Branding Bisnis Anda (mengelola Merek Dagang)

Jika menurut Anda hanya perusahaan besar yang memerlukan nama brand, pikirkan lagi. Brand Anda mengatakan banyak hal tentang Anda dan bisnis Anda Dalam artikel ini kita akan melihat bagaimana menciptakan brand yang kuat untuk bisnis Anda, sehingga dapat membantu Anda menetapkan dasar untuk pertumbuhan bisnis .

APAKAH BRAND ITU?

Brand Anda lebih dari sekedar logo di kertas surat dan kartu nama bisnis. Ini merupakan identitas korporat Anda. Brand yang efektif akan menggambarkan siapa Anda, apa yang Anda buat dan bagaimana membuatnya, sementara pada saat yang bersamaan juga menetapkan relevansi dan kredibilitas Anda dihadapan prospek klien.

Brand juga sesuatu yang tidak kasat mata. Adalah bagaimana bisnis Anda dapat diterima oleh konsumen. Jika brand Anda memiliki nilai penerimaan yang tinggi, mungkin Anda menikmati banyak keuntungan dari persaingan, khususnya mengenai harga. Menurut Anda, mengapa orang rela merogoh sakunya dalam-dalam untuk membeli baju bermerk “CK”? Nilai yang diterima. Nilai yang diterima adalah hasil dari promosi brand yang effektif sehingga memberikan kesadaran brand yang sangat tinggi.

Saya tidak akan mengatakan kita harus terburu-buru dan menciptakan brand yang akan dikenal di seluruh dunia. Banyak dari kita yang tidak punya waktu atau sumber yang diperlukan. Yang ingin saya katakan adalah, adanya kemungkinan brand Anda mendominasi ceruk pasar Anda.

MENGAPA SAYA HARUS MENCIPTAKAN BRAND SENDIRI ?

#1. Pembedaan/Differentiation

Kita telah membahas ini di bagian sebelumnya ketika kita melihat apa itu brand dan bagaimana penggunaannya untuk meningkatkan penerimaan nilai produk dan jasa Anda. Alasan utama menciptakan brand Anda sendiri adalah untuk membedakan diri Anda dengan pesaing.
Website baru mudah sekali ditemukan. Begitu juga dengan usaha rumahan. Anda harus terus mencari cara yang membedakan Anda dengan pesaing. Brand Anda dapat melakukannya untuk Anda.

#2. Pemasaran yang lebih efektif, efisien

Alasan lain menciptakan brand sendiri adalah untuk
sales force Anda (meskipun salah satu tenaga sales itu adalah Anda ) lebih efektif dan lebih efisien.

Bayangkan jika Anda tidak perlu menghabiskan 50% waktu Anda untuk menjelaskan pada prospek siapa Anda, apa yang Anda hasilkan dan bagaimana Anda melakukannya. Bagaimana jika brand telah mengkomunikasikannya untuk Anda ?
Anda dapat menggunakan 100% waktu Anda untuk fokus pada sales daripada mengedukasi prospek mengenai bisnis Anda.

Benefit lainnya adalah tenaga yang Anda keluarkan untuk meningkatkan kesadaran brand melalui promosi dan memasarkan brand pada pasar secara otomatis mentransfer produk dan jasa Anda. Jadi, sekalipun Anda mengiklankan brand Anda, secara tidak langsung Anda juga memasarkan produk dan jasa.

BAGAIMANA SAYA MENCIPTAKAN BRAND ?

OK, sekarang Anda yakin kalau perlu menciptakan brand Anda. Darimana memulainya ?

Dari awal kita telah melihat bahwa brand harus dapat menggambarkan siapa Anda, apa produk Anda, dan bagaimana membuatnya. Ini harus dilakukan pada saat yang bersamaan untuk membangun relevansi dan kredibilitas dengan prospek klien Anda. Tidak perlu dikatakan lagi, ini merupakan hal yang sangat penting, jika Anda membangun brand Anda, dimana “diri Anda sendiri” memiliki pegangan yang kuat atas siapa Anda, apa yang Anda hasilkan, dan bagaimana membuatnya. Jika tidak, Anda tidak akan memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan pada orang lain, apalagi menetapkan relevansi dan kredibilitas Anda .

#1. Menulis Pernyataan Misi

Mari kita mulai dengan menciptakan pernyataan misi. Apa yang menjadi misi bisnis Anda ? Tentu saja Anda berbisnis untuk membuat profit. Namun menghasilkan profit adalah produk dari keberhasilan bisnis. Fokus pada bagaimana Anda memilih mencapai profit. Apa saja nilai-nilai inti Anda?

Tempat yang baik untuk memikirkan misi adalah dengan menempatkan diri Anda di posisi konsumen. Letakkan diri Anda sebagai target market mereka. Misalnya, bisnis Anda adalah web housting. Jika Anda di pasar web host, apa saja yang penting bagi Anda ?

Masing-masing orang mencari benefit yang berbeda namun Anda tahu mereka ingin websiternya mudah dikunjungi dan berada di daftar teratas. Harga yang diberikan juga tinggi karena adanya dukungan teknis 24 jam, 7 hari seminggu. Bagaimana dengan fitur tambahan seperti unlimited email, support ?

Bagi sebagian orang hal-hal tersebut sangat penting dan kurang penting bagi sebagian lainnya. Jadi fokus pada benefit yang sangat relevan dengan mayoritas target market. Mari kita tetapkan tujuan pada kehandalan, harga dan dukungan teknis.

