Tantangan Kepemimpinan Di Pasar Global

Kepemimpinan di pasar yang kompetitif merupakan tantangan besar. Anda harus senantiasa mencari tren kritikal berikutnya, sementara juga harus memperhatikan saat dimana Anda berada. Tantangan semakin meningkat ketika pasar Anda tidak hanya kompetitif, tapi juga menglobal.

Menghadapi Perbedaan Kultur
Banyak pemimpin yang berjuang keras menghadapi perbedaan kultur dengan tenaga kerja yang global. Ketika perusahaan kian berkembang dan mengambil peluang di negara lain, para pemimpin perusahan tersebut harus menjaga profitability dan competitive edge mereka saat memahami dan mengakomodasi perbedaan kultur.

Cara yang paling populer menghadapi perbedaan kultur adalah dengan mengirim para manajer dan pemimpin perusahaan untuk rotasi kerja di negara dimana tenaga kerja berada. Ini adalah pengalaman yang membuka mata pemimpin dan karyawan untuk meluangkan waktu lebih banyak untuk saling mengenal dan belajar bekerja dengan efektif bersama-sama.

Ketika mengirimkan eksekutif ke luar negeri dalam waktu yang lama tidak lagi visible, maka pilihan yang sering diambil adalah memberikan pelatihan dan pendidikan. Perusahaan memerlukan waktu yang panjang untuk membantu manager dan eksekutif merasa nyaman dengan kultur lain, termasuk didalamnya membawa native speaker, mengajar bahasa asing , pengenalan budaya, dan jenis pendidikan lainnya.

Mendorong Adanya Perbedaan
Ketika ekonomi kian tumbuh dan berkembang, tempat kerja menjadi kian beragam . Ini mewakili para manajer dan pemimpin saat mencoba membawa tim yang berbeda-beda untuk bekerja sama. Perubahan sulit dilakukan bagi setiap orang, dan merubah kedalam kelompok yang berbeda-beda adalah hal yang berat bagi sebagian orang.

Sebagai seorang leader, Anda bisa menghadapi tantangan ini dengan mendidik dan melatih tim Anda untuk bekerja sama dan saling belajar. Ini bisa dilakukan dalam kegiatan pembentukan tim yang formal, atau dengan cara yang lebih personal sebagai bagian dari supervisi dan pelatihan sehari-hari. Dengan menggabungkan kedua metode tersebut akan menjadi lebih efektif.

Batasan Teknologi
Teknologi adalah yang memungkinkan pasar global berkembang, dan merupakan alat yang luar biasa untuk melakukan bisnis di hampir diseluruh penjuru dunia. Namun tidak ada yang bisa menggantikan interaksi face to face dan waktu yang dikeluarkan untuk bekerja sama secara dekat.

Peran Anda sebagai pemimpin adalah mengambil keuntungan dari ketersediaan teknologi ini, seperti internet, konferensi web, dan telekomunikasi, ketika memahami dan mengatasi batasan-batasan teknologi. Misalnya, jika karyawan Anda tersebar di berbagai tempat, jangan hanya mengandalkan satelit atau koneksi internet saja untuk berinteraksi dengan karyawan. Luangkan waktu dan upayakan untuk melakukan perjalanan ke tempat dimana mereka bertugas sehingga Anda bisa bertemu mereka, mendengarkan, dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar ada dan sangat peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Pilihan lainnya adalah mengatur pertukaran kerja diantara kelompok kerja yang berbeda. Kirim sekelompok kecil karyawan dari satu lokasi ke lokasi lain selama beberapa hari, dan kemudian ulangi proses ini. Tim Anda akan menghargai peluang untuk memperluas wawasan dan hubungan personal yang terjadi pada saat perjalanan sehingga menciptakan peningkatan kinerja.

Ringkasan
Menjadi pemimpin yang efektif di pasar global adalah hal yang menantang, bukannya tidak mungkin dilakukan. Anda bisa meningkatkan efektifitas Anda dengan belajar bagaimana menangani isu tertentu terkait dengan pasar global.
Pendidikan, pelatihan, mentoring, coaching dan pembelajaran yang berkelanjutan adalah cara yang tepat untuk menghadapi tantangan yang kian meningkat.

Oleh: Susan west
Sumber: www.TheLeadershipResource.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com