Kewirausahaan: 9 Langkah Mengelola Diri

Memiliki usaha memerlukan keterampilan pengelolaan agar segala sesuatunya selalu berada di puncak. Ikuti langkah tersebut dan buatlah lebih banyak waktu di hari kerja Anda.

1. Membuat daftar tanggung jawab sebagai pemilik usaha. Prioritaskan mereka. Tugas menghasilan income harus menjadi daftar teratas Anda. Letakkan daftar prioritas di monitor komputer, ini akan membantu Anda untuk tetap fokus.

2. Membuat daftar kegiatan yang HARUS diselesaikan setiap minggunya. Perhatikan jumlah waktu yang diperlukan untuk masing-masing tugas.

3. Sisihkan waktu 10 menit setiap hari di sore hari untuk membuat jadwal keesokan harinya. Umumnya, jadwal hanya 70% dari waktu Anda dan sisanya untuk gangguan dan keadaan darurat. Pastikan Anda mengecek daftar kegiatan yang harus dilakukan. Coba plot waktu dimana Anda bekerja di area tertentu (misalnya , marketing) untuk waktu tertentu sebelum Anda mengerjakan keuangan.

4. Mengatur kantor berdasarkan kategori. Misalnya, menempatkan semua file marketing dan informasi di satu tempat, Letakkan dokumen keuangan di tempat yang sama. Ini akan membantu Anda fokus pada satu proyek di waktu tertentu, juga menghemat waktu.

5. Set up sistem pemrosesan lembar kerja. Sebuah sistem file terdiri dari 7 file. Buat file : Kerjakan, Baca , Menunggu jawaban , Pertimbangkan, Acuan, Ide. Pisahkan kertas saat diterima.

6. Meluangkan waktu untuk membuat sistem filing yang tepat. Manfaatnya, Anda bisa segera menemukan informasi dengan cepat ketika membutuhkannya.

7. Belajar menggunakan komputer. Temukan bagaimana Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan darinya. Ikuti kursus atau setidaknya membeli buku bagaimana mengoperasikan program pada sistem Anda.

8. Menggunakan waktu “kreatif” dengan berpikir dan membaca ide-ide bagaimana bisnis Anda bisa dikembangkan. Sekalipun hanya 15 menit perhari, luangkan waktu untuk mendengarkan kaset/cd motivasi ketika berkendara, sehingga bisa memberikan strategi yang efektif.

9. Kelola kantor serta waktu Anda. Gunakan daftar agar Anda tetap fokus pada jalur. Ingatlah bahwa pengelolaan adalah proses yang harus terus Anda lakukan. Menggunakan waktu beberapa jam untuk mengelola diri Anda sendiri saat ini akan menghemat ratusan jam dimasa mendatang.

Oleh: Barbara Myers
Sumber: www.powerhomebiz.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com