Memasarkan Bisnis Di Facebook

Mungkin kita pernah menganggap bahwa Facebook adalah untuk remaja; Saya dulu juga berpikir demikian, tapi kini saatnya merubah pemikiran kita. Ada banyak perusahaan yang menggunakan Facebook untuk menjual dan mendapatkan kesuksesan.

Pertimbangkan statistik berikut yang ditunjukkan oleh O”Reilly Media. Antara September 2008 dan February 2009…Jumlah pengguna Facebook yang berusia:

* Antara 35 dan 44 tahun meningkat 51%
* 45-54 tahun tumbuh 47%
* 26-34 tahun meningkat 26%
* Lebih dari separo dai 140 juta pengguna Facebook adalah lulusan perguruan tinggi

Seperti yang Anda lihat, Facebook bukan lagi untuk mahasiswa. Mengapa menggunakan Facebook sebagai alat marketing? Jawabannya mudah;Anda bisa menggunakan Facebook untuk mendapatkan klien baru, berhubungan dengan klien dan mempromosikan produk baru dan menawarkan penjualan.

Bagaimana melakukannya? Facebook menawarkan banyak cara, agar bisa berhasil dalam bisnis Anda harus memahami sarana ini. Dalam artikel ini kita akan melihat dua hal yang khusus :

* Facebook Pages
* Facebook Groups

Facebook Pages

Facebook menawarkan Anda Facebook Pages. Apa maksudnya? Anda bisa menggunakan Facebook Pages untuk membuat dan memberikan profil bisnis anda di Facebook; hal baiknya adalah fasilitas tersebut gratis. Halaman ini memberikan identitas bisnis Anda di Facebook yang memperkuat brand Anda. Pelanggan atau potensi pelanggan bisa menjadi fans dan akan membuat mereka mengikuti Anda dan menerima update yang anda posting.

Hal lainnya tentang Facebook Pages adalah setiap saat seseorang menjadi fan Anda, maka semua teman-temannya akan menjadi “fan” juga. Ini yang akan menarik pengikut lainnya serta menciptakan lonjakan pada bisnis Anda serta Facebook Page.

Anda bisa menggunakan Facebook Page tidak hanya untuk membagi informasi perusahaan, tapi juga bisa menggunakannya untuk memposting foto, video, aplikasi, dan pesan. Aktifitas apapun yang anda tampilkan pada Facebook Page kemudian disebarkan kedalam mini-feeds pengikut Anda.

Ketika membuat Facebook Page, ada hal-hal yang harus anda ingat. Anda diberi tiga pilihan kapan akan memulainya. Anda akan ditanya apakah halaman Anda :
o A Local Business – bisnis lokal
o A Brand or a Product – brand atau produk
o An Artist, Band or a Public Figure – artis, band, atau tokoh

Mana yang harus dipilih ? Pertanyaan yang baik. Ini tergantung dari apa yang ingin Anda promosikan. Apakah ingin mempromosikan bisnis secara lokal, Anda ingin mempromosikan merek atau produk, atau apakah Anda bekerja untuk mempromosikan artis, band atau public figure?

Masing-masing kategori ini akan memberikan Anda peluang untuk menyelesaikan “informasi dasar”, “informasi detail” atau ” informasi kontak Anda”. Masing-masing opsi akan memberikan halaman dimana Anda bisa menunjukkan informasi Anda. Ini penting karena Anda tidak bisa mengedit halaman ketika memilih, dan juga ingat ketika Anda memilih maka halaman akan dikategorikan dengan halaman dengan kategori yang serupa; inilah sebabnya Anda harus yakin sebelum memilih kategori yang akan ditampilkan.

Facebook Page Anda, jika selesai bisa digunakan untuk membawa pelanggan baru serta membantu Anda memelihara hubungan dengan pelanggan yang ada.

Facebook Groups

Facebook Groups, seperti halnya di Facebook Pages, perbedaannya adalah mereka dibangun dalam sekelompok orang dibandingkan bisnis atau merek Anda. Anda harus menjadi anggota Facebook untuk membuat Facebook Group. Untuk membuat group,login ke Facebook dan kemudian klik link Group di menu di sebelah kiri halaman.
Anda bisa menggunakan Facebook Groups untuk menciptakan awareness, tapi mereka tidak memiliki fitur yang memungkinkan user menjadi fans, mereka hanya menjadi anggota. Kekurangannya tidak akan membagi informasi sebanyak dengan teman anggota “kelompok” ketika mereka berinteraksi dengan group.

Mana yang paling tepat ?

Pertanyaan yang paling saya dengar ketika memasarkan di Facebook adalah “Apakah saya memerlukan page atau kelompok ?” Jawabannya tergantung pada tujuan yang ingin Anda capai dengan memasarkan di Facebook. Kenyataannya adalah Anda akan mendapatkan lebih banyak exposure dari Facebook Page, karena bisa dilihat user yang tidak terdaftar, tapi group page hanya bisa dilihat oleh user Facebook yang terdaftar.

Sekarang, fitur tersebut akan mempermudah Anda dalam memutuskan, benarkah? Salah. Anda juga harus mempertimbangkan ketika mengirim pesan ke anggota Facebook Page, mereka hanya akan menerima pemberitahuan update, tapi jika anda mengirim pesan ke Facebook Group mereka akan menerima pesan melalui inbox Facebook. Jika tujuan Anda untuk berkomunikasi dengan cara yang personal, pilihan Facebook Group adalah pilihan yang lebih baik.

Oleh: Laura Lake
Sumber: www.marketing.about.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.Com