Memiliki Keunikan Adalah Hal Menarik

Para pengusaha baru sering mendengar masukan agar “memiliki keunikan” didalam marketingnya. Ide dasarnya adalah yang berharga – untuk mendapatkan perhatian dari pasar yang penuh sesak, dan Anda harus tetap bisa bertahan. Membedakan produk atau jasa Anda dari persaingan membuat marketing Anda menjadi lebih efektif.

Tidak ada pertanyaan bahwa elemen keunikan dalam marketing Anda bisa membuat bisnis Anda lebih diingat, kompetitif, dan khusus untuk sasaran audien Anda. Ini adalah alasan mengapa menjadi berbeda adalah hal yang baik. Tapi bagaimana sebaiknya Anda berbeda ?

Seorang siswa disalah satu kelas saya memperhatikan tidak ada iklan konsultan manajemen yang ditampilkan di Yellow Page lokal.”Peluang yang besar ,” pikirnya, “untuk membuat bisnis saya menonjol dihadapan prospek klien .” Dia menghabiskan lebih dari $200 perbulannya untuk iklan yang besar dan penuh selama setahun.

Dia telah menolak menanyakan pada kolega konsultannya MENGAPA tidak seorangpun dari mereka yang memasang iklan di Yellow Pages. Ini mungkin seperti ide yang bagus baginya, dan tidak seorangpun yang melakukannya. Apa yang tidak pernah terjadi padanya – dan apa yang telah diceritakan kolega yang telah berpengalaman padanya – adalah perusahaan tidak memilih konsultan manajemen dari iklan di buku telepon.

Terkadang Anda bisa menjadi terlalu unik untuk kebaikan diri Anda sendiri. Ada banyak kejadian di sales dan marketing yang dicoba dan benar. Jika Anda memutuskan untuk menempa jejak yang benar-benar baru, mungkin Anda akan tergoda melakukan eksperiman seperti yang dilakukan orang dibidang Anda dan tidak menghasilkan apapun .

Saya bertemu dengan seorang teman yang memiliki “proses unik” dalam membantu perusahaan menyelesaikan konflik antara kelompok karyawan. Ketika saya bertanya padanya untuk menjelaskan prosesnya, dia bilang saya harus memiliki pengalaman untuk memahaminya. Saya bertanya bagaimana dibandingkan solusi seperti mediasi atau team building, dan dia mengatakan bahwa ini adalah pendekatan yang sangat berbeda.

Karena saya tahu perusahaan yang membutuhkan bantuan masalah seperti yang dia jelaskan, saya ingin mereferensikannya. Tapi saya tidak bisa membayangkan diri saya menghubungi teman saya di perusahaan dan mengatakan, “Hi, saya tahu orang yang bisa memperbaiki masalah Anda, tapi tidak bisa menjelaskan bagaimana. Anda harus menyewa dan melihatnya.”

Menjadi perhatian dan berbeda dari pesaingan bisa membantu Anda menarik konsumen dan mendapatkan pembelian. Tapi dengan meng-klaim Anda tidak memiliki saingan adalah hal yang naif. Perbandingan dengan kuantitas yang dikenali bisa membantu konsumen prospek Anda memahami dimana produk atau jasa Anda sesuai dengan solusi yang mereka pertimbangkan. Jika mereka tidak bisa membandingkannya dengan apapun, maka meragukan jika mereka bisa melihat bagaimana penawaran Anda bekerja .

Market Anda juga, memerlukan sekelompok orang yang sudah ada dan telah teridentifikasi.Seorang pembaca pernah meminta masukan pada saya ketika akan meluncurkan buku barunya. Saya menanyakan kategori pasar yang dituju, dan dia menjawab belum memikirkannya.

Saya memberikan penekanan padanya, menjelaskan bahwa bukunya perlu dikategorikan agar bisa dipasarkan dan dijual. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti diletakkan di rak toko buku mana, tergantung pada kategori yang dimiliki di bagian belakang buku. Apakah pemulihan diri, spiritual, karir, bisnis? Siapa yang dia lihat sebagai audien bukunya?

Dia menyatakan dia sedang menciptakan paradigma baru, dan jika saya akan membantunya, saya harus berpikir lebih kreatif. Balasan saya adalah saya tidak bisa membantunya. Idenya memang cemerlang, tapi tidak ada penerbit yang mau menyentuh proyeknya.

Menciptakan persepsi bahwa produk atau jasa Anda adalah salah satunya bisa membantu Anda mendapatkan perhatian orang lain dan mengingat Anda. Tapi Anda harus bisa mengidentifikasi orang-orang yang ingin Anda raih dan mengkomunikasikan bagaimana Anda bisa memberikan layanan dengan kata-kata yang mereka pahami.

Anda tahu iklan mobil yang berbunyi , “Zoom, zoom, zoom?” Saya sudah melihat puluhan kali iklan tersebut sebelum saya bisa mengingat bahwa mobil yang diiklankan adalah Mazda. “Zoom” adalah unik bukan, tapi apa hubungannya dengan Mazda? Atau keuntungan memilikinya ? Slogan yang menarik seperti “Inspiration Beats Perspiration” mungkin terdengan cerdas dan tidak biasa, tapi apa hubungannya dengan marketing ?

Tentu saja carilah cara yang unuk untuk mengekspresikan keuntungan yang Anda tawarkan pada klien, tapi pastikan masih mengkomunikasikan apa yang sebenarnya Anda lakukan. Tidak masalah untuk kreatif dalam marketingAnda, tapi jangan mempertaruhkan uang untuk teknik yang belum dicoba.

Jika Anda ingin membuat marketing Anda lebih efektif, lebih murah dan tidak membuat Anda tertekan, berhenti memutar roda. Temukan model yang sesuai dan tiru. Saya tidak menyarankan Anda menjiplak marketing kompetitor, tapi ketika Anda melihat kesuksesan seseorang di bidang Anda, temukan bagaimana mereka melakukannya dengan benar dan ikuti langkahnya.

Jangan biarkan bisnis Anda menjadi korban “keunikan terminal” — keyakinan dimana anda begitu berbeda dari orang lain dimana tidak satupun aturan yang sesuai dengan Anda. Menjadi berbeda adalah hal yang baik; menjadi eksentrik bisa jadi tidak bijak.

Oleh: C.J. Hayden
Sumber: www.marketing.aboout.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com