Kunci Keberhasilan Kepemimpinan

Apakah pemimpin itu dilahirkan atau diciptakan ? Pandangan kuno menyatakan bahwa pemimpin itu dilahirkan. Saya sendiri kurang sependapat. Siapapun bisa belajar menjadi seorang pemimpin, dan bahkan menjadi pemimpin yang sukses. Ini adalah kunci pembelajaran. Kepemimpinan adalah sebuah proses, yang membutuhkan pembelajaran dan pemahaman.

Pernahkan Anda bertanya apa perbedaan antara pemimpin di network marketing dan orang yang berjuang setiap hari ? Mereka memiliki pemahaman, dimana, agar sukses Anda harus mengambil apa yang telah diberikan hari pada Anda dan mempelajarinya serta berkembang. Menjadi seorang pemimpin mengharuskan Anda untuk tidak pernah berhenti belajar. Saya selalu yakin, hari dimana Anda berhenti belajar adalah hari dimana Anda berhenti hidup. Dalam bisnis, hari dimana Anda berhenti belajar adalah hari dimana bisnis Anda berhenti tumbuh.

Kepemimpinan Bisnis
Pertama, Anda harus memahami perbedaan antara manajemen dan kepemimpinan. Manajemen mengendalikan dan mengarahkan orang serta sumber yang sudah menggunakan panduan yang telah ditetapkan. Sedangkan kepemimpinan adalah dimana Anda men-set arah baru dan menciptakan visi baru untuk kelompok. Perbedaan inilah yang sering menyesatkan. Lihatlah bisnis Anda, apakah Anda memberikan orang dibawah Anda informasi yang sama seperti yang diberikan kepada Anda ketika memulai usaha atau Andalah yang mencari cara untuk meningkatkan bisnis, tidak hanya diri Anda tapi juga orang -orang dibawah Anda. Pemimpin usaha yang sukses adalah seseorang yang terus-meneris mencari jalan untuk meningkatkan dan menumbuhkan dan mengajar pengikutnya dengan cara yang sama.

Proses pembelajaran terhadap kepemimpinan bisnis berarti Anda menggunakan waktu agar lebih familiar terhadap teori-teori kepemimpinan yang berbeda. Praktekkan ketrampilan Anda dalam kegiatan sehari-hari. Keluarga, teman, rekan, tetangga, akan melihat Anda melalui tindakan kepemimpinan yang Anda tunjukkan ketika berinteraksi dengan mereka. Bagaimana Anda menjalani kehidupan Anda, organisasi dan perhatian atas tanggung-jawab yang Anda pikul. Menjadi pemimpin yang berhasil bagi diri Anda membuktikan bahwa Anda bisa menjadi pemimpin bisnis yang sukses.

Belajar merupakan hal yang sangat penting.
Survey demi survey menunjukkan bahwa setidaknya 92% menunjukkan belajar adalah menyenangkan dan membangun kepercayaan diri. Mempelajari hal baru dan menguasainya memberikan Anda rasa pemenuhan dan memiliki tujuan. Di abad sebelumnya kita telah mengalami kemajuan dari Era Industrial menuju Era Informasi dan kini mengarah ke Era Pengetahuan. Maka penting untuk bisa mendapatkan, mengasimilasi dan menerapkan pengetahuan, pengetahuan yang tepat dengan efektif di seratus tahun berikutnya. Keberhasilan seseorang tidak hanya dinilai dari apa yang sudah mereka kerjakan tapi juga apa yang bisa mereka lakukan. Bagaimana orang tersebut berkeinginan untuk belajar dan beradaptasi di masa datang.

Belajar adalah kunci untuk mencapai potensi secara penuh. Memiliki kekuatan untuk mentransform kita, membuat kita lebih berhasil di rumah, tempat kerja dan dalam komunitas kita. Belajar membantu kita menemukan solusi baru atas masalah kita dan merubahnya tidak hanya untuk sikap kita saja tapi juga orang-orang disekitar kita.

Cara untuk Belajar
Telah terbukti secara ilmiah bahwa orang belajar dengan cara yag berbeda-beda. Dengan memahami bagaimana Anda belajar merupakan kunci membuat belajar menjadi menyenangkan. Ada orang yang bisa menyerap materi belajar dengan cepat melalui membaca. Jika Anda salah satu orang yang demikian, maka bacalah buku-buku mengenai kepemimpinan, filosofi, psikologi, dan pemimpin terkemuka. Belajar memahami orang lain dan diri Anda sendiri penting untuk menjadikannya pemimpin yang sukses. Beberapa orang belajar dengan mendengarkan, jadi gunakan teknologi untuk membantu Anda. Ada buku-buku dalam CD dan audio, bahkan Anda bisa mendownloadnya ke iPod atau MP3 player. Sebagian orang belajar melalui tindakan, sehingga mereka mendapatkan ide dan kemudian mencobanya, mempraktekkan dan menyempurnakannya. Mungkin Anda salah satu dari mereka yang bisa belajar dengan lebih baik dengan mengkombinasikan teknik yang berbeda. Tidak ada cara yang tepat untuk belajar, dan hanya orang-orang yang tidak bisa belajar yang tidak menginginkannya.

Memimpin melalui pembelajaran

Orang harus yakin jika mereka bisa mencapai sesuatu yang nampaknya diluar jangkauannya. Jadi dengan menawarkan lingkungan yang mendukung dan mendorong membantu meningkatkan keinginan untuk mencoba. Merupakan hal yang indah jika bisa menjadi pemimpin yang terus-menerus mendorong dan menemukan cara baru untuk peningkatan, tapi Anda juga harus menawarkan peluang-peluang tersebut pada orang-orang yang Anda pimpin.

Pengulangan juga penting dalam memimpin melalui belajar. Kesempatan seseorang mempertahankan konsep telah dikenalkan pada mereka akan meningkat dengan tajam ketika mereka mendapatkan banyak dorongan. So, jangan hanya menunjukkan pada mereka hanya pada hari Senin dan menganggap mereka bisa melakukannya di keesokan harinya. Kurang dari 2% orang yang bisa mengingat dan menggunakan konsep. Orang harus didorong untuk melakukan sebuah konsep sebanyak 6 kali dalam seminggu. Kemudian mereka bisa mempertahankannya selama 15 tahun. Bagaimana saya bisa membuktikan ini, lihat iklan TV – siapa yang tidak ingat iklan yang ditayangkan di TV?. Pengulangan, pengulangan, pengulangan adalah kunci sukses.

Agar menjadi pemimpin sukses, Anda harus bisa menjadi pembelajar seumur hidup. Kepemimpinan tidak hanya diterapkan dalam kehidupan profesional, tapi juga kehidupan pribadi. Dari cara kita menangani situasi di tempat kerja sampai cara kita berinteraksi dengan orang lain di kehidupan kita. Menjadi seorang pemimpin bukanlah sesuatu yang Anda kerjakan, tapi sesuatu yang ada di diri Anda.

Oleh: Kevin Sinclair
Sumber: http://www.leadershiparticles.net
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com