Checklist Bisnis Rumahan

Selamat, atas usaha rumahan anda! Kini anda menuju kemandirian finansial yang sesungguhnya. Lindungi bisnis dan kelangsungan hidupmanda dengan memberikan perhatian pada hal-hal berikut:

1. Cash Flow

Apakah anda memiliki modal kerja yang mendukung usaha ditahap awal usaha? Apakah anda memulainya dengan bisnis paruh-waktu, dengan terus bekerja untuk memastikan mendapatkan penghasilan yang memadai untuk anda dan kebutuhan anda? JANGAN berhenti dari pekerjaan anda sebelum anda dapat memberikan jawaban YA untuk semua pertanyaan tadi.

2. Lisensi Bisnis

Sudahkan anda mendaptkan lisensi dan registrasi bisnis yang diperlukan? Apakah anda sudah memenuhi peraturan setempat? Ini penting untuk alasan legal dan hak cipta/merek jika anda mengharapkan lebih banyak klien mengunjungi rumah-kantor anda.

3. Benefit

Setelah anda meninggalkan pekerjaan, anda juga akan meninggalkan fasilitas medis, seperti pemeriksaan gigi dan mata. Pastikan anda memiliki asuransi yang tepat untuk kebutuhan medis tersebut.

4. Akunting dan Pajak

Saat terbaik mencari tenaga akuntan dan pajak adalah sebelum memulai usaha. Akuntan anda akan memberikan banyak masukan seperti struktur pajak yang efektif sesuai dengan jenis bisnis dan biaya apa saja yang dapat diklaimkan sebagai pendapatan usaha. Sangat penting untuk mendapatkan masukan tersebut diawal usaha, sehingga anda tahu pasti rekaman apa saja yang harus dibuat dan menentukan manakah yang terbaik bagi anda, membeli atau menyewa peralatan modal, seperti komputer.

5. Manajemen Waktu

Pastikan anda telah memikirkan dengan baik bagaimana anda menjalani hari-hari yang tidak menentu ketika anda bekerja di rumah dan rencanakan dengan baik. Misalnya, anda tidak akan bekerja dari pk.

15.00 hingga pk. 18.00 karena pada jam tersebut anak-anak sudah kembali dari sekolah dan ketika mereka tidur, buatlah jadwal kegiatan non isnis sebanyak mungkin daripada mengambil waktu saat jam kerja. Perlu berbelanja? Lakukan saat menjemput anak pulang sekolah. Ingatlah, disiplin diri adalah teman terbaik anda dan sangat diperlukan saat bekerja dari rumah.

Menyia-nyiakan waktu adalah musuh terbesar anda.

Oleh :Elena Fawkner

Sumber:  http://www.ahbbo.com

Diterjemahkan oleh: Iin- Tim Pengusaha Muslim.com