9 Strategi Pengelolaan Bisnis Rumahan

Pengelolaan yang baik adalah hal penting dalam menjalankan bisnis rumahan agar sukses. Meskipun Anda telah membaca berbagai tumpukan artikel dimeja, namun tidak pernah terlambat untuk melakukan pengelolaan.

Berikut sembilan langkah sederhana.

1. Menjadikan kantor tanpa kertas
Penggunaan kertas bisa jadi hal yang merepotkan didalam bisnis, tapi dengan semakin sedikit kertas yang Anda gunakan, semakin sedikit yang Anda kelola. Sebelum menekan tombol cetak, putuskan jika ini Anda memang benar-benar memerlukan cetakannya. Jika Anda dapat membaca dokumen secara online, Anda dapat menghemat kertas dengan tidak mencetaknya.

2. Investasi filing cabinet
Filing cabinet tidak dapat membantu Anda mengelola kertas kerja jika Anda tidak menggunakannya. File kertas kerja Anda dengan cepat dan akurat.

3. Jadwalkan waktu berbenah
Sisihkan waktu beberapa menit diakhir hari Anda untuk membenahi area kerja . Tempat kerja yang bersih, terkelola dengan baik akan mempermudah kerja di keesokan harinya, dan meningkatkan produktivitas Anda.

4. Gunakan tempat sampah
Jangan takut membuang hal yang tidak diperlukan. Jika diperlukan simpan dalam bentuk soft copy atau rekaman yang bisa Anda gunakan setiap saat. Kita sering menyimpan file atau dokumen karena mungkin kita perlukan dikemudian hari, tapi Anda memerlukan tempat kerja yang bersih dan rapi. Buang yang tidak Anda perlukan.

5. Mengembangkan sistem
Pengelolalan memerlukan upaya. Kembangkan sistem untuk kertas kerja dan file sehingga Anda dapat menyimpannya dan mencari informasi dengan cepat dan mudah.

6. Sisihkan waktu sehari dalam sebulan untuk membersihkan kantor secara keseluruhan
Gunakan waktu setidaknya sehari dalam sebulan untuk membereskan dokumen yang tidak diperlukan, menyusun file.

7. Membeli rak tambahan atau tempat penyimpana jika diperlukan
Rak bisa menjadi tempat yang mudah untuk memaksimalkan ruangan dan membuatnya lebih teratur. Jika Anda memiliki stok inventori di rumah kantor, rak dan tempat penyimpanan akan menghemat banyak tempat.

8. Susun back-up data
Anda harus memback-up file data, tapi back-up tidak akan banyak berarti jika Anda tidak dapat menemukan disk yang data penting. Letakkan disk back-up di organizer. Tidak hanya mempermudah menemukan data, tapi juga mengamankannya di rumah kantor Anda.

9. Jangan cepat puas
Diperlukan upaya untuk melakukan pengelolaan dan tetap konsisten melaksanakannya. Saat Anda telah menginvestasikan waktu dan upaya didalam rumah-kantor, pegang teguh tujuan Anda – tidak peduli seberapa sibuk Anda.

Sumber: www.allbusiness.com
Diterjemahkan oleh : Iin – Tim Pengusaha Muslim.com