Tips Memilih Software Akuntansi Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

 

Software akuntansi yang baik merupakan aset bagi usaha Anda, karena bisa menghemat waktu dan uang. Karena itu, Anda harus bisa mendapatkan software akuntansi yang tepat bagi bisnis Anda. Jika Anda membeli software yang salah, Anda akan menghabiskan lebih banyak uang dan waktu dimasa datang hanya untuk mendapatkan yang tepat.

 

Jadi, bagaimana melakukan risetnya? Mencari online dan kunjungi forum dan blog untuk membaca review mengenai software yang berbeda. Lihat apa yang tengah dibicarakan dan cek sendiri software yang Anda maksud. Review sangat bagus untuk membantu Anda membuat keputusan, karena Anda bisa membaca pendapat orang lain mengenai software tersebut. Dengan mengikuti forum dan blog, Anda akan familiar dengan berbagai jenis software akuntansi dan langkah selanjutnya adalah menentukan mana yang Anda butuhkan.

 

Saat ini, Anda bisa menemukan berbagai software akuntansi. Jadi, mana yang tepat untuk Anda? Untuk memilih software akuntansi yang tepat, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab; Berapa banyak transaksi dalam sehari? Berapa jumlah karyawan Anda? Berapa jumlah piutangnya? Apa saja pendapatan dan pengeluaran bulanan? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memutuskan software mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

 

Langkah selanjutnya adalah Anda harus tahu jenis support yang ditawarkan penyedia software. Apakah mereka menawarkan online support atau hanya tutorial online? Support sangat penting karena Anda tidak ingin membuang terlalu banyak waktu untuk memahami software tersebut.

 

Kemudian, Anda harus menentukan jenis fitur apa yang dibutuhkan. Anda tidak harus memiliki semua fitur, tergantung kebutuhan usaha Anda. Software dengan fitur yang sangat lengkap lebih mahal dan jika Anda tidak membutuhkan fitur tambahan, jangan beli.

 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah apakah software bisa diupgrade dimasa datang. Saat bisnis berkembang, begitu juga dengan software Anda. Jadi cek ke supplier software apakah mereka bisa mengupgrade sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli yang baru.

 

Normalnya, jika ukuran bisnis Anda kurang dari 10 dengan model bisnis B2B, cukup menggunakan software basic. Sebaliknya, jika Anda menjalankan website e-commerce dengan ribuan transaksi setiap harinya, Anda memerlukan software yang lengkap.

 

Oleh: Cheow Yu Yu

Sumber: www.EzineArticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com