Analisa Kebutuhan Anda Sebelum Membeli Software Akuntansi

 

Saat ini ada berbagai jenis software akuntansi yang beredar, dimana Anda harus tahu dengan pasti apa yang Anda butuhkan sebelum memutuskan untuk membeli. Anda bisa membeli paket software yang hanya bisa digunakan untuk bisnis Anda atau paket dengan fitur dan fungsi yang lebih banyak.

 

Luangkan waktu untuk memerinci kebutuhan akuntansi Anda. Apakah Anda hanya ingin menggunakan software untuk melacak inventory? Apakah Anda membutuhkan sesuatu untuk membantu Anda dalam proses penagihan dan billing? Bagaimana dengan software yang mencakup aset tetap? Ada banyak pilihan fitur yang ditawarkan seolah tidak ada habisnya, jadi Anda perlu melakukan riset dan memutuskan apa yang Anda harapkan dari software tersebut.

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah hanya Anda sendiri yang akan menggunakan software tersebut secara keseluruhan atau Anda hanya menginput datanya saja. Jika hanya Anda sendiri yang akan menggunakannya secara keseluruhan, maka Anda harus memastikan tersedianya support jika Anda ada pertanyaan atau membutuhkan bantuan. Jika Anda harus membuat laporan dengan format tertentu yang tidak disediakan software, Anda perlu tahu bagaimana membuat laporan-laporan tersebut.

Anda tidak ingin membeli software akuntansi hanya untuk mengetahui perkembangan bisnis dan Anda harus mengupdatenya tahun depan atau berpikir untuk menggantinya dengan yang lebih canggih. Anda membutuhkan software akuntansi yang bisa Anda perluas saat usaha berkembang. Ini akan menghemat uang Anda untuk jangka waktu yang panjang, meskipun biaya set up diawal sedikit lebih besar dari yang Anda harapkan. Terlepas dari software akuntansi yang Anda beli, Anda akan menemukan kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis dan infomasi lainnya.

Oleh: James Hunt
Sumber:www.accountingsoftwarearticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com