Bagaimana Menjadi Pemimpin Bisnis Sejati?

Adakah yang lebih buruk daripada memiliki bisnis yang justru menjadi bom – bisnis, dimana Anda kehilangan uang, tidak menghasilkan keuntungan, bahkan membuat Anda bangkrut ? Ada yang lebih buruk dibandingkan tidak menghasilkan keuntungan seperti yang Anda harapkan, dan itu adalah memiliki usaha yang nampaknya kuat, tapi perlahan-lahan kehilangan konsumen dikarenakan attitude bisnis Anda tidak baik ! Jika Anda menjalankan bisnis, baik online atau offline, dan Anda ingin menarik pelanggan baru dan membuat mereka terus datang kepada Anda, ada beberapa kualitas penting yang harus Anda miliki. Jika tidak, Anda harus mulai membangunnya dari sekarang !

Pertama, saya ingin membicarakan masalah KEJUJURAN . Jika Anda ingin mengorbankan bisnis dan reputasi dengan membuat bisnis yang membohongi orang lain, maka orang akan cepat kehilangan kepercayaan kepada Anda dan apa yang Anda tawarkan. Anda akan kehilangan bisnis selamanya, dan pembicaraan mengenai bisnis Anda akan cepat tersebar . Jika ada satu kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis yang baik adalah, jujur pada pelanggan, prospek dan tentu saja dengan rekan bisnisnya. Jikalau demikian, jangan merendahkan orang lain untuk hal yang Anda ketahui maupun tidak, jangan berpura-pura Anda menguasai hal tertentu padahal seseungguhnya tidak, dan memberikan janji yang tidak bisa Anda penuhi. Saat konsumen mencari produk atau jasa , mereka akan mencari sumber yang bisa dipercaya, dan kepercayaan berasal dari hubungan yang dibangun dari waktu ke waktu, dan berbuat jujur. Ini adalah satu-satunya jalan agar bisnis Anda tumbuh dan menjadi pemenang.

Berbicara mengenai kepercayaan, tidak bisa dilepaskan dari INTEGRITAS. Ini berarti Anda melakukan apa yang Anda katakan dan bertindak berdasarkan nilai-nilai fundamental Anda. Ketika Anda gagal melakukannya, Anda gagal memelihara kontak bisnis dan pelanggan.

Menjadi seorang pebisnis yang baik berarti Anda seorang LEADER yang memiliki prinsip, seperti kejujuran dan integritas. Inti dari permainan ini adalah bukan semata-mata menghasilkan uang. Setiap orang ingin menghasilkkan uang dan meraih kesuksesan, tapi tujuan yang harus digaris bawahi dalam memiliki usaha adalah Anda ingin melayani orang lain – tanyakan pada diri Anda apa yang bisa Anda lakukan untuk konsumen atau tim. Menjadi seorang pemimpin berarti ada didekat mereka sebagai network pendukung, menjadi generator ide, pengambil perintah, guru, atau seorang mentor, dan percaya pada mereka dan apa yang mereka lakukan.
Tentu saja ini mengharuskan Anda memiliki latar belakang dan pemahaman yang baik terhadap bisnis Anda, dan ini berarti Anda percaya pada PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL. Bisnis Anda akan segera menjadi stagnan jika Anda tidak terus-menerus mempelajari hal baru, dan mengupdate dasar pengetahuan. Anda harus terus belajar, terutama teknologi baru yang terus berkembang setiap harinya, sehingga Anda bisa memberikan masukan berita terbaru dan perubahan yang terjadi pada konsumen Anda.

Semua ini adalah bagian dari memberikan LAYANAN yang baik untuk konsumen Anda. Jika Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka, dan dengan jumlah waktu yang bisa diterima serta dengan sikap yan baik, maka bersiap-siaplah Anda ditinggalkan konsumen!

Anda harus memiliki SIKAP POSITIF, energi, kreatifias, rasa humor dan petualangan yang membawa Anda ke seluk beluk bisnis. Sikap negatif hanya akan merugikan diri dan bisnis Anda, serta akan mengakibatkan kegagalan saat segala sesuatunya menjadi kian berat.

Sesuatu yang mencegah sikap “Saya menyerah” adalah menjaga KESEIMBANGAN hidup Anda – secara fisik, intelektual, emosional dan spiritual. Seorang leader yang baik bisa melihat perspektif yang berbeda dan melakukan banyak hal yang berbeda untuk menjaga kesimbangan dan harmoni.

Terakhir, pemimpin sejati selalu ingin BEKERJA DENGAN ORANG LAIN, berkomunikasi untuk memecahkan masalah, berbagi ide-ide baru atau, memberikan penghematan waktu dan memberikan cara yang menguntungkan dari bekerja sama atas proyek bisnis atau joint venture.

Oleh: Liane Bate
Sumber : http://www.leadershiparticles.net
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com