Memasarkan Produk Promosi

Ada banyak keluhan terkait dengan pemasaran produk promosi. Banyak perusahaan yang menggunakan strategi marketing ini untuk meningkatkan penjualan dan menciptakan kesadaran brand. Ini membuat biaya periklanan menurun. Tapi apa yang membuat hadiah produk promosi menjadi opsi yang lebih baik dibandingkan iklan cetak atau TV?

Kekuatan Produk promosi

Mencapai target : dibandingkan dengan alternatif periklanan lainnya, produk promosi bekerja dengan baik saat target audien ditetapkan dengan jelas. Dalam mass media tradisional (iklan televisi, koran, majalah,dsb), target audien tidak spesifik. Tapi ini bukan untuk marketing promosi produk dan inilah mengapa produk promosi bisa mendapatkan respon lebih cepat dibandingkan alternatif iklan lainnya. Misalnya, jika seseorang ingin memasarkan minyak rambut untuk orang botak. Menyebarkan minyak rambut sebagai hadiah di pameran dan even lain akan menarik orang botak. Seseorang bisa mencatat detil kontaknya atau mengisi formulir untuk mengumpulkan informasi kontak. Dengan cara ini, database target yang spesifik sudah siap.

Dampak yang lebih besar: produk promosi membuat dampak yang besar di pikiran konsumen. Tidak seperti iklan TV yang lewat begitu saja, produk promosi akan diingat konsumen dengan waktu yang lebih lama. Misalnya, promosi baju. Orang yang berolah raga melakukan promosi dengan membawa nama perusahaan kemanapun mereka pergi. Sehingga produk promosi tidak bisa dikalahkan dibandingkan metode periklanan lainnya dalam hal dampak.

Fleksibilitas : Keuntungan lainnya dalam menggunakan produk promosi adalah fleksibilitas. Mereka bisa digunakan dibeberapa peluang apakah pada saat upacara, pameran, peluncuran produk atau pertemuan sales. Tidak hanya disebarkan di sejumlah acara, mereka bisa dihadiahkan ke orang lain seperti karyawan, pelanggan, klien, dsb.

Kustomisasi yang mudah : apapun acaranya atau siapapun penerimanya, produk promosi bisa dengan mudah disesuaikan. Ada beberapa perusahaan yang memproduksi produk promosinya sendiri. Klien bisa menghubungi perusahaan tersebut dan menyesuaikan produk promosi mereka seperti yang diinginkan . Misalnya, jika Anda memilih promosi baju, kemudian Anda bisa memilih warna, bahan, desain, dsb seperti pilihan Anda. Untuk acara lain, Anda bisa merubah warna atau menggantinya secara keseluruhan.

Bukan itu saja. Dengan menggunakan produk promosi akan membuat cukup ekonomis dibandingkan dengan keuntungan dan metode periklanan tradisional

Oleh: Richart Rick
Sumber: http://EzineArticles.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com