Memilih Strategi Marketing Terbaik Untuk Bisnis Anda

Dalam memilih strategi marketing, apakah dalam bentuk tenda, hang tag dan flyer, Anda harus menemukan mana yang paling menarik. Ini artinya memilih penawaran yang paling efektif di pasar. Berikut adalah beberapa strategi yang memandu Anda untuk mengembangkan milik Anda yang paling tepat untuk bisnis, produk atau jasa Anda.

Menciptakan Keunikan

Saya sering heran bagaimana produk tertentu dijual diarea dimana setiap orang menjual produk yang sama. Pernahkan Anda pergi ke tempat tertentu yang hanya menawarkan Chinese food? Ada banyak restoran yang berjajar menawarkan menu yang sama. Dalam situasi seperti ini, pertimbangkan dua hal: pertama, dari sudut pandang pemilik, apa yang akan membuat restoran saya berbeda dari sebelah saya atau dari restoran yang diujung sana? Kedua, dari sudut pandang pelanggan, apa yang Anda cari dari restoran yang ingin Anda coba?

Jawaban adalah strategi diferensiasi .Ide disini adalah menciptakan produk atau jasa yang dianggap unik. Dalam kasus diatas, pemilik restoran bisa menawarkan spesialisasi menu yang tidak pasaran dan mengiklankannya di depan restorannya. Ini akan menarik konsumen karena menawarkan sesuatu yang hanya tersedia di restoran tertentu.

Menciptakan Efisiensi

Ini berdasarkan konsep dimana bisnis bisa memproduksi dan memasarkan produk atau jasa yang berkwalitas dengan harga yang lebih rendah daripada kompetitor.Saya pernah menghadiri training Six Sigma dan ini membantu saya untuk menyadari nilai dari peningkatan proses. Six Sigma mengajarkan pada kita untuk pertama kali memahami dan menganalisa proses untuk mengidentifikasi dimana peningkatan diperlukan, digunakan sebagai acuan apa untuk menang dengan cepat. Peningkatan proses memperkaya bagaimana produk atau jasa diberikan dengan sasaran yang jelas untuk menghasilkan lebih.

Menciptakan ceruk tertentu .

Ini adalah hal yang paling mutakhir karena mencoba mengidentifiaksi segmen tertentu dalam pasar untuk menciptakan sebuah produk atau jasa yang hanya fokus pada segmen tertentu. Strategi ini akan menjadi kompetisi penetrasi yang berat jika produk atau jasa yang diberikan dengan cara yang khusus, dimana kebanyakan klien atau kosumen segmen tertentu tidak akan berani mencoba merk lain.

Karena kita memulai dengan bisnis makanan sebagai contoh, mari kita gunakan makanan Jepang yang dikenal dengan Fugu atau blowfish. Ikan ini sangat berbahaya karena memiliki racun syaraf yang bisa membunuh manusia jika tidak diolah dengan benar. Sehingga, hanya ada sedikit restoran Jepang menawarkan menu ini dan koki yang memiliki ijin yang menghidangkan masakan ini. Jika Anda pernah mencoba restoran Jepang tertentu dan Anda menikmati pengalaman dan yang terpenting tidak bosan dengan sensasinya, Anda akan berpeluang untuk setia pada restoran ini meskipun Anda melihat menu yang sama di restoran lainnya. Anda masih akan “mempercayai” pengalaman makan Anda pada restoran dan koki terpercaya Anda.

Intinya: memilih strategi marketing sama seperti memilih produk terbaik untuk diri Anda sendiri. Sekarang, Anda bisa mengetahui bisnis Anda terlebih dahulu dan akan akan menemukan apa yang paling tepat untuk kampanye marekting Anda.

Oleh: Charen Smith
Sumber: http://EzineArticles.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com