Apakah Kreativitas Itu?

Thomas Edison: ” Kreativitas adalah 99% kerja keras dan 1% inspirasi .” Banyak orang yang memiliki ide yang salah atas kreativitas. Orang menganggap seniman itu kreatif karena mereka adalah pekerja seni dan karena bidang yang mereka geluti, dan ini sama sekali tidak benar ! Orang melihat seniman sebagai orang yang kreatif karena mereka memiliki kebiasaan kreatif, tapi bukan bidang yang mereka geluti yang menjadikannya kreatif. Pergeseran yang diperlukan bukanlah apa yang Anda pikirkan, tapi bagaimana Anda berpikir.

Kreativitas tidak terjadi dalam kekosongan. Biasanya didorong oleh sesuatu yang sudah ada dan sudah ada dalam kepala Anda atau sudah digunakan di sebuah pasar. Disanalah biasanya ide kreatif itu muncul. Meningkatkan sesuatu yang sudah ada adalah bentuk kreativitas. Definisi yang menakjubkn bukan? Brian Tracy, seorang penulis keberhasilan personal dan bisnis yang terkemuka, menyatakan bahwa kreativitas adalah semata-mata peningkatan. Dia juga meyakini bahwa peningkatan hanya memerlukan 10% dari langkah baru. Pikirkan hal itu. Ambil sesuatu yang sudah ada, ubahlah 10% dan Anda akan mendapatkan ide bisnis yang cemerlang. Inilah dasar yang akan saya katakan. Banyak keuntungan yang bermula dari ide untuk sebuah peningkatan. Misalnya bohlam yang ditemukan oleh Thomas Edison. Dia tidak menciptakan ide. Dia hanya mengembangkan ide yang sudah ada selama 50 tahun yang lalu. Bayangkan ! Orang berupaya keras melakukannya selama piuluhan tahun, dan dia muncul dan membuat perubahan yang menakjubakan yang membuatnya menjadi terkenal dan mengubah kehidupan kita.

Banyak yang mengatakan bahwa tiga dari empat orang memikirkan ide bagus ketika mereka sedang berkomunikasi atau sedang dalam kelompok, ide yang bisa menjadi sebuah bisnis besar. Bukankah hal yang luar biasa ?! Mereka tidak hanya terjadi begitu saja karena mereka tidak percaya bahwa idenya cukup bagus. Kreativitas tidak terjadi dalam kekosongan, dan kreatifitas menjadi visible dengan melakukan tindakan.

Kesalahan pandangan lainnya adalah kreatifviats merupakan inspirasi sesaat. Ini adalah keyakinan yang sangat umum. Ini sesungguhnya adalah sekumpulan informasi, dan berkumpul didalam otak Anda. Anda menghabiskan waktu dengan mengolah informasi disekitar Anda. Informasi melalui alir proses dalam pemikiran Anda . Kilasan inspirasi seperti sesuatu yang muncul dalam momen tertentu , padahal sesungguhnya telah diolah dalam inkubasi dalam hitungan menit, jam, bahkan tahunan.

Berikut ada anekdot menarik dari Keith Sawyer, sebagai Associate Professor of Education and Psychology di Washington University di St. Louis. Tahun 1990, para ilmuwan NASA mencoba memperbaiki distorsi lensa pada teleskop Hubble. Teleskop sudah berada di orbit. Mereka memutuskan untuk meletakkan cermin kecil didalam teleskop untuk mempebaiki gambar, tapi bagaimana mereka meletakkan cermin kecil di tempat yang sempit. Kemudian, salah satu insinyur sedang mandi di sebuah hotel di Jerman dan memperhatikan kepala shower yang bisa disesuaikan. Eureka! Dia menyadari mereka dapat menggunakan folding arm untuk meletakkan cermin di teleskop. Jadi itulah kilatan inspirasi dan didapatkan dari informasi yang terkumpul. Mereka telah menyelesaikan masalahnya dan kilasan tadi terjadi karena keterbukaan terhadap segala sesuatunya dalam lingkungannya. Ini adalah paparan kreatifitas yang luar biasa !

Oleh: Lucretia
Sumber: http://www.creativepowergenius.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim. com