Menemukan Software Akuntansi Ideal

Software akuntansi adalah program komputer atau piranti lunak yang merekam dan memproses laporan keuangan dengan cepat seperti payroll, akun hutang, dan neraca. Tujuan utamanya adalah berfungsi sebagai sistem informasi keuangan, dan mungkin dikembangkan sendiri oleh perusahaan yang menggunakannya, bisa dibeli dari vendor lain, atau bisa jadi gabungan keduanya dengan kombinasi lokal. Seperti yang Anda bayangkan, kompleksitas, kemampuan, dan biaya software akuntansi sangat beragam.

Saat ini ribuan software akuntansi beredar di pasar, dan tidak semuanya bisa Anda gunakan. Dengan upaya manusia, tidak ada aspek “satu ukuran sesuai untuk semuanya” dalam software akuntansi. Software terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda tergantung pada ukuran dan jenis perusahaan yang Anda jalankan. Meskipun kebutuhan spesifik tiap bisnis mungkin berbeda, kebutuhan umum perusahaan seperti penagihan, pembayaran, klasifikasi dan analisa data keuangan adalah inti dari akuntansi.

Kebanyakan software akuntansi terdiri dari unit individu atau modul yang terkait dengan area akunting yang spesifik. Modul yang paling umum adalah: piutang usaha, hutang usaha, neraca, billing, dan stok/inventory  .

Modul lainnya yang lebih spesifik juga tersedia. Mencakup: penagihan hutang, biaya, permintaan, payroll, laporan, dan lembar kerja. Meski supplier yang berbeda menggunakan nama lain pada modul-modul ini, nama yang sebenarnya lebih sering digunakan.

Sebelum membeli software akuntansi, penting bagi Anda untuk menentukan kebutuhan dan perhatian individu. Misalnya software yang digunakan untuk usaha kecil atau individu ialah yang sederhana, mudah digunakan, dan tidak mahal. Program-program ini melakukan tugas akuntansi sederhana.

Kategori selanjutnya, disebut dengan software akuntansi “low end”, dikenal dengan produk entri tunggal dan melayani satu pasar yang cukup efektif.

Pasar pertengahan software akuntansi mencakup software bisnis yang lebih luas yang mampu memenuhi kebutuhan multi standar akuntansi nasional dan  memungkinkan akuntansi dilakukan dengan multi mata uang.

Software akuntansi “high end” yang paling kompleks dan mahal adalah bagian dari software yang luas yang disebut dengan Enterprise Resource Planning atau ERP software. Program yang sangat teknis dan mahal ini menangani kebutuhan khusus perusahaan dan organisasi besar.

Setelah Anda memutuskan level software yang tepat untuk Anda, mulai dengan proses pembelian. Anda bisa menemukan software akuntansi di berbagai lokasi termasuk toko ritel, peralatan komputer, dan beberapa toko buku besar. Website juga memberikan sumber yang mudah dan komprehensif untuk mendapatkan software yang sesuai untuk bisnis Anda. Pada saat membeli Anda akan menemukan fluktuasi harga yang besar tergantung pada jasa yang diberikan oleh software.

Terlepas software akuntansi apa yang Anda gunakan, hasil akhirnya haruslah sama – harus bisa meningkatkan level profesionalisme, memberikan kenyamanan pada kesibukan Anda, dan yang terpenting harus bisa membantu Anda memberikan pemahaman situasi keuangan yang lebih baik.

Oleh: Larry Denton

Article Source: www.EzineArticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com