Pernyataan misi Anda akan seperti ini : “Saya berupaya untuk mendapatkan pengembalian investasi uang dan waktu yang sepadan dengan memberikan jasa webhosting yang terjangkau dengan garansi ketepatan waktu 99% dan dukungan teknis melalui telepon 24 jam , 7 hari “. Ini adalah pernyataan yang umum dan jika Anda memutuskan untuk fokus pada ceruk pasar webhosting , seperti usaha kecil, maka Anda akan mempersempit fokus pada kelompok tersebut di pernyataan misi. .

Anda telah menulis pernyataan misi, sekarang Anda dapat mulai memilirkan menciptakan brand yang mendorong dan mendukung misi Anda. Kembali ke pertanyaan fundamental , siapa Anda, apa yang dihasilkan dan bagaimana melakukannya, Anda dapat mulai memikirkan bisnis ada dengan istilah tersebut. Anda penyedia webhosting, menyediakan website untuk usaha kecil dan Anda melakukannya dengan menawarkan solusi webhosting dengan biaya yang efektif, garansi 99% tepat waktu dan dukungan teknis.

Saat Anda menciptakan brand, Anda harus ingat baik-baik siapa, apa dan bagaimana, dan juga gunakan brand untuk menetapkan relevansi Anda pada target market dan membangun kredibilitas dengan pasar.

#2. Jabarkan apa yang Anda branding

Buatlah daftar fitur dan karakteristik kunci dari bisnis Anda, keuntungan kompetitif dan hal-hal lain yang membedakan Anda dengan pesaing.

Dengan menggunakan contoh webshosting tadi, Anda akan fokus pada sasaran pernyataan misi, seperti, kehandalan, solusi webhosting dengan biaya yang efektif, dengan dukungan teknis yang memadai.

#3. Tentukan dan Jabarkan Target market Anda

Tentukan apakah Anda ingin menyasar ke komunitas webhosting keseluruhan atau hanya segmen tertentu, seperti website usaha kecil. Jabarkan pasar Anda.

#4. Buatlah nama-nama yang menyatakan elemen kunci pernyataan misi Anda

Elemen kunci dari pernyataan misi Anda adalah kehandalan, biaya efektif dan layanan pelanggan. Buatlah daftar nama yang menyatakan elemen-elemen tersebut. Misalnya, Webhosting yang dapat diandalkan. Jangan batasi diri Anda dengan kata-kata nyata. Nama dengan dua pengertian tentu saja memberikan arti yang sangat kuat terhadap sesuatu terkait dengan bisnis Anda.

#5. Tag Line yang Mendukung Pernyataan Misi

Kita akan gunakan : “Keunggulan yang dapat diandalkan serta dukungan penuh dengan harga yang terjangkau bisnis Anda “.

BAGAIMANA MENGGUNAKAN BRAND ?


#1. Ciptakan logo untuk brand Anda

Logo BUKANLAH brand Anda, tapi logo harus dapat segera dikenali oleh konsumen yang familiar. Dalam hal ini, logo Anda membantu menciptakan dan mendukung kesadaran brand.

Logo yang Anda ciptakan harus digunakan secara konsisten di berbagai media yang berbeda. Harus sesuai dengan kop surat korporat dan kartu nama, serta website. Apapun yang Anda hasilkan harus digunakan dengancara yang sama, gaya logo yang konsisten, dari waktu ke waktu, logo akan melekat pada brand Anda. Pengakuan dengan cepat adalah yang dicapai dalam tahap ini, jadi jangan menggunakan beberapa logo berbeda untuk tujuan yang berbeda.

#2. Penggunaan nama perusahaan, logo dan tag line yang konsisten

Kembali ke contoh webhosting, dengan meletakkan nama brand dan tag line bersamaan, manifestasi fisik dari brand Anda adalah :

WEBHOSTING YANG DAPAT DIANDALKAN

Keunggulan yang dapat diandalkan dan dukungan teknis dengan harga yang terjangkau usaha kecil.
Untuk menetapkan kesadaran brand, kebutuhan branding ini harus digunakan secara konsisten dan sering di setiap produk Anda, apakah surat ke klien, kartu bisnis, brosur, penawaran, penagihan, iklan, promosi, di web site, di kantor pusat bisnis Anda dan pada produk.
Dan jangan lupa untuk konsisten dengan penggunaan warna.

#3. Memasarkan dan Promosi brand Anda
Setelah menciptakan brand, Anda harus memasarkan dan mempromosikannya, sebagai tambahan untuk produk dan jasa Anda. Ini adalah bagaimana Anda menetapkan kredibilitas dan relevansi pada target market Anda. Anda akan melihat pentingnya brand yang harus sesuai dengan pernyataan misi Anda. Jika pada saat yang bersamaan Anda menjual produk dan jasa , Anda juga mendorong brand Anda, maka brand akan searah dengan produk dan jasa Anda. Begitu juga sebaliknua .

Deskripsi brand yang tepat dan tingginya kesadaran brand yang tinggi diantara target market Anda akan mempermudah Anda mengenalkan jenis produk dan jasa yang lebih luas ketika mereka dikembangkan tanpa memulai tahapan menjual siapa Anda, apa yang dihasilkan dan bagaimana melakukannya. Brand telah menjualnya untuk Anda. Pekerjaan Anda selanjutnya adalah menjual produk dan jasa Anda.

Oleh: Elena Fawkner
Sumber: http://www.ahbbo.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com