7 Langkah Membuka Usaha Rumahan – Bagian 3

Jadi, anda telah memutuskan untuk membuka usaha rumahan. Selamat! dan selamat datang didunia kewirausahaan. Banyak hal yang harus dipelajari, sehingga upaya anda tidak akan sia-sia.  Sensasi mengembangkan usaha, kebebasan dan fleksibilitas menentukan waktu, dan kemungkinan meningkatkan penghasilan adalah alasan untuk membuka usaha rumahan.

Sekarang, anda telah memutuskan untuk memulai usaha, mungkin anda bertanya-tanya “Bagaimana saya yakin melakukannya?” Saya ingin memperjelas satu hal terlebih dahulu. Yaitu, jangan mulai usaha rumahan anda tanpa adanya pengetahuan menjalankan usaha. Siapapun yang berkecimpung di dunia bisnis akan mengatakan pada anda, bahwa bisnis, baik online atau offline, memerlukan pengetahuan demi kelangsungan usaha.

Siapapun dapat memulai usaha, tapi keberhasilan dan profit memerlukan latihan.

Jika anda berencana menjalankan bisnis, jangan percaya pada iklan yang memenuhi inbox anda, yang mengatakan bisnis ini ‘begitu mudah’ dan ‘tidak diperlukan pengalaman ‘. Siapapun yang mempercayainya, dipastikan gagal.

Mari kita lihat langkah pertama membuka usaha rumahan

1) Set up tempat kerja yang terpisah
Tidak masalah apakah sebuah ruangan kecil, bagian dari garasi, atau sudut ruang tamu. Yang terpenting adalah memiliki ruang yang berfungsi sebagai area kerja. Ini akan memberikan ruang dan tempat yang diperlukan untuk mengukir impian anda.

2) Sediakan material yang dibutuhkan.
Ini adalah hal yang mendasar, tapi satu elemen penting keberhasilah adalah anda memiliki kemudahan akses ke alat, material dan sumber lain yang dibutuhkan. Mengumpulkan segala sesuatunya dekat dengan anda akan menghindarkan anda membuang-buang waktu mencarinya, jadi anggap langkah ini sebagai strategi manajemen waktu.

3) Menentukan parameter bisnis.
Hari dan jam berapa anda bekerja? Kapan memasarkannya? Kapan memberikan jasa atau produk pada klien? Bagaimana anda melakukannya dengan disiplin?

4) Menyeimbangkan tindakan dengan perencanaan.
Salah satu perangkap keberhasilan pengusaha yang sering terjadi adalah terjebak dalam tindakan tanpa perencanaan yang memadai. Dengan kata lain, berarti anda dibingungkan antara “kesibukan” dengan “mengerjakan proyek penting”.

Pendekatan terbaik adalah merencanakan beberapa tujuan anda kemudian mundur kebelakang untuk menciptakan rencana tindakan tahap demi tahap untuk mencapainya. Ketika anda memiliki rencana, maka inilah saatnya bertindak.

5) Memperluan Network .
Salah satu cara tercepat mengembangkan bisnis adalah dengan membuat koneksi dengan orang lain. Pastikan untuk berbagi minat dan antusiasme dengan orang lain di setiap kesempatan. Biarkan orang lain tahu siapa anda dan apa yang anda tawarkan.

Ingatlah, orang tidak dapat membeli jika mereka tidak tahu apa yang anda jual.

6) Hadirkan citra profesional .
Jika anda ingin diperlakukan secara profesional, berikan citra yang profesional . Buatlah rekening bank yang berbeda untuk usaha anda. Pasang jalur telepon dan fax yang terpisah. Buatlah material marketing yang profesional. Selalu tulus dan menyenangkan saat berinteraksi dengan konsumen.

Pada dasarnya, jadilah seseorang dimana orang lain ingin berbisnis dengan anda.

7) Otomasikan bisnis sebanyak mungkin.
Pastinya, anda seorang diri (saat ini) dan mungkin memiliki banyak waktu untuk menangani segala sesuatunya secara mendetail. Saat ini bisa saja anda yang melakukannya, tapi tidak dimasa mendatang karena kesibukan anda akan semakin bertambah. Jalan terbaik adalah menset-up sistem dan proses otomatis mulai dari awal, sehingga anda dapat berkonsentrasi pada aktivitas yang terpenting.

Ketujuh tips ini akan membuat bisnis anda berjalan (dan tumbuh) di arah yang tepat.

Oleh: Ed Rizzo
Sumber: www.authorpalace.com
Diterjemahkan oleh: Iin- Tim Pengusaha Muslim.com