Menciptakan Identitas Korporat

Apakah identitas korporat?

Identitas korporat adalah gabungan dari banyak hal didalamnya. “Apa yang dilakukan oleh perusahaan”, “perilakunya” dan “faktor” lain yang menentukan identitas korporat. Setiap insititusi bisnis memiliki identitas masing-masing. Singkatnya, adalah sesuatu yang membedakan sebuah perusahaan dari perusahaan lain.

Agar berhasil, perusahaan harus menetapkan identitas korporatnya sehingga mereka dapat memberikan kesan yang positif pada konsumen dan investor untuk memastikan keberhasilannya.

Identitas korporat juga merupakan karakter yang dimiliki sebuah perusahaan yang dihasilkan dari perencanaan, struktur dan penerapan yang sangat hati-hati. Sebuah organisasi yang menyusun identitasnya menyadari pentingnya citra positif untuk menarik konsumen dan investor.

Logo Perusahaan:

Dengan memiliki logo perusahaan adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menetapkan identitas korporat. Tentu saja logo harus mencerminkan perusahaan secara keseluruhan.

Sebuah lembaga pembelajaran komputer harus memiliki logo yang mewakili komputer, seperti monitor, CPU, keyboard dsb. Toko musik biasanya menggunakan alat-alat musik sebagai logo.

Logi perusahaan adalah perwakilan grafis yang digunakan untuk mengiklankan layanan anda. Harus mudah dilihat dan dipahami. Karena logo mewakili perusahaan anda, maka tidak disarankan membuat logo berdasarkan logo perusahaan lain.

Penerapan Identitas Korporat:

Agar berhasil dalam membentuk identitas perusahaan, sebuah perusahaan harus menerapkan identitasnya di dalam organisasi. Perusahaan harus menentukan standar, bisa dalam bentuk daftar nilai dan kebijakan untuk mentransform korporat kedalam perusahaan yang mereka inginkan.

Misalnya, sebuah hotel ingin diakui dalam hal pelayanan dan keramah-tamahannya. Hotel harus berinvestasi dalam hal perekrutan karyawan yang sangat ketat dan memberikan pelatihan. Staf harus ditraining baik dalam hal ketrampilan dan perilakunya untuk memberikan layanan yang bermutu seperti yang ingin dicapai oleh hotel.

Konsistensi dalam penerapan identitas korporat

Ketika perusahaan memutuskan untuk menetapkan identitasnya, maka harus konsisten disetiap aspek.Konsistensi memainkan peran yang penting karena akan menunjukkan pada klien bahwa perusahaan dapat memberikan layanan dengan mutu yang sama dari waktu ke waktu.

Misalnya: sebuah restoran pizza dengan tagline “selalu tepat waktu”.

Tentu saja perusahaan harus memenuhi apa yang ditulis didalam tagline karena konsumen akan sangat berharap demikian. Seperti spekulasi: memenuhi dan memuaskan konsumen, dan anda akan mendapatkan dukungan; jika tidak anda akan mendapatkan reputasi buruk.

Perusahaan pizza harus dengan ketat menerapkan “Selalu tepat waktu” sebagai parameter pengiriman.

Perusahaan yang menerapkan identitas program secara terencana dan konsisten akan lebih unggul daripada yang tidak. Sama halnya dengan membangun kesan yang baik pada klien, sekali anda membangun kepercayaan, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memeliharanya.

Oleh: Edwin Linares

Sumber: http://www.bestmanagementarticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin (tim pengusahamuslim.com)