sekitar ribuan dollar untuk biaya transportasi, akomodasi, dan tiket masuk ke dalam gedungnya.Nah, pembaca pengusahamuslim, mari kita bersyukur dengan karunia ini. High quality speech and video at the cost of less than a litre of gasoline. (Dengan asumsi bahwa harga bensin sama dengan Rp 4500/liter dan Anda berhasil mengunduh video Seth Godin hanya dengan bantuan koneksi internet di warnet dengan biaya Rp 3000 – Rp 5000).

Wassalamu’alaikum.

Artikel www.PengusahaMuslim.com