Integrasi Marketing Online Dan Offline Untuk Usaha Kecil

Apakah bisnis Anda baru atau lama, online atau offline, marketing adalah hal yang penting. Tapi bisnis online bisa mengambil keuntungan dari marketing “offline” tradisional, seperti toko perangkat keras yang menggunakan internet untuk mempromosikannya. Dan menggunakan kedua media bersamaan bisa menghasilkan pengembalian yang lebih baik pada usaha Anda.

Tujuannya adalah mengupayakan kegiatan marketing untuk saling mendukung, bekerja bersamaan untuk mempromosikan bisnis Anda. Ada cara yang jelas untuk melakukannya, seperti mencantumkan URL atau nama domain Anda disetiap materi promosi yang Anda kirimkan,serta di kertas surat atau kartu bisnis Anda. Cantumkan di iklan Yellow Pages dan materi promosi. Tidak hanya untuk meningkatkan pengenalan nama website Anda, tapi juga akan memberikan tambahan cara untuk menghubungi Anda atau melakukan pembelian.
Tentu saja, Anda harus memastikan website Anda nampak profesional. Jika mengunjung melihat website Anda dan tidak bisa menemukan apa yang dibutuhkan, mereka akan pergi dan tidak pernah kembali. Seluruh informasi Anda harus up-to-date, mudah ditemukan, dan merefleksikan upaya marketing offline Anda.

Konsistensi dan keteguhan adalah kunci keberhasilan integrasi. Anda harus yakin bahwa baik online atau offline saling melengkapi dan tidak saling menjatuhkan. Misalnya jika Anda mengirim kartupos promosi untuk menghemat sejumlah pengeluaran, dan web site Anda tidak menampilkan promosi yang sama, Anda akan menciptakan kekecewaan pelanggan.

Anda juga harus memaparkan promosi offline dan online secara simultan. Anda bisa melakukannya dengan merencanakan tanggal tertentu untuk peluncuran promosi dan memastikan bahwa semuanya sudah siap sebelum harinya. Satu cara mudah untuk menggabungkan marketing Anda adalah dengan “menggoda” konsumen Anda dengan cetakan yang mengarahkan mereka pada website Anda untuk informasi lebih jauh.

Menawarkan kupon khusus di marketing offline Anda adalah cara yang baik agar banyak orang yang tertarik dengan website Anda dan meningkatkan penjualan pada saat yang bersamaan.

Marketing yang terintegrasi adalah cara dimana adan bisa mendapatkan banyak propaganda iklan, apakah Anda memasang ditelevisi yang mendorong orang mengunjungi site Anda, atau hanya sekedar mengirim surat. Dengan menggunakan teknik online dan offline secara bersamaan , Anda bisa meningkatkan keefektifan kedua metode tersebut.

Sumber: www.allbusiness.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com