10 Tip Networking Untuk Usaha Rumahan

Referal adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan, dan networking terbukti memberikan referal pada bisnis Anda. Saat Anda berhubungan dengan pengusaha lain, Anda membentuk aliansi yang dapat memberikan keuntungan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya.

Networking mencakup pertemuan dengan rekan bisnis dan membahas cara-cara yang dapat Anda kerjakan bersama untuk meningkatkan sales. Misalnya, jika Anda mengelola usaha dry cleaning, Anda dapat memulai networking dengan retailer baju lokal. Mereka dapat memberikan referal untuk jasa Anda, dan sebaliknya, Anda dapat menginformasikan pelanggan yang sudah ada ke retailer tersebut ketika mereka memerlukan baju baru.

Anda dapat bergabung dengan organisasi bisnis lokal untuk bertemu dengan pengusaha lokal lainnya yang mencari hal yang serupa seperti Anda: lebih banyak bisnis. Dengan bekerja sama dan menawarkan referal, semua orang mendapatkan keuntungan.

Jika Anda tidak dapat menemukan organisasi networking yang sesuai, Anda dapat menciptakannya dengan menghubungi bisnis -bisnis yang ada diarea Anda untuk berbagi minat dalam networking. Anda akan mendapatkan bonus tambahan karena membuat kontak baru saat Anda membentuk organisasi.

Sebagai tambahan, ada beberapa organisasi networking nasional yang mengandalkan kemampuan internet untuk meningkatkan referal dan menggabungkan banyak perusahaan bersamaan.

Berikut adalah tip agar sukses dalam networking.

1. Tentukan sasaran networking anda.
Apa yang Anda harapkan dalam networking dengan rekan ? Lebih banyak sales, konsumen, atau sekedar informasi yang bermanfaat? Tentukan tujuan sekarang untuk membantu Anda fokus dalam upaya networking.

2. Bergabung dengan group networking yang sudah ada.
Ada kekuatan didalam angka – dan ini diterapkan didalam networking. Dengan menjadi anggota beberapa group, dapat dipastikan Anda menciptakan peluang yang lebih besar untuk bisnis Anda.

3. Menjadi relawan.
Jika Anda memiliki waktu extra, Anda bisa menjadi relawan untuk kegiatan lokal atau nasional. Dengan melibatkan diri Anda di mata publik, perusahaan Anda akan menjadi lebih visible.

4. Mendapatkan informasi terlebih dahulu .
Semakin banyak yang Anda ketahui, semakin banyak rekan yang akan tertarik pada Anda. Pastikan Anda telah memiliki persiapan sebelum bergabung dalam group networking atau menghadiri sebuah acara.

5. Tulus.
Jangan mengatakan hal-hal yang tidak Anda yakini. Didalam networking, seperti bisnis pada umumnya, menjaga reputasi adalah hal yang sangat penting. Jika Anda curang, rekan akan mengetahuinya dan akan tersebar kemana-mana.

6. Melatih kemampuan komunikasi.
Pada saat melakukan networking Anda harus bisa menyatakan dengan jelas apa yang Anda cari. Dengan cara ini, rekan Anda bisa memberikan bantuan yang dibutuhkan.

7. Belajar berbagi .
Jika Anda telah berhasil melakukan sesuatu, jangan menyimpannya sebagai rahasia. Bagi kesuksesan – bahkan kegagalan Anda – dengan rekan akan membangun hubungan dan Anda mendapatkan rekan networking yang lebih besar.

8. Melakukan tindak lanjut.
Banyak pengusaha yang terjebak dan lupa menindaklanjuti janji-janji yang diberikan pada networking. Jangan mengecewakan rekan networking. Lakukan tindak lanjut jika Anda ingin mendapatkan referal yang baik dari rekan Anda.

9. Berhati-hati dalam bertanya.
Saat Anda mengajukan pertanyaan di even networking, bertanyalah dengan metode buka-tutup. Ini akan memberikan respon yang lebih baik.

10. Menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan.
Jika Anda memiliki pengetahuan yang luas, Anda bisa menjadi sumber networking bagi diri Anda sendiri. Dengan berbagi pengetahuan, Anda akan mendapatkan referal potensial dan rekan networking lebih banyak.

Sumber: www.allbusiness,com
Diterjemahkan oleh: Iin- Tim Pengusaha Muslim.com