10 Tips Produktifitas Bisnis Rumahan

Menjalankan bisnis dari rumah memberikan banyak manfaat, namun kegagalan juga tidak dapat dihindarkan. Gangguan sekitar, dan keluarga serta tanggung jawab lainnya dapat menganggun waktu bisnis.

Namun, pelajaran produktivitas yang pernah Anda pelajari masih dapat diterapkan di bisnis rumahan. Sebuah bisnis yang dikelola dan terorganisir dengan baik adalah bisnis yang produktif.

Berikut adalah beberapa tip yang membantu dalam menggunakan waktu dan memisahkan antara pekerjaan dan keluarga.

1. Prioritaskan tugas Anda dari awal
Dengan menjadwalkan tugas Anda sesuai dengan tingkat kepentingan, Anda dapat memberikan lebih banyak perhatian pada tugas yang paling berat. Anda dapat memprioritaskan hari Anda sehingga tidak perlu menghabiskan waktu lima jam untuk menjawab email, sementara beberapa tugas Anda terabaikan.

2. Tentukan tujuan untuk hari Anda
Ketika Anda merencanakan aktifitas, tentukan tujuan yang ingin Anda capai. Meskipun Anda tidak menyelesaikan keseluruhan to do list, coba tentukan dan penuhi tujuan aktifitas setiap harinya.

3. Instruksi keluarga
“Turut campur keluarga ” adalah salah satu alasan beberapa bisnis rumahan tidak produktif. Keluarga Anda harus menyadari, meskipun Anda dirumah, Anda masih “bekerja.” Bicarakan dengan keluarga dan pastikan mereka memahami jika Anda memerlukan waktu setiap harinya untuk menjalankan usaha Anda.

4. Jangan menghindari lembur
Ketika pertama kali memulai usaha rumahan, Anda memerlukan waktu kerja extra untuk mencapai titik yang Anda harapkan. Jika sehari, daripada bekerja selama delapan jam, Anda harus bekerja selama sepuluh jam, jangan khawatir menginvestasikan waktu tambahan ini.

5. Hilangkan gangguan
Jika televisi atau radio menganggu tugas Anda, matikan. Jika Anda tidak dapat menghindari gangguan ini, coba pindahkan kantor Anda ke lokasi lain di rumah Anda.

6. Jadwalkan waktu bersenang-senang
Kalimat “kerja keras dan tidak ada waktu bersenang-senang ” memberikan arti khusus bagi pemilik usaha rumahan. Banyak pengusaha yang lupa bahwa mereka perlu waktu istirahat agar dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Mungkin Anda bekerja lebih keras dari biasanya, yang menjadikannya lebih penting daripada meluangkan waktu melakukan apa yang Anda sukai. Waktu istirahat akan membuat Anda kembali bekerja dengan lebih segar.

7. Batasi waktu Anda di Internet
Daripada terjebak surfing internet yang tidak ada habis-habisnya disaat Anda harus bekerja, putuskan sambungan dan baca email secara offline. Jika Anda memerlukan internet untuk menyelesaikan pekerjaan, Anda harus disiplin pada diri sendiri untuk menghindari gangguan.

8. Coba multitasking
Jika Anda memiliki waktu antara menunggu telepon atau mencetak dokumen, gunakan waktu ini untuk mengecek pekerjaan yang sudah dikerjakan. Waktu yang Anda simpan dengan melakukan multitasking akan membuat Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

9. Menjadi boss yang baik
Meskipun Anda seorang boss, jangan biarkan diri Anda menjadi orang yang menghindari tugas. Disiplin pada diri sendiri dan menentapkan mutu dalam pekerjaan Anda.

10. Minta bantuan jika memerlukan
Jika ternyata pekerjaan Anda terlalu banyak untuk dilakukan seorang diri dan level produktivitas Anda menurun, mintalah bantuan teman atau keluarga sampai Anda dapat mengendalikan kembali jadwal Anda.

Sumber: www.allbusiness.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com