Mengapa Anda Harus Menjadi Bos Yang Baik?

Jika Anda seorang pengusaha atau eksektutif dengan lima atau lebih bawahan, Anda memiliki kebutuhan khusus. Anda harus bisa mendelegasikan dengan efektif, mengembangkan orang-orang Anda sehingga mereka bisa menangani beberapa tanggungjawab Anda dan menjadi super efisien dengan waktu Anda , sehingga Anda bisa menikmati waktu bersama keluarga dan kehidupan Anda.

Jika Anda tidak memiliki keterampilan ini, bisnis impian Anda akan menjadi mimpi buruk.

Pengusaha yang sukses adalah mereka dengan bisnis yang menopang gaya hidup yang diinigninkan, tahu rahasia menjadi bos yang baik. Pertama dan terpenting, mereka memutuskan aktivitas mana yang harus mereka kerjakan. Yang lainnya bisa didelegasikan. Jika Anda takut orang lain tidak bisa melakukannya dengan benar, Anda harus segera mengatasinya. Jika tidak maka akan mengacaukan diri dan jadwal rutinitas yang telah Anda tetapkan.

Selanjutnya, Anda harus memilih bawahan yang bisa Anda percaya dan melakukan tugasnya dengan baik. Mulai dengan mendelegasikan tugas yang tidak terlalu penting. Luangkan waktu untuk melatih mereka untuk melakukan tugas yang levelnya lebih tinggi.

Mungkin Anda mengeluhkan hal ini menghabiskan banyak waktu. Jika waktu adalah uang, maka setiap penny adalah kebijakan dan pound adalah kebodohan. Menginvestasikan waktu untuk mengembangkan orang-orang baru akan menghemat banyak waktu di masa datang.

Banyak pengusaha yang kesal jika perintah mereka disalahartikan. Seorang pemilik toko sepeda menyuruh bawahannya meletakkan sepeda merk terbaru dan paling laris di etalase setelah sepeda diterima. Pemilik pulang kerumah untuk menikmati waktu sore hari bersama keluarga. Saat kembali ke toko, dia berharap melihat sepeda yang cantik dan mengkilat di etalase tokonya. Dia terkejut saat melihat kotak yang didalamnya masih ada sepedanya terpajang di etalase toko.

Dia mengabaikan aturan cardinal delegasi. Selalu berikan deskripsi apa yang ingin bawahan lakukan. Sekali lagi ini memerlukan sedikit waktu, tapi memberikan Anda hasil yang jauh lebih memuaskan. Serta menghemat banyak waktu Anda.

Kunci untuk membantu orang-orang Anda tumbuh menjadi efisien, bisa diandalkan dan loyal adalah dengan mendapatkan masukan dari mereka. Libatkan mereka dalam proses memecahkan masalah. Mintalah saran mereka. Bagaimana mereka melihat diri mereka sendiri memenuhi tugasnya ? Anda akan membantu mereka untuk berpikir lebih baik. Juga, jika mereka terlibat dalam proses, mereka akan lebih termotivasi untuk berhasil .

Seorang bos yang bijak akan mendengarkan saran bawahannya. Dia akan mengijinkan bawahannya untuk melakukan hal yang menurut mereka feasible. Mungkin Anda memiliki cara yang lebih baik dalam menyelesaikan tugas. Bagilah hal ini dengan bawahan dan biarkan mereka memutuskan apa yang akan dilakukan. Bawahan Anda akan memiliki investasi yang lebih besar pada ide-idenya. Mereka akan bekerja lebih keras untuk membuktikan bahwa mereka benar. Ide keseluruhannya adalah mendampingi menciptakan solusi dengan bawahan Anda. Terkadang bawahan Anda datang dengan ide yang lebih baik daripada Anda.

Ikuti tahapan-tahapan ini dan Anda akan memaksimalkan bakat orang-orang Anda. Mereka akan lebih termotivasi dan produktif.

Anda akan menjadi bos yang baik yang memiliki banyak waktu untuk menikmati bisnis, keluarga, dan kehidupan pribadi.

Oleh: Stan Mann, C.P.C
Sumber: www.stanmann.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com