Tip Menjadi Seorang Pemimpin

Saat Anda di tempat kerja, apakah Anda kesal karena segala sesuatunya tidak berjalan dengan mulus? Anda melihat orang berlalu-lalang tapi tidak satupun pekerjaan yang terselesaikan.

Dan dalam kepadatan hari Anda, apakah Anda merasa sasaran tinggal sasaran ? Mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk memegang kendali dan melakukan sesuatu.

Kebanyakan orang hanya menunggu perintah diberikan pada mereka. Dan bukan hal yang luar biasa untuk menjiplak mental “mengikuti-pemimpin”. Tapi mungkin , disuatu tempat dalam diri Anda, Anda memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu – menjadi kepala, bukan ekor. Maka kepemimpinan adalah yang Anda butuhkan,

Banyak orang yang percaya bahwa pemimpin besar itu dibuat, bukan dilahirkan. Ya, mungkin ada benarnya bahwa beberapa orang terlahir dengan bakat alami. Namun, tanpa praktek, dorongan, antusiasme, dan pengalaman, tidak ada pengembangan dalam kepemimpinan. Bakat mereka akan sia-sia.

Pemimpin yang baik akan terus-menerus bekerja dan belajar untuk meningkatkan ketrampilannya, apakah itu yang alami atau dipelajari . Ini memerlukan komitmen untuk terus meningkatkan apa yang sudah menjadi pilihannya.

Pengembangan pribadi adalah bagian besar untuk menjadi pemimpin yang baik. Anda harus terjun kedalam beberapa bentuk pengembangan pribadi SETIAP HARI! Anda harus membaca atau mendengarakan, buku atau kaset pengembangan diri atau kepemimpinan setiap pagi sebelum memulai hari Anda. Setiap pagi Anda harus membaca atau mendengarkan pelajaran pengembangan diri. Waktu 10-15 menit yang Anda gunakan setiap harinya akan mengubah hidup Anda ! Akan membuat Anda termotivasi dan memulai hari Anda dengan awal yang mencengangkan !

Sekarang, mari kita definisikan kepemimpinan. Untuk menjadi seorang pemimpin, Anda harus mampu mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk mencapai sasaran atau tujuan. Seorang pemimpin memberikan kontribusi bagi organisasi.

Sebaliknya, dari apa yang kebanyakan diyakini orang, kepemimpinan bukanlah tentang power. Sayangnya, terlalu banyak orang yang menganggap demikian dan membiarkan “power” menuju kepala mereka. Sehingga berakhir dengan diremehkannya mereka daripada dijadikan panutan kelompok. Menjadi seorang pemimpin tidak melecehkan orang lain atau mendorong mereka dengan tekanan agar mereka takut. Tapi mendorong mereka menuju tujuan organisasi. Yaitu dengan menempatkan semua orang pada tempat yang sama dan membantunya melihat gambaran besar perusahaan. Anda harus menjadi seorang pemimpin, bukan boss.

Untuk memulainya, Anda harus membuat orang mengikuti Anda. Bagaimana melakukannya ?

Orang akan mengikuti orang lain jika mereka melihat tujuan yang jelas. Memiliki “visi” yang sama dengan pemimpin. Orang hanya mau mengikuti Anda jika mereka tahu kemana arah tujuan Anda. Ingat stiker bumper mobil? Yang mengatakan, “jangan ikuti saya, saya juga tersesat ?” Sama halnya dengan kepemimpinan. Jika Anda tidak tahu kemana tujuan Anda, maka orang lain tidak akan mengikuti Anda.

Anda harus tahu visi organisasi. Dengan hirarki yang jelas, mengetahui siapa bosnya, siapa yang diajak bicara, sasaran dan tujuan organisasi, dan cara kerja organisasi adalah hal penting yang menunjukkan pada orang lain bahwa Anda tahu apa yang harus dilakukan. Jika mereka merasakan Anda tahu apa yang Anda kerjakan dan kemana tujuan Anda, mereka akan mengikuti Anda tanpa ragu.

Menjadi seorang pemimpin bukanlah semata-mata Anda bisa menyuruh orang lain. Tapi siapa diri Anda, apa yang Anda tahu, dan apa yang Anda lakukan. Anda merupakan cerminan seperti apa bawahan Anda seharusnya. Mereka akan meniru tindakan pemimpinnya.

Banyak studi yang telah menunjukkan bahwa dasar kepemimpinan yang baik adalah kepercayaan dan keyakinan bawahan terhadap Anda. Jika mereka mempercayai Anda, mereka akan setia pada Anda, dan organisasi.

Kepercayaan dan keyakinan dibangun atas hubungan yang baik, layak dipercaya dan etika yang tinggi. Cara Anda menangani orang, dan hubungan yang Anda bangun, merupakan pondasi bagi kekuatan kelompok.
Semakin kuat hubungan Anda, semakin kuat kepercayaan dan keyakinan mereka terhadap kemampuan Anda , dan semakin besar bantuan yang mereka berikan untuk mencapai sasaran.

Ketika Anda sudah mendapatkan kepercayaan dan keyakinan mereka, Anda bisa mengkomunikasikan tujuan dan sasaran yang Anda kerjakan. Komunikasi adalah kunci terpenting dalam kepemimpinan yang baik. Tanpanya Anda tidak bisa menjadi pemimpin yang baik. Pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki harus ditularkan ke orang lain. Anda harus bisa menilai situasi, mempertimbangkan pro dan kontra dari setiap keputusan dan secara aktif mencari solusi. Ini adalah penilaian yang akan diandalkan oleh bawahan Anda . Maka, pengambilan keputusan yang baik adalah hal vital dalam keberhasilan organisasi Anda.

Pemimpin bukanlah jagoan yang bisa melakukan semuanya. Anda tidak harus mengklaim Anda tahu semuanya, dan tidak seharusnya hanya mengandalkan ketrampilan diri Anda. Anda harus mengenali dan mengambil keuntungan dari ketrampilan dan bakat yang dimiliki bawahan. Dengan menyadari hal ini Anda akan bisa bekerja sebagai unit yang solid.

Ingatlah, menjadi seorang pemimpin memerlukan kerja dan waktu. Tidak bisa dipelajari dalam sekejap, ini merupakan proses yang berkelanjutan. Juga, bukan semata-mata tentang Anda. Tapi diri Anda, orang-orang disekitar Anda serta sasaran yang ingin Anda capai.

Apakah anda memiliki dorongan dan keinginan yang diperlukan dalam memimpin ? Apakah Anda ingin bekerja sama dengan orang lain ? Maka mulai dari sekarang. Ambil langkah Anda dan mulai menjadi pemimpin yang baik. Hanya dengan mengklaim diri Anda sebagai pemimpin tidaklah cukup, Anda harus MENJADI seorang pemimpin yang baik dan kuat.

Oleh: Lou dan Robin Bonaventura
Sumber: http://www.leadershiparticles.net
Diterjemahkan oleh: Iin- Tim Pengusaha Muslim.com