Software Pos

 

Software Point of Sale (POS) menggabungkan alat dalam sistem POS dengan bahasa komputer dan memfasilitasi proses data otomatis. Software POS tidak hanya memonitor aktivitas harian bisnis, tapi juga membantu menjalankannya secara sistematis, merekam pendapatan dan pengeluaran, inventory, stock, billing, pelanggan dan rekaman transaksi, serta layanan pelanggan. Transaksi bisnis yang cepat dan anggaran yang akurat membantu vendor meningkatkan profit secara signifikan. Software ini juga membantu layanan hotel dan restoran, mencatat pesanan makanan online dan mengirimkan pesanannya.

Software POS pertama kali dikenalkan oleh IBM 3650 dan 3660 Store Systems pada Agustus 1973; software pertama kali diinstal di Pathmark Stores di New Jersey dan Dillard’s Department Stores. Kini, kebutuhan POS telah begitu luas dan beragam sehingga software POS dibuat untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari industri yang berbeda. Industri yang paling populer termasuk restoran dan toko ritel. Software untuk masing-masing industri ini memiliki fitur unik dimana transaksi penjualan dan konsumen berjalan otomatis serta memastikan tanggung jawab staff. Misalnya, software POS untuk hotel akan memastikan bahwa telepon tamu akan secara otomatis ditagihkan ke tagihannya melalui komputer dan ditambahkan biaya-biaya lainnya. Dan software POS di outlet ritel akan meminta karyawan untuk menggesek kartunya untuk merekam jam kerja mereka dan stok detil produk. Beberapa software point-of-sale juga mencakup fasilitas kartu kredit dan debit, mendeteksi cek palsu, dan membuat laporan transaksi harian dan bulanan.

Biasanya vendor mencoba software yang berbeda-beda sebelum memutuskan software terbaik yang sesuai dengan industrinya. Yang perlu diperhatikan dalam instalasi software POS adalah komputer, printer, cash register, scanner, dan keyboard. Software cetak barcode, cash register express, dan inventory diperlukan dalam bisnis yang menggunakan sistem point-of-sale.

Oleh: Steve Valentino
Sumber:www.accountingsoftwarearticles.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com