Apakah Ukm Anda Membutuhkan Software Akuntansi?

Jika Anda kesulitan dengan pekerjaan akuntansi dan pajak untuk usaha, bagaimana Anda membuat proses ini lebih mudah dan memangkas fee jasa akunting? Membeli paket software akuntansi adalah sebuah jalan keluar.

Pertama, Anda harus memutuskan apakah Anda akan membuat rekaman akuntansi secara manual, dengan menggunakan pena dan kertas, atau apakah dengan komputerisasi.

Jika Anda memutuskan proses komputerisasi, maka Anda harus memutuskan apakah membeli paket software akuntansi, atau menggunakan spreadsheet, seperti Microsoft Excel untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Aturan umum, jika Anda menggunakan uang tunai dalam bisnis, dimana Anda harus mencatat pemasukan dan pengeluaran, maka akan lebih baik jika menggunakan spreadsheet.

Jadi, haruskah Anda memilih paket software akuntansi? Ya, jika:

1. Anda memberikan kredit pada pelanggan dan membeli barang dengan cara yang sama

2. Memiliki lebih dari 50 transaksi per bulan

3. Usaha Anda berbentuk perseroan

dan:

4. Anda bisa mengoperasikan komputer atau mau belajar!

Sebelum memilih software akuntansi, bicarakan dulu dengan akuntan Anda – mereka biasanya familiar dengan berbagai software akuntansi yang ada dipasar dan bisa memberikan masukan. Kebanyakan akuntan menggunakan software di kantor untuk memproses pembukuan klien dan memiliki pengetahuan paket software akuntansi yang mereka gunakan. Akan lebih murah bagi Anda jika menggunakan software yang sama seperti mereka, karena mereka bisa memberikan masukan bagaimana memulai dan menjalankannya dan bisa menjawab pertanyaan Anda.

Saya juga merekomendasikan agar Anda melakukan riset, Anda bisa meminta CD demo atau mendownload versi demonya sehingga mendapatkan gambaran cara kerjanya dan apakah mudah digunakan.

Biaya juga perlu diperhatikan, agar bisa menyesuaikan seperti anggaran. Tapi, pertimbangkan juga bagaimana bisnis Anda kelak – mungkin Anda akan membutuhkan anggaran yang lebih besar dan harus membeli software yang lebih mahal.

Penyedia software akuntansi juga akan menawarkan dan menjual ‘ maintenance contract’. Simpan uang Anda ! Penyedia software yang sudah mapan tidak ada bug dalam sistemnya. Mereka juga akan mengupgrade ke versi berikutnya secara teratur, tapi jika software sudah melakukan segala sesuatunya dengan baik, maka tidak perlu diupgrade .

Anda juga bisa membayar orang untuk melakukannya, apakah akuntan atau pembukuan – ganjarannya, Anda tidak harus melakukannya sendiri sehingga Anda memiliki waktu untuk mengurus bisnis Anda !

Oleh: Jakki Francis
Sumber:www.accountingsoftwarearticles.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com