Memimpin Untuk Menang

Kepemimpinan nampaknya menjadi isu yang hot akhir-akhir ini. Ada banyak buku dan artikel yang terbit dari waktu ke waktu. Ada berbagai program, pelatihan dan pendidikan berkelanjutan yang ditujuan untuk mengembangkan pemimpin yang menonjol. Tidak diragukan, kita memerlukan pemimpin yang baik yang bisa membawa orang menyelesaikan hal-hal besar melalui semangat kerjasama dan teamwork.

Pemimpin yang luar biasa menginspirasi orang untuk memberikan upaya terbaiknya. Tidak cukup bagi seorang pemimpin hanya sekedar produktif dan menjadi manajer disaat yang tepat, meski ketrampilan ini sangat penting dan diperlukan. Pemimpin yang bisa menghubungkan orang dengan cara yang demikian seperti menginspirasi mereka menemukan bahwa karyawan ingin dilibatkan dan membuat kontribusi terbaik untuk kesuksesan organisasi.

Riset menunjukkan bahwa orang yang terinspirasi akan memberikan upaya terbaiknya, lebih puas dengan pekerjaan mereka, dan menjadi lebih inovatif dan produktif yang menghasilkan peningkatan profit, efisiensi dan efektivitas. Apakah Anda seorang pemimpin yang memberikan inspirasi terbaik bagi orang lain ?

Tips memimpin untuk menang

1. Tentukan agenda yang jelas. Organisasi berjalan lebih mulus, cepat dan lebih baik ketika semua orang memiliki visi yang sama. Pastikan bahwa harapan, tujuan dan sasaran dikomunikasikan dengan jelas dan dipahami oleh semua yang terlibat. Tanyakan pada diri Anda : Apakah rencana permainan saya didefinisikan dengan jelas, dikomunikasikan dan dipahami tim saya?

2. Membuat keputusan di saat yang tepat . Pemimpin dihadapkan pada berbagai keputusan yang beragam setiap harinya. Bahkan banyak keputusan yang harus diambil dalam situasi yang tertekan. Pertimbangkan opsi Anda dan pilihlah arah dengan sikap yang tepat. Tanyakan diri Anda : Apakah saya sudah membuat keputusan disaat yang tepat ?

3. Antusias! Biarkan tim Anda tahu bahwa Anda antusias dengan pekerjaan Anda atau karena peran Anda selaku leader. Orang akan merespon dengan lebih terbuka pada orang yang memiliki hasrat dan dedikasi. Tanyakan diri Anda: Apakah saya orangnya antusias ? Apakah terlihat demikian?

Oleh: Pat Morgan
Sumber: www.SmoothSailingSuccess.com
Diterjemahkan oleh: Iin- Tim Pengusaha Muslim.com