Yang Harus Diingat Saat Membandingkan Software Akuntansi

Membeli software akuntansi memerlukan komitmen dan investasi. Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam membeli software akuntansi adalah menentukan anggaran – berapa dana yang Anda siapkan untuk membeli software akuntansi. Ini akan membatasi pilihan Anda, karena pada umumnya software akuntansi dengan kemampuan yang tinggi dibandrol dengan harga yang tinggi pula.

Karena merupakan keputusan bisnis yang sangat penting, Anda harus yakin dengan kenyataan dan membandingkan software akuntansi sebelum membelinya. Tentu saja Anda tidak ingin membeli software akuntansi dan kemudian baru diketahui software tidak mampu menangani bisnis Anda yang tengah tumbuh. Atau Anda terjebak membeli software yang murah dan kemudian baru menyadari untuk upgrade agar bisa memenuhi level efektivitas bisnis Anda. Dan tentu saja Anda tidak ingin membeli software tanpa adanya dukungan yang memadai.

Dalam mencari opsi yang tersedia, kami mencari di website yang memiliki perbandingan software akuntansi dari berbagai software akuntansi yang populer untuk UKM.

Banyak software menawarkan kemampuan akuntansi yang paling penting; namun yang menarik software akuntansi yang paling mahal tidak tidak memiliki kemampuan yang ditawarkan oleh software yang lebih murah. Mungkin Anda terkejut, mengetahui bahwa ada beberapa software akuntansi diluar sana yang bagus, harga terjangkau yang didesain untuk usaha kecil.

Pertanyaan lainnya adalah apakah software user friendly.Untuk membatasi waktu yang tidak diperlukan dalam pelatihan staf Anda dalam mengoperasikan software, maka harus sederhana dalam penggunaannya.  Cek kemudahan terkait dengan instalasi awal; set up; dan navigasi. Pertimbangan berikutnya adalah menanyakan apakah software memiliki seluruh modul akuntansi dan laporan yang dibutuhkan saat ini dan saat berkembang di kemudian hari. Modul dasar meliputi hutang dagang dan piutang; serta modul yang memudahkan Anda membuat dan mencetak laporan seperti laporan peramalan, alur kas, dsb. Tapi lebih bijak untuk menginvestasikan software yang lebih mahal dengan fitur yang bisa dikembangkan saat bisnis Anda tumbuh, seperti penambahan lini produk baru atau karyawan di payroll.

Perbedaan terpenting antar software adalah support yang ditawarkan.  Saat membandingkan software akuntansi, cari tahu jika software  yang Anda pertimbangkan menawarkan dukungan purna jual, seperti layanan telepon bebas pulsa bahkan  online support? Semua ini merupakan pertimbangan saat Anda membandingkan software akuntansi.

Oleh: Alice Lane

Article Source: www.EzineArticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